Mesir Kembali Temukan Sarkofagus, Jumlah Terbanyak Sepanjang 2020

Ada juga 40 patung emas kuno yang ditemukan

Saqqara, IDN Times - Kementerian Purbakala dan Barang Antik Mesir pada Sabtu kemarin (14/11) kembali mengumumkan penemuan terbaru sarkofagus berusia sekitar 2.500 tahun dalam kompleks kuburan kuno Saqqara, sebuah situs arkeologi terpenting di dunia yang terletak di wilayah selatan Kairo.

Kali ini, jumlah temuan dramatis tersebut mencapai lebih dari 100 sarkofagus utuh dan menjadikannya sebagai penemuan terbesar dalam jenisnya sepanjang tahun 2020. Penemuan terbaru ini pun menyusul serentetan penemuan lain yang telah terlebih dulu diungkapkan, yang salah satunya terjadi pada Oktober lalu.

1. Kondisi sarkofagus masih sangat baik meski berusia lebih dari 2.500 tahun

Berdasarkan keterangan dalam konferensi pers oleh Menteri Pariwisata dan Purbakala Khaled El-Enany, peninggalan purbakala yang ditemukan itu diduga kuat berasal dari pejabat tinggi pada periode akhir dan dinasti Ptolemeus yang memerintah Mesir kuno selama sekitar 300 tahun.

Sama seperti sebelumnya, sarkofagus yang ditemukan memiliki warna-warna cerah mengagumkan dan masih terlihat dalam kondisi yang sangat baik. Ketika arkeolog membuka salah satu peti mati, sebuah mumi yang terlihat didalamnya tampak terbungkus kain kafan yang dihiasi hieroglif berwarna cerah. Tidak hanya itu saja, arkeolog juga melakukan uji sinar-X untuk memvisualisasikan struktur mumi purba yang menunjukkan bagaimana tubuhnya diawetkan, lapor Associated Press.
 
Rencananya, artefak - artefak tersebut akan dipindahkan ke setidaknya tiga museum Kairo, termasuk diantaranya Museum Agung Mesir yang digadang akan menjadi museum sejarah terbesar di dunia. 

2. Penemuan selanjutnya bisa kembali terjadi dalam waktu dekat

Sebagai situs bersejarah, Saqqara adalah rumah bagi lebih dari selusin piramida, biara kuno, situs pemakaman hewan, serta kompleks perkuburan kuno yang luas di wilayah Memphis. Penemuan di lokasi itu telah terjadi secara terus menerus termasuk pada bulan Oktober lalu, ketika 59 sarkofagus beserta barang-barang antik lainnya ditemukan. Karena hal itu, kementerian pun mengungkapkan optimismenya bahwa penemuan susulan dapat segera terjadi menjelang akhir tahun nanti. 

 "Saqqara belum mengungkapkan semua isinya. Itu adalah harta karun," kata Menteri Khaled El-Enany. "Penggalian masih dilakukan. Setiap kali kami mengosongkan bongkahan sarkofagus, kami menemukan jalan masuk ke lubang lainnya." ungkapnya, melansir dari Middle East Eye. 

Baca Juga: 12 Mumi Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Tubuhnya Seperti Baru Wafat

3. 40 patung emas ikut ditemukan

Tidak hanya sarkofagus, disaat bersamaan para arkeolog juga turut menemukan 40 patung emas di lokasi tersebut serta dua patung kayu lainnya di makam milik seorang hakim kuno dari dinasti ke-6. Patung-patung itu dibuat dengan sangat indah yang menampilkan detail kerumitan alis, kumis dan bulu mata. Belum diketahui pasti siapa sajakah sosok-sosok yang digambarkan, tetapi satu diantaranya diyakini bernama Heteb Ka, "orang yang dihormati oleh raja," kata Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Purbakala Mesir.

Penemuan itu pun diharapkan oleh pemerintah dapat menjadi daya tarik kuat yang kembali mengundang minat besar wisatawan, serta memulihkan sektor industri pariwisata yang sempat lumpuh akibat pandemi COVID-19, meski hingga kini belum juga usai.

Baca Juga: Nesyamun: Mumi Usia 3.000 Tahun yang Bisa Bersuara, Ini Fakta Sainsnya

Calledasia Lakawa Photo Verified Writer Calledasia Lakawa

Broken crayons still color

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya