Alami Gangguan Langka, Wanita Ini Tak Bisa Dengarkan Suara Pria

Waduh, kok bisa?

Xiamen, IDN Times - Seorang wanita di Tiongkok baru-baru ini didiagnosis mengalami gangguan pendengaran yang langka usai melahirkan. Sebelumnya, ia mendengar sesuatu berdering serta mual semalaman. Bagaimana awal ceritanya?

1. Kondisi langka ini dialami oleh 3.000 orang di Amerika Serikat dan Kanada

Alami Gangguan Langka, Wanita Ini Tak Bisa Dengarkan Suara Priathisisinsider.com

Dilansir dari Thisisinsider.com, seorang wanita Tiongkok yang diketahui bernama Chen ini diketahui mengalami gangguan pendengaran yang langka. Sebelumnya, ia merasa mual dan mendengar suara berdering pada malam hari sehingga ia memutuskan untuk tidur dengan harapan bisa pulih lagi. Akan tetapi, keesokan paginya setelah bangun tidur, ia justru merasa ada yang aneh dengan telinganya karena tidak bisa mendengar suara pasangannya sendiri.

Ternyata, setelah memutuskan pergi ke rumah sakit terdekat, ia didiagnosis mengalami gangguan pendengaran dengan kemiringan terbalik, suatu kondisi yang hanya dialami oleh 3.000 orang di Amerika Serikat dan Kanada. Jika merasakan kondisi seperti ini, maka tidak dapat mendengar suara dengan frekuensi rendah.

2. Dengan demikian, ia justru tidak bisa mendengar suara pria

Alami Gangguan Langka, Wanita Ini Tak Bisa Dengarkan Suara Priatwitter.com/DailyO_

Menurut dokter audiologi, Patricia Johnson, suara pria cenderung lebih rendah ketimbang suara wanita sehingga Chen tidak bisa mendengarkan suara pria dengan kondisi ini. Tak hanya itu saja, kondisi seperti ini juga mempengaruhi seberapa baik seseorang mendengar suara vokal.

"Suara vokal cenderung memiliki lebih banyak energi nada rendah dibandingkan dengan konsonan dan berkontribusi lebih pada rasa kenyaringan kita, sementara konsonan nada tinggi berkontribusi lebih banyak pada kejelasan ucapan dan membedakan antara satu kata dan yang lain," ungkap penjelasan dari Patricia Johnson seperti yang dikutip dari Thisisinsider.com.

Sejumlah faktor dapat menyebabkan kondisi tersebut. Menurut Johnson, ada 3 faktor yang menyebabkan gangguan pendengaran seperti ini. Pertama, adanya gen tertentu yang mungkin menyebabkan sel-sel rambut tertentu tidak pernah berkembang di dalam rahim.

Rambut yang dimaksud oleh Johnson sendiri adalah memainkan peran penting dalam bagaimana seseorang merasakan nada yang berbeda dan jika mengalami kerusakan, pendengaran akan terganggu. Kedua, disebabkan oleh penyakit Meniere, yang mempengaruhi cairan di sekitar sel-sel rambut. Serta yang terakhir adalah berkaitan dengan infeksi virus, tetapi kadang-kadang penyebabnya masih belum diketahui.

3. Cara pengobatan gangguan pendengaran lereng terbalik

Alami Gangguan Langka, Wanita Ini Tak Bisa Dengarkan Suara Priadailymail.co.uk

Dengan kondisi gangguan pendengaran seperti ini, bisa dilakukan berbagai cara, kecuali untuk yang mengalami kondisi ini disebabkan karena secara genetik karena penyebab ini tidak dapat diobati. Namun, jika kondisi yang dialami seperti Chen ini, dokter THT mungkin dapat membantu dengan memberikan suntikan steroid melalui gendang telinga. Akan tetapi, sebagian besar kasus justru efek dari kondisi ini bersifat permanen.

Sementara itu, penggunaan alat bantu dengar atau implan dapat meningkatkan kualitas pendengaran seseorang yang mengalami gangguan pendengaran ini. "Adalah penting bahwa pasien menerima konseling yang dipersonalisasi mengenai kesulitan komunikasi mereka di samping semua jenis perangkat," ungkap penjelasan Johnson seperti yang dikutip dari Thisisinsider.com.

Johnson mengatakan segala jenis latihan yang baik untuk jantung, seperti latihan kardiovaskular, ternyata baik juga untuk pendengaran. Ia juga menyarankan untuk berhati-hati di lingkungan yang bising, termasuk saat menggunakan headphone.

Baca Juga: 7 Cara Tersehat Pakai Earphone Biar Gak Sakit Telinga dan Berdengung

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya