Australia Laporkan Kematian Pertama COVID-19 di 2021

Peristiwa itu terjadi di Negara Bagian New South Wales

New South Wales, IDN Times - Australia telah mencatatkan kasus kematian pertama akibat COVID-19 pada tahun 2021 ini, tepatnya pada hari Minggu, 11 Juli 2021, waktu setempat. Peristiwa itu sendiri terjadi di Negara Bagian New South Wales dan korban merupakan seorang wanita lansia berusia 90-an. Bagaimana situasi di sana saat ini?

1. Negara Bagian New South Wales sedang dalam situasi lockdown  

Australia Laporkan Kematian Pertama COVID-19 di 2021Suasana di sekitar wilayah Sydney, Australia saat sedang lockdown. (Twitter.com/MFKPhotography1)

Dilansir dari BBC, Negara Bagian New South Wales telah melaporkan kasus kematian
pertama terkait wabah COVID-19 setelah 10 bulan lamanya. Pihak berwenang mengatakan seorang wanita berusia 90an tahun meninggal di Sydney setelah tertular virus COVID-19. Untuk saat ini, wilayah New South Wales sedang dalam situasi lockdown demi berjuang menahan varian Delta yang sangat menular.

Kepala Petugas Kesehatan setempat, Kerry Chant, sangat prihatin dengan lintasan wabah Sydney sehingga dia memohon kepada siapa saja yang telah memiliki satu dosis vaksin AstraZeneca untuk berbicara dengan dokter mereka tentang memotong interval antara dosis pertama dan kedua dari 3 bulan menjadi 6 minggu, yang diakui sedikit pengorban untuk perlindungan jangka panjang. Perdana Menteri New South Wales, Gladys Berejiklian, memperingatkan bahwa jumlah kasus harian baru akan meningkat lebih lanjut pada hari Senin, 12 Juli 2021, ini dan menurutnya akan terkejut jika kurang dari 100 kasus.

2. New South Wales melaporkan tambahan kasus sebanyak 77 kasus harian

Australia Laporkan Kematian Pertama COVID-19 di 2021Suasana di sekitar wilayah Sydney, Australia saat sedang lockdown. (Twitter.com/MFKPhotography1)

Baca Juga: Indonesia Terima Bantuan 1.000 Ventilator dari Australia

Pada hari yang sama, New South Wales melaporkan kasus tambahan sebanyak 77 kasus
harian, di mana saat ini 52 orang berada di rumah sakit dan 15 orang lainnya dalam perawatan intensif. Pihak berwenang khawatir bahwa 33 dari 77 kasus baru menular di masyarakat, dengan banyak kasus baru yang diumumkan di hari yang sama digambarkan sebagai cukup bersejarah. Ada sebanyak 48.754 tes yang dilakukan dalam 24 jam hingga jam 8 malam waktu setempat hari Sabtu, 10 Juli 2021, lalu yang merupakan jumlah signifikan telah membuat pihak berwenang merasa percaya bahwa tingkat COVID-19 di Sydney tidak dicatat dan penyebarannya dicegat.

Menurut Perdana Menteri New South Wales, ketika anda terkena infeksi COVID-19, sayangnya yang paling terkena dampaknya adalah mereka yang paling dekat dengan anda dan tragisnya telah melihat satu orangtua meninggal dan ia ingin menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga dan orang yang mereka cintai. Ia tidak bisa cukup menekankan bahwa setiap kali mengambil risiko melanggar aturan atau bahkan hanya menjalankan bisnis sendiri serta tidak diuji ketika perlu, orang-orang yang hidup dan kesehatannya paling dipertaruhkan adalah orang-orang terdekat.

3. Berejiklian akan memberikan rincian lebih lanjut mengenai lamanya lockdown

Australia Laporkan Kematian Pertama COVID-19 di 2021Gubernur New South Wales, Gladys Berejiklian (tengah). (Instagram.com/gladysb)

Berejiklian mengatakan bahwa dia akan memberikan rincian lebih lanjut mengenai lamanya lockdown segera setelah saran kesehatan diselesaikan dan tampaknya menyarankan dia dapat mengumumkan jalur jangka panjang dari lockdown untuk memberikan kepastian kepada warga setempat dan bisnis. Ia juga memperingatkan pembelajaran di rumah untuk siswa sekolah dapat diperpanjang, bukan karena sekolah menjadi perhatian siswa, tetapi karena risiko ratusan ribu orang meninggalkan rumah pada saat yang sama untuk mengantar dan menjemput anak-anak.

Pada hari Minggu, 11 Juli 2021, malam ini waktu setempat, pemerintah federal juga akan mulai menjalankan kampanye iklan grafis dan menantang di Sydney yang menunjukkan seorang wanita muda terengah-engah, yang dirancang untuk menunjukkan kepada warga setempat penyakit parah yang mereka risikokan jika mereka tidak mematuhi aturan lockdown. Kepolisian setempat telah mengeluarkan sebanyak 106 pemberitahuan pelanggaran pembatasan COVID-19 dalam periode pelaporan hingga hari Sabtu, 10 Juli 2021, malam waktu setempat, termasuk sekelompok 15 pria bermain kartu di unit kecil Marrickville, pesta ulang tahun ke-18 dengan 10 tamu di dekat Sydney Olympic Park, serta perkumpulan orang-orang yang sedang bermain konsol game di Merrylands.

Jumlah kasus COVID-19 di Australia pada hari Minggu, 11 Juli 2021, waktu setempat mencapai angka 31.100 kasus baru dengan rincian 911 kasus berakhir meninggal dunia serta 29.466 kasus berakhir sembuh. Di hari yang sama, Australia mengalami penambahan sebanyak 85 kasus dengan rincian 1 kasus berakhir meninggal dunia. Untuk saat ini, Australia berada di urutan ke-125 jumlah kasus COVID-19 terbanyak di dunia.

Baca Juga: Eks Parlemen Australia Akui Diperlakukan Tidak Pantas oleh Menteri

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya