Badai Salju Landa Amerika Serikat, 3 Warga Dilaporkan Tewas

Wilayah yang lebih parah terjadi di North Carolina

North Carolina, IDN Times - Setelah kebakaran hutan, Amerika Serikat kembali dilanda bencana badai salju yang melanda beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Sampai saat ini, setidaknya 3 orang dilaporkan tewas akibat bencana ini. Wilayah yang paling parah terjadi di North Carolina. Bagaimana awal ceritanya?

1. Lebih dari 300.000 warga terkena dampak pemadaman listrik

Badai Salju Landa Amerika Serikat, 3 Warga Dilaporkan Tewastwitter.com/WPTV

Dilansir dari CNN, badai salju melanda beberapa negara bagian di Amerika Serikat dan yang paling parah terjadi di North Carolina. Wilayah itu juga telah dinyatakan kondisi darurat dan beberapa area melaporkan salju mencapai ketebalan hingga 18,5 inci selama akhir pekan. Sampai saat ini, 11 Desember 2018, sebanyak 3 orang dilaporkan tewas akibat bencana badai salju. Gubernur North Carolina, Roy Cooper mengatakan kondisi di negara bagian North Carolina masih berbahaya dilalui banyak orang.

"Dengan campuran salju, es dan hujan masih turun di beberapa daerah, kondisi tetap berbahaya di banyak bagian negara kita," ungkap Roy Cooper dalam pernyataannya melalui konferensi pers seperti yang dikutip dari CNN.

Lebih dari 300.000 warga terkena dampak pemadaman listrik di Carolinas, Alabama, Tennessee, dan Georgia pada hari Minggu, 9 Desember 2018, dan untuk peringatan sementara tetap di di sekitar wilayah tenggara, terutama negara bagian North Carolina dan Virginia. 

2. Sebanyak 3.000 jadwal penerbangan terpaksa ditunda

Badai Salju Landa Amerika Serikat, 3 Warga Dilaporkan Tewastwitter.com/angelabrownews

Akibat badai salju tersebut, sebanyak 3.000 jadwal penerbangan terpaksa ditunda demi keselamatan para penumpang. Penundaan tersebut terjadi di Bandara Internasional Charlotte Douglas di North Carolina, Bandara Internasional Raleigh di Durham, dan Bandara Internasional Richmond di Virginia.

"Jika anda terbang hari ini, bahkan jika anda terbang keluar dari Tampa, pesawat anda mungkin terjebak di Raleigh, jadi ini akan menjadi hari yang mengerikan untuk terbang," ungkap ahli meteorologi, Chad Myers, seperti yang dikutip dari CNN.

Belum diketahui sampai kapan hujan salju ini akan berhenti sebab sampai saat ini masih turun hingga setebal 24 inci seperti yang diungkapkan oleh ahli meteorologi lainnya, Pedram Javaheri. 

3. Kawasan Virginia memperpanjang masa darurat

Badai Salju Landa Amerika Serikat, 3 Warga Dilaporkan Tewastwitter.com/Constance8News

Kawasan Virginia akhirnya memperpanjang masa darurat, dimana wilayah Richmond sendiri ketebalan salju sudah mencapai 9 inci. Seperti negara-negara bagian yang berdekatan di Virginia bagian selatan, pemadaman listrik serta sebanyak ribuan kasus kecelakaan juga terjadi di Virginia.

Sebanyak 33.000 warga terkena dampak pemadaman listrik. Polisi negara bagian Virginia menghimbau kepada para warga sekitar untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi serta menyarankan untuk berjalan kaki saat bepergian. Sejak Minggu pagi, 9 Desember 2018, sudah sebanyak 1.177 kasus kecelakaan telah terjadi karena licinnya jalan raya di sekitar.

Baca Juga: Badai Salju Terpa AS: 400 Penerbangan Tertunda dan Ratusan Koper Berantakan

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya