Comscore Tracker

Bandara-bandara di Jerman Perketat Keamanan setelah Dipantau Teroris

Kini pelaku yang berjumlah 4 orang sedang diburu

Stuttgart, IDN Times - Sebagian besar bandara di Jerman telah memperketat keamanannya setelah terdeteksi ada 4 orang yang diduga teroris setelah memantau di bandara yang ada di Stuttgart. Kini, para pelaku tersebut sedang diburu. Bagaimana suasana saat ini?

1. Rincian para pelaku sudah diserahkan ke pihak kepolisian Jerman

Bandara-bandara di Jerman Perketat Keamanan setelah Dipantau Teroristwitter.com/bdnews24

Dilansir dari BBC, bandara-bandara di Jerman telah meningkatkan keamanannya setelah 4 orang yang diduga sebagai teroris terdeteksi mengintai bandara di Stuttgart. Pihak kepolisian setempat dikabarkan sedang memburu 4 pelaku, yang terdiri dari ayah dan anak bersama 2 orang lainnya. Ayah dan anak ini diketahui berasal dari North Rhine-Westphalla.

Ketika itu, 2 orang diantaranya terlihat mengambil sebuah gambar dari terminal dan pangkalan udara. Rincian para pelaku ini telah diserahkan ke pihak kepolisian Jerman oleh dinas rahasia Maroko. Tak hanya bandara-bandara besar saja, beberapa bandara kecil juga melakukan peningkatan keamanan dan itu dilakukan sebagai langkah waspada atas aksi terorisme.

Para petugas kepolisian tambahan sudah dikerahkan di bandara-bandara kecil seperti di wilayah Baden-Wuerttemberg yang ada di Friedrichshafen, Karlsruhe / Baden-Baden, dan Mannheim.

2. Kepolisian meminta warga untuk tidak melakukan reaksi berlebihan atas kabar ini

Bandara-bandara di Jerman Perketat Keamanan setelah Dipantau Teroristwitter.com/ENnewsfront

Juru bicara dari pihak bandara Stuttgart mengatakan tidak bisa mengonfirmasi atau menyangkal bahwa pusat transportasi telah menjadi subyek ancaman. Dalam konferensi pers, kepolisian Stuttgart mengatakan ada langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan merupakan murni tingkat pencegahan. Setelah serangan yang terjadi di Strasbourg pada awal Desember 2018 lalu, pihak kepolisian terus berwaspada.

Tak hanya itu, polisi juga meminta kepada warga untuk tidak bereaksi berlebihan dan mengatakan bahwa saat ini tidak adanya indikasi ancaman konkrit terhadap bandara di Baden-Wuerttemberg, yang merupakan negara bagian di mana Stuttgart berada.

Baca Juga: Lawan Terorisme, Kemlu RI Gelar Dialog Lintas Agama

3. Dua tersangka dalam kejadian ini ternyata pernah terlihat di Paris

Bandara-bandara di Jerman Perketat Keamanan setelah Dipantau Terorisfocus.de

Setelah serangan di Strasbourg, ternyata pelaku yang diketahui ayah dan anak ini pernah terlihat di bandara Charles de Gaulle yang berada di Paris. Ketika itu, ayah dan anak tertangkap kamera sedang mengambil sebuah foto di bandara tersebut, namun saat para polisi hendak ke tempat kejadian, kedua pelaku ini menghilang. 

Pihak kepolisian Jerman melalui juru bicaranya, Roman Strohmayer, mengatakan hanya memiliki informasi bahwa saat ini belum dapat dinilai secara meyakinkan. "Kami telah mendeteksi upaya mata-mata di Bandara Stuttgart dan telah secara besar-besaran memperketat langkah-langkah keamanan kami di bandara bekerja sama dengan polisi negara bagian," ungkap Strohmayer seperti yang dikutip dari BBC

Masih ingat dengan serangan di Strasbourg yang telah menewaskan 5 orang dalam serangan di Pasar Natal pada tanggal 11 Desember 2018 lalu. Pelaku yang diketahui bernama Cherif Chekatt ini melakukan penyerangan dengan menembak orang-orang di sekitar Pasar Natal di Strasbourg. Selama 2 hari buron, kepolisian Perancis akhirnya menemukan pelaku dan kembali terjadi baku tembak-menembak dan akhirnya pelaku dinyatakan tewas di tempat kejadian di Neudorf, Perancis.

Pada hari Rabu, 12 Desember 2018, kepolisian Jerman menangkap 2 orang pria dan 2 orang wanita di Jerman karena diduga memiliki senjata api ilegal serta mempersiapkan serangan. Pihak kejaksaan Karlsruhe mengatakan polisi telah menyita semua senjata dan amunisi yang sudah dibuat otomatis dalam serangan yang direncanakannya, namun tidak ada indikasi adanya hubungan dengan peringatan keamanan di bandara-bandara tersebut.

Baca Juga: Narasi Akhir Zaman dan Eksistensi Terorisme di Jatim 

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya