Bencana Angin Tornado di Alabama Tewaskan Sedikitnya 5 Orang

Beberapa rumah hancur dan listrik di sekitar terputus

Alabama, IDN Times - Bencana angin tornado menghantam Alabama yang telah menewaskan sedikitnya 5 orang serta beberapa orang lainnya mengalami cedera. Tak hanya itu saja, bencana tersebut juga membuat beberapa rumah mengalami kerusakan parah serta aliran listrik di sekitar terputus. Bagaimana situasi di sana saat ini?

1. Upaya pencarian dan penyelamatan korban dipersulit akibat cuaca ekstrim di Alabama

Bencana Angin Tornado di Alabama Tewaskan Sedikitnya 5 OrangUpaya pencarian para korban bencana angin tornado di Alabama. (Twitter.com/wh400)

Dilansir dari The Guardian, sedikitnya 5 orang tewas dan beberapa orang lainnya mengalami cedera setelah serangkaian bencana angin tornado sebanyak 7 kali di Alabama yang membuat pohon-pohon tumbang, beberapa rumah alami kerusakan parah, serta aliran listrik di sekitar terputus dengan ribuan warga sekitar terkena dampaknya. Tewasnya para korban dikonfirmasi terjadi di Calhoun County, bagian timur dari Alabama, di mana salah satu dari beberapa angin puting beliung muncul dari "sel super" badai yang kemudian pindah ke Georgia. Upaya pencarian serta penyelamatan para korban dipersulit oleh cuaca ekstrim yang melanda Alabama.

Ahli meteorologi dari National Weather Service di Birmingham, John De Block, mengatakan radar menunjukkan tornado yang terbentuk di barat daya Alabama dengan melakukan perjalanan sejauh 161 km dan tetap di tanah selama sekitar 1 jam 20 menit. Dia mengatakan penyelidikan langsung akan menentukan kekuatan badai, tetapi berdasarkan tanda pada puing-puing dan ia merasa yakin akan menemukan setidaknya 7 angin tornado yang melewati Alabama sepanjang hari Kamis, 25 Maret 2021, waktu setempat. 

2. Petugas pemadam kebakaran melihat satu keluarga berhasil selamat dari rumah mereka yang terguling akibat angin tornado

Bencana Angin Tornado di Alabama Tewaskan Sedikitnya 5 OrangSituasi di negara bagian Alabama setelah dilanda angin tornado. (Twitter.com/wh400)

Petugas pemadam kebakaran setempat mengatakan bahwa ada satu keluarga berhasil menyelamatkan diri dari rumah yang terguling di subdivisi Eagle Point, dekat Birmingham. Di kota terdekat Pelham, di daerah Shelby, pihak berwenang telah memposting foto dan video yang menunjukkan pohon-pohon besar menghalangi jalan dan tiang-tiang listrik yang rusak bersandar mengancam di atas jalan-jalan yang dipenuhi puing-puing dari beberapa rumah yang terkena dampak paling parah. Lebih dari 20 ribu pelanggan tidak memiliki aliran listrik di Alabama.

Anggota Departemen Sheriff County Shelby, Mayor Clay Hammac, mengatakan bahwa mereka telah diberitahu untuk bersiap menghadapi badai lain. Menurut National Weather Service di Huntsville, hujan kali ini kemungkinan lebih tinggi diperkirakan terjadi di Alabama Utara. Peramal cuaca telah memperingatkan adanya badai yang berbahaya, banjir bandang, serta kemungkinan angin puting beliung dari Mississippi Timur ke Georgia Barat serta ke Tennessee Utara dan Kentucky. 

Tak hanya itu saja, peringatan banjir bandang juga melanda wilayah bagian barat California.

Baca Juga: Alabama Larang Tindakan Aborsi, Sejumlah Artis Hollywood Angkat Suara

3. Gubernur Alabama mengeluarkan deklarasi darurat di 46 kabupaten

Gubernur Alabama, Kay Ivey, telah mengeluarkan deklarasi darurat untuk 46 kabupaten di seluruh Alabama saat cuaca buruk mendekat serta pejabat setempat juga membuka tempat perlindungan di sekitar Birmingham. Ivey mengatakan cuaca yang signifikan dan berbahaya terus mempengaruhi sebagian dari Alabama dan ia merasa miris adanya korban tewas akibat bencana angin tornado ini. Lebih dari 55 juta orang tetap berada di bawah ancaman badai hebat dari Gulf Coast hingga Pennsylvania, dengan badai angin tornado diperkirakan terus berlanjut hingga malam hari waktu setempat.

Pusat perkiraan badai mengatakan ada resiko tinggi tornado, yang mencapai level 5 dari 5, untuk sebagian besar di Alabama Utara, termasuk Birmingham, Tuscaloosa, dan Huntsville. Itu merupakan perkiraan terburuk dan tertinggi yang dikeluarkan untuk badai hebat, meskipun sangat jarang pihak pusat perkiraan badai mengeluarkan pandangan seperti ini. Resiko level 4 dari 5 mencakup lebih dari 5 juta orang serta termasuk di Nashville dan Chattanooga, Tennessee.

Baca Juga: Senat Alabama Sahkan RUU Anti-Aborsi Paling Ketat di AS

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya