Bola Api yang Jatuh di Inggris adalah Meteorit Langka

Peristiwa tersebut terjadi pada akhir Februari 2021 lalu

London, IDN Times - Sebuah bola api yang jatuh di Inggris ternyata merupakan jenis meteorit sangat langka. Peristiwa jatuhnya bola api saat itu terjadi pada tanggal 28 Februari 2021 lalu. Bagaimana awal ceritanya?

1. Menurut hasil penelitian, batu tersebut terbentuk dari kondrit berkarbon

Bola Api yang Jatuh di Inggris adalah Meteorit LangkaBatu bola api yang jatuh di Inggris pada akhir Februari 2021 lalu. (Twitter.com/UKMeteorNetwork)

Dilansir dari CNN, bola api yang menerangi langit dan jatuh di Inggris serta negara-negara Eropa Utara lainnya merupakan jenis meteorit yang sangat langka. Fragmen batuan luar angkasa yang ditemukan di jalan masuk di Cotswolds dapat memberikan jawaban pertanyaan tentang sejarah awal tata surya dan kehidupan di Bumi. Bobot hampir mencapai 300 gram meteorit telah dikumpulkan dari kota kecil Gloucestershire di Winchcombe oleh para ilmuwan, yang mengatakan bahwa batu itu terbentuk dari kondrit berkarbon.

Zat tersebut merupakan salah satu bahan paling primitif dan murni di tata surya yang telah diketahui mengandung bahan organik dan asam amino, bahan untuk kehidupan. Natural History Museum di London, Inggris mengatakan pecahan itu diambil dalam kondisi yang sangat baik dan sangat cepat setelah jatuhnya meteorit sehingga dapat dibandingkan dengan sampel bebatuan yang dikembalikan dari misi luar angkasa, baik dalam kualitas maupun kuantitas. 

Seorang peneliti ilmu planet dari The Open University, Richard Greenwood, merasa terkejut ketika melihatnya dan segera tahu itu adalah meteorit langka dan peristiwa yang benar-benar unik. Ia juga merasakan sangat emosional ketika menjadi orang pertama yang mengkonfirmasi ke publik. 

2. Dari sekitar 65 ribu meteorit, hanya 51 diantaranya merupakan kondrit berkarbon

Bola Api yang Jatuh di Inggris adalah Meteorit LangkaBatu bola api yang jatuh di Inggris pada akhir Februari 2021 lalu. (Twitter.com/FireballsUK)

Dari sekitar 65 ribu meteorit yang diketahui di Bumi, hanya sekitar 1.206 yang terlihat jatuh dan 51 diantaranya adalah kondrit berkarbon. Ini merupakan kondrit berkarbon pertama yang diketahui ditemukan di Inggris. Meteorit sangat tua diketahui memiliki usia sekitar 4,56 miliar tahun, jauh lebih tua dibandingkan dengan batuan manapun dari Bumi.

Hampir semua bebatuan luar angkasa ini telah terlempar dari asteroid dan melakukan perjalanan selama ribuan tahun melalui ruang angkasa sebelum tertangkap, biasanya oleh matahari tetapi terkadang-kadang oleh Bumi. Terakhir kali meteorit ditemukan di Inggris sekitar tahun 1991 lalu, di mana sebuah batu jatuh ke taman di Glatton dekat Peterborough, ketika pemilik rumah sedang berkebun saat itu. 

Baca Juga: 6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumi

3. Jatuhnya bola api yang menembus atmosfir Bumi membuat para ilmuwan senang

Pada tanggal 28 Februari 2021 lalu, sebuah bola api jatuh menembus atmosfir Bumi sehingga membuat senang para ilmuwan dari Inggris hingga Belanda yang diperkirakan sebagian selamat dari perjalanan dalam bentuk. Saat itu, kemungkinan besar mendarat di Cheltenham bagian utara, Inggris. Pendiri jaringan meteor Inggris, Richard Kacerek, mengatakan pemodelan komputer menunjukkan kemungkinan lokasi tabrakan meteor berada di kota Glouchestershire bagian utara, Inggris.

Salah satu daya tarik terbesar dalam meneliti meteorit adalah teori yang disebut paspernia, di mana dijelaskan bahwa kehidupan kimiawi ada di luar angkasa. Penelitian astronomi telah menemukan blok bangunan kehidupan di atmosfer planet yang jauh dan awan antarbintang serta bahkan senyawa yang lebih rumit dalam meteorit. Mengingat kehidupan di Bumi dimulai setidaknya sekitar 3,8 miliar tahun yang lalu dan lompatan dari kimia organik ke organisme yang menggandakan diri begitu luas, beberapa astronom mengusulkan bahwa kehidupan mungkin telah dihasilkan oleh komet yang lewat.

Baca Juga: 6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumi

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya