Cari Suaka, Ribuan Imigran Amerika Selatan Tiba di Mexico City

Para imigran ini mencari suaka di Amerika Serikat

Mexico City, IDN Times - Ribuan pengungsi dari berbagai negara-negara Amerika Tengah mencari suaka ke Amerika Serikat. Mereka semua berada di Mexico City untuk sementara ini, di mana mereka ditempatkan di salah satu stadion setempat. Bagaimana awal ceritanya?

1. Mereka telah berangkat 4 minggu sebelumnya

Cari Suaka, Ribuan Imigran Amerika Selatan Tiba di Mexico Citytwitter.com/tecdec93

Dilansir dari BBC, sebanyak 1.000 orang memilih melarikan diri dari negara-negara Amerika Tengah karena berbagai masalah yang dihadapi di negaranya sendiri. Mereka semua berangkat sejak 4 minggu yang lalu dengan alasan ingin melepaskan diri dari kekerasan yang dilakukan oleh para geng serta kondisi kesulitan keuangan yang mereka hadapi. 

Kini, mereka berada di sebuah stadion dimana pemerintah kota setempat telah memberikan bantuan medis dan makanan. Pengungsi-pengungsi ini berasal dari 3 negara, yakni Honduras, Guatemala, dan El Salvador. Salah seorang pengungsi justru mengakui tak mempunyai apa-apa saat berangkat. 

"Dari apa yang saya bawa dari Honduras, saya tidak punya apa-apa. Bahkan kemarin saya berjalan tanpa alas kaki," ungkap salah seorang pengungsi asal Honduras yang diketahui bernama Kenia Alvarado yang dikutip dari BBC.

2. Presiden Amerika Serikat memerintahkan pasukan untuk berada di lintasan perbatasan Amerika Serikat-Meksiko

Cari Suaka, Ribuan Imigran Amerika Selatan Tiba di Mexico Citytwitter.com/realDonaldTrump

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, justru memerintahkan para pasukan untuk menjaga perbatasan Amerika Serikat-Meksiko. Memang seperti yang diketahui sebelumnya, Trump memperketat aturan imigran sejak saat kampanye menjadi capres beberapa tahun lalu hingga akhirnya terpilih sebagai Presiden. 

Namun, perintah Trump tersebut justru menimbulkan kritikan keras dari para politikus yang dinilai menggunakan ancaman imigrasi ilegal. Trump juga mengancam akan menghentikan bantuan ke Guatemala, Honduras, dan El Salvador jika mereka tetap ngotot untuk datang ke Amerika Serikat.

3. Amerika Serikat meminta Meksiko untuk menghentikan langkah para imigran

Cari Suaka, Ribuan Imigran Amerika Selatan Tiba di Mexico Citytwitter.com/realDonaldTrump

Pemerintah Amerika Serikat menekan pemerintah Meksiko melalui Presiden Enrique Pena Nieto dengan menawarkan surat identifikasi sementara serta pekerjaan jika mereka mendaftar suaka di negara bagian selatan Chiapas dan Oaxaca.

Pemerintah Meksiko mengatakan pihaknya telah memproses sebanyak hampir 2.800 permintaan suaka dan sebanyak 1.100 orang telah dideportasi. Warga Mexico City dikabarkan telah menyumbangkan beberapa pakaian dan sepatu untuk para pengungsi.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya