China Alami Peningkatan Kasus COVID-19 Sejak Januari 2021

Peningkatan kasus tersebut didominasi oleh kasus impor

Yunnan, IDN Times - Tiongkok kembali mengalami peningkatan kasus COVID-19 sejak Januari 2021 lalu pada hari Selasa, 20 Juli 2021, waktu setempat. Peningkatan kasus tersebut didominasi oleh kasus impor. Bagaimana awal ceritanya?

1. Peningkatan tersebut berawal pada awal Juli 2021 lalu  

China Alami Peningkatan Kasus COVID-19 Sejak Januari 2021Ilustrasi virus COVID-19. (Pixabay.com/geralt)

Dilansir dari Aljazeera.com, Tiongkok telah melaporkan peningkatan kasus harian tertinggi COVID-19 baru yang dikonfirmasi sejak Januari 2021 lalu, didorong oleh wabah di Provinsi Yunnan, yang berbatasan dengan Myanmar, tempat COVID-19 melonjak karena penyebaran varian Delta. Sebagian besar kasus baru tersebut merupakan kasus impor dengan Provinsi Yunnan melaporkan adanya 41 kasus baru yang berasal dari luar negeri, yang semuanya melibatkan warga negara Tiongkok yang baru saja kembali dari Myanmar. Peningkatan tersebut dimulai pada tanggal 4 Juli 2021 lalu serta telah terkonsentrasi di Ruili dan Longchuan, dua kota kecil di perbatasan Tiongkok dengan Myanmar.

Ruili, yang saat ini berjuang melawan wabah keempat sejak pandemi dimulai, melaporkan adanya 7 kasus baru yang ditularkan secara lokal, sedangkan di wilayah Longchuan hanya memiliki 1 kasus. Ruili merupakan titik transit darat utama untuk Yunnan, yang memiliki perbatasan sejauh 4.000 km dengan Laos, Myanmar, dan Vietnam. Wabah yang terjadi di Provinsi Yunnan ini menandai kelompok infeksi kedua di Tiongkok yang melibatkan jenis varian Delta yang sangat menular, setelah wabah di Provinsi Guangdong Selatan pada bulan Mei dan Juni 2021 lalu.

2. Tiongkok sebelumnya memiliki komitmen untuk mencapai nol kasus COVID-19

China Alami Peningkatan Kasus COVID-19 Sejak Januari 2021Bendera Tiongkok. (Pixabay.com/SW1994)

Baca Juga: Norwegia Tuduh Tiongkok Atas Serangan Siber di Parlemen

Sebelumnya, Tiongkok memiliki komitmen untuk mencapai nol kasus COVID-19 yang berarti sebagian besar warganya mungkin akan terputus dari dunia luar hingga akhir tahun 2021 ini, yang menunda kembalinya kehidupan normal sepenuhnya untuk ekonomi terbesar kedua di dunia. Para analis mengatakan Tiongkok sendiri bahkan bisa menunggu hingga pertengahan tahun 2022 ini untuk dibuka kembali bagi para pengunjung, meskipun faktanya hampir 80 persen populasinya diperkirakan akan diimunisasi pada akhir tahun 2021 ini. Menurut profesor dari Yale School of Public Health, Xi Chen, mengatakan di Tiongkok, begitu sebuah institusi dibangun, sulit untuk dihancurkan serta strategi tanpa solusi yang dilakukan telah bekerja dengan baik untuk waktu yang lama sehingga sulit untuk beralih ke strategi pembukaan.

Sebuah lembaga ekonomi global, Economist Intelligence Unite, mengatakan Tiongkok berada dalam posisi yang lebih baik ketimbang kebanyakan negara untuk mempertahankan strategi nol COVID-19 karena ketergantungannya yang lebih rendah pada arus masuk modal lintas batas serta bakat luar dan industri ekspornya yang kuat. Para pemimpin di Tiongkok sendiri mulai lebih sering bericara membahas perlunya paspor kekebalan untuk memungkinkan perjalanan internasional. Tetapi, pihak Tiongkok telah menandatangani beberapa perjanjian dengan negara lain karena masalah saling pengakuan terhadap masing-masing vaksin.

Tiongkok sendiri belum menyetujui vaksin non-Tiongkok, meskipun vaksin mRNA dikembangkan oleh BioNTech/Pfizer dan Moderna yang memiliki tingkat kemanjuran sekitar 95 persen.

3. Jumlah kasus COVID-19 di Tiongkok sampai saat ini

China Alami Peningkatan Kasus COVID-19 Sejak Januari 2021Suasana di sekitar salah satu wilayah yang berada di Tiongkok. (Pixabay.com/Charlottees)

Jumlah kasus COVID-19 di Tiongkok sampai hari Selasa, 20 Juli 2021, waktu setempat mencapai angka 92.342 kasus dengan rincian 4.636 kasus berakhir meninggal dunia serta 87.098 kasus berakhir sembuh. Di hari yang sama, Tiongkok mengalami penambahan kasus baru sebanyak 65 kasus baru. Dengan demikian, Tiongkok saat ini berada di urutan ke 102 jumlah kasus COVID-19 terbanyak di dunia.

Wakil Gubernur Provinsi Yunnan, Zong Guonying, sebelumnya pada hari Minggu, 18 Juli 2021, lalu untuk membangun "benteng besi" demi menghentikan transmisi lebih lanjut saat ia mengunjung Ruili. Di Prefektur Xishuangbanna, yang juga berbatasan dengan Myanmar, polisi telah mendirikan pos pemeriksaan di semua jalan untuk memeriksa lalu lintas masuk dan keluar. Perjalanan di luar pusat kota Jinghong di Xishuangbanna tidak disarankan serta izin khusus juga diperlukan untuk memasuki kota-kota tetangga Lincang dan Puer, serta Ruili.

Baca Juga: Norwegia Tuduh Tiongkok Atas Serangan Siber di Parlemen

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya