Comscore Tracker

Denver Menjadi Kota Pertama AS yang Dekriminalisasi 'Magic Mushroom'

Sebanyak 50,5 persen menyatakan setuju dalam voting kali ini

Denver, IDN Times - Kota Denver akhirnya menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang dekriminalisasi jamur ajaib dengan keunggulan selisih tipis, yakni 50,5 persen para pemilih menyatakan setuju. Seperti yang diketahui, dekriminalisasi adalah suatu perbuatan yang pada mulanya dianggap sebagai perbuatan pidana tetapi kemudian dianggap sebagai perbuatan biasa. Apa efek dari jamur ajaib ini?

1. Meski unggul, hasil tersebut masih dinyatakan hasil tetap tidak resmi

Denver Menjadi Kota Pertama AS yang Dekriminalisasi 'Magic Mushroom'twitter.com/RollingStone

Dilansir dari CNN, Denver menjadi kota pertama Amerika Serikat yang mendekriminalisasi jamur ajaib setelah adanya voting yang digelar pada hari Rabu, 8 Mei 2019, waktu setempat. Menurut hasil voting tersebut, sebanyak 89.320 orang menyatakan setuju sedangkan 87.341 orang lainnya menyatakan tidak setuju. Meski demikian, hasil tersebut masih dinyatakan hasil tetap tidak resmi sampai menunggu jamur ajaib disertifikasi pada tanggal 16 Mei 2019 ini.

Dalam aturan yang ada berusaha untuk menghilangkan prioritas sejauh mungkin hukuman pidana yang dijatuhkan di Denver untuk penggunaan pribadi dan kepemilikan pribadi. Secara khusus, para pejabat hukum kini dilarang menghabiskan sumber daya untuk menjatuhkan hukuman pidana bagi penggunaan pribadi bagi para penduduk berusia 21 tahun ke atas. Sebelumnya, Denver juga sudah mendekriminalisasi ganja pada tahun 2005 lalu

2. Pemimpin kampanye dekriminalisasi jamur ajaib menyebut hasil ini merupakan contoh komedi absurd

Denver Menjadi Kota Pertama AS yang Dekriminalisasi 'Magic Mushroom'twitter.com/nypost

Pemimpin kampanye dekriminalisasi jamur ajaib, Kevin Matthews, mengatakan hasil ini merupakan contoh komedi absurd. Maksudnya adalah untuk sebuah perubahan besar perlu membentuk sebuah tim yang didukung oleh banyak orang demi mendapatkan dukungan besar.

"Jika hasil ini bertahan, ini adalah contoh komedi absurd dari metafora besar. Melawan segala rintangan, kami menang. Inilah yang terjadi ketika sebuah tim kecil yang terdiri dari orang-orang yang berdedikasi dan bersemangat bersatu di bawah satu ide untuk membuat perubahan," ungkap pernyataan dari Kevin Matthews seperti yang dikutip dari BBC.

Sebelum digelarnya voting, jaksa Denver, Beth McCann, mengatakan meskipun dia sendiri menentang mosi tersebut, jika disetujui dia akan mendukung pembentukan panel pratinjau untuk mempelajari efek dari obat tersebut. Selain Beth McCann, Walikota Denver, Michael Hancock, juga menyatakan tidak setuju dengan dekriminalisasi jamur ajaib meski hasilnya justru menunjukkan sebaliknya usai voting.

3. Efek-efek yang ditimbulkan dari jamur ajaib

Denver Menjadi Kota Pertama AS yang Dekriminalisasi 'Magic Mushroom'twitter.com/xedro00

Seperti yang diketahui, jamur ajaib merupakan salah satu jamur yang beracun dan berbahaya jika dikonsumsi. Jamur ajaib ini ternyata bukan untuk dimakan sehari-hari, melainkan sebagai pemicu halusinasi. Beberapa orang sengaja untuk mengkonsumsi jamur ajaib ini demi mencari kesenangan sesaat. 

Jamur ajaib sendiri mengandung zat kimia alami bernama psilosibin dan jamur-jamur ini biasanya tumbuh di kotoran hewan ternak, seperti sapi dan kerbau. Kandungan pada zat psilosibin ini yang paling banyak dicari karena bisa menciptakan sesuatu yang intens, tergaung pada psikologis orang yang mengonsumsinya. Pasalnya, zat psilosibin akan langsung menyerang pada sel-sel otak yang mengakibatkan oksigen menjadi terhambat untuk masuk ke otak.

Dampaknya, kerja otak akan menjadi lebih lambat ketimbang sebelumnya serta merasakan efek-efek yang tidak wajar usai mengkonsumsi jamur ajaib. Efek-efek pada pikiran yang dimaksud diantaranya:

  • Emosi yang buncah, maksudnya seperti bahagia berlebihan, senang berlebihan, bahkan sedih berlebihan.
  • Terlalu cemas.
  • Sering merasa panik atau serangan panik.
  • Tidak bisa membedakan mana khayalan atau mana dunia nyata.
  • Terlalu ketakutan atau paranoia.
  • Sering mengalami linglung atau disorientasi.
  • Merasa sangat lucu atau sangat menyedihkan melihat hal-hal di sekitarnya.

Sedangkan efek-efek pada tubuh diantaranya:

  • Detak jantung dan tekanan darah meningkat drastis.
  • Tidak bisa mengendalikan untuk membuang air kecil.
  • Kejang-kejang, otot lemas, dan kedutan.
  • Mati rasa, terutama pada bagian wajah.
  • Mulut kering, bahkan hingga mual dan muntah.
  • Suhu panas tiba-tiba tinggi dan banyak mengeluarkan keringat.

Keseringan makan jamur ajaib juga dapat berefek seperti:

  • Fungsi kognitif pada otak mengalami penurunan.
  • Perubahan pola pikir.
  • Perubahan suasana hati secara drastis.
  • Halusinasi dan delusi.
  • Perilaku yang berisiko dan tidak berpikir panjang.
  • Kematian karena tindakan sembrono dan berbahaya, seperti bunuh diri.

Baca Juga: 7 Jenis Jamur Beracun, Bisa Bikin Gila Sampai Menyebabkan Kematian

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya