Duterte Absen Saat KTT ASEAN, Banyak Agenda Penting Jadi Terlewatkan

Alasannya karena ingin membutuhkan banyak istirahat

Singapura, IDN Times - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, diketahui absen dalam beberapa acara tertentu saat KTT ASEAN berlangsung di Singapura. Alasannya, karena ia ingin sekali membutuhkan banyak istirahat penuh. Atas dasar itulah, ia melewatkan beberapa agenda penting. Bagaimana awal ceritanya?

1. Ia justru membela alasannya sendiri

Duterte Absen Saat KTT ASEAN, Banyak Agenda Penting Jadi Terlewatkantwitter.com/gmanews

Dilansir dari BBC, Preside Filipina, Rodrigo Duterte, telah melewatkan beberapa agenda penting selama KTT ASEAN berlangsung di Singapura. Menurut pihak kantor Kepresidenan Filipina, ia melakukannya karena ingin membutuhkan banyak istirahat. 

Pada hari ini saja, Duterte telah melewatkan 4 dari 11 jadwal yang seharusnya dia hadiri serta makan malam yang diselenggarakan oleh pemimpin Singapura, Lee Hsien Loong. Akan tetapi, Duterte justru membela keputusan dimana ia lebih memilih istirahat pada hari ini. "Ada apa dengan tidurku?" ungkap pertanyaan Duterte kepada wartawan seperti yang dikutip dari Straitstimes.com.

2. Juru bicara Presiden Filipina mengatakan Duterte hanya istirahat kurang dari 3 jam

Duterte Absen Saat KTT ASEAN, Banyak Agenda Penting Jadi Terlewatkantwitter.com/pia_gutierrez

Juru bicara Presiden Filipina, Salvador Panelo, mengakui Duterte telah bekerja telat dan hanya memiliki waktu istirahat kurang dari 3 jam. Ia juga menambahkan Duterte waktu tidur siang masih kurang baik namun cukup untuk mempertahankan kondisi tahan tubuh untuk beberapa waktu ke depan. 

Tak hanya itu saja, Panelo juga menambahkan absennya Duterte pada hari ini tidak ada hubungannya dengan kondisi kesehatannya saat ini. "Jadwal kerja yang terus-menerus menguras presiden adalah bukti bahwa ia dalam kondisi fisik prima," ungkap Panelo dalam pengakuannya seperti yang dikutip dari Straitstimes.com.

3. Di usianya yang sudah lanjut, Duterte mengaku siap berhenti

Duterte Absen Saat KTT ASEAN, Banyak Agenda Penting Jadi Terlewatkantwitter.com/cnnphilippines

Di usianya yang sudah menginjak 73 tahun ini membuat Duterte telah berpikir untuk mundur dari jabatannya karena lelah. Namun, ia juga mengakui bahwa sampai saat ini belum menemukan sosok pengganti dirinya untuk memimpin Filipina. 

Dalam acara KTT ASEAN pada tahun ini, Duterte menjadi orang tertua yang menjabat Presiden Filipina namun usianya justru sangat jauh jika dibandingkan dengan usia Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad yang sudah berusia 93 tahun saat ini.

Baca Juga: Cium Perempuan, Jubir Duterte Sebut Tak Ada Masalah

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya