Comscore Tracker

Gletser Pecah di India, Ratusan Jiwa Dikabarkan Hilang

Sebanyak puluhan desa telah dievakuasi petugas darurat

Uttarakhand, IDN Times - Bencana gletser telah melanda di kawasan India Utara, tepatnya di negara bagian Uttarakhand yang dilaporkan telah membuat ratusan orang hilang. Sebanyak puluhan desa yang berdekatan dengan lokasi kejadian telah dievakuasi petugas darurat setempat. Bagaimana awal ceritanya?

1. Juru bicara kepolisian setempat melaporkan sebanyak 16 atau 17 orang terjebak akibat bencana ini

Gletser Pecah di India, Ratusan Jiwa Dikabarkan HilangLokasi bencana gletser yang terjadi di kawasan negara bagian Uttarakhand, India. (Twitter.com/weatherindia)

Dilansir dari BBC, sebuah bendungan yang rusak telah menyebabkan banjir besar melalui lembah di negara bagian Uttarakhand, India dan puluhan desa telah dievakuasi, akan tetapi pejabat setempat telah melaporkan diduga sebanyak 150 orang merupakan korban hilang di lokasi kejadian. Seorang saksi yang juga warga setempat, Sanjay Singh Rana, mengatakan bencana tersebut datang dengan sangat cepat sehingga tidak ada waktu untuk memperingatkan warga di sekitarnya untuk menyelamatkan diri.

Juru bicara kepolisian setempat mengatakan setidaknya 3 orang tewas telah ditemukan dan ratusan orang lainnya masih hilang sampai saat ini serta 16 atau 17 orang lainnya terjebak di dalam terowongan. Lebih dari 50 orang yang bekerja di bendungan itu, yang dikenal sebagai Proyek Hidroelektrik Rishiganga, kemungkinan besar tewas. Akan tetapi, beberapa pekerja di antaranya berhasil diselamatkan dari lokasi tersebut.

2. Pemerintah federal setempat mengatakan Angkatan Udara India telah disiapkan untuk membantu operasi penyelamatan

Kepala Menteri Uttarakhand, Trivendra Singh Rawat, mengatakan tim dari polisi dan tentara telah melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan nyawa para korban tertimpa bencana ini. Pemerintah federal setempat menyebutkan Angkatan Udara India sedang dipersiapkan untuk membantu operasi penyelamatan, sementara Menteri Dalam Negeri India, Amit Shah, mengatakan tim tanggap bencana sedang diterbangkan untuk membantu dengan bantuan dan penyelamatan. Perdana Menteri India, Narendra Modi, sedang memantau situasi ini dan bangsa India telah mendoakan untuk keselamatan para korban.

Negara bagian tetangga di sekitar Uttarakhand, Uttar Pradesh, juga telah membuat beberapa daerah tepi sungai dalam keadaan siaga tinggi untuk menghadapi banjir. Belum diketahui sampai saat ini apa penyebab bencana gletser pada hari Minggu, 7 Februari 2021, waktu setempat, tetapi negara bagian di sekitar Himalaya bagian barat memang rentan terhadap banjir bandang dan tanah longsor.

Baca Juga: Gletser Tuni di Bolivia Cair Lebih Cepat dari Prediksi

3. Rekor curah hujan sempat terjadi di negara bagian Uttarakhand yang telah menewaskan sekitar lebih dari 6.000 orang akibat banjir dahsyat pada bulan Juni 2013 lalu

Gletser Pecah di India, Ratusan Jiwa Dikabarkan HilangLokasi bencana gletser yang terjadi di kawasan negara bagian Uttarakhand, India. (Twitter.com/weatherindia)

Pada bulan Juni 2013 lalu, di negara bagian Uttarakhand pernah dilanda bencana banjir dahsyat akibat mencapai rekor curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan lebih dari 6.000 orang tewas saat itu. Lebih dari 100.000 orang lainnya telah diselamatkan dari pegunungan Himalaya setelah banjir dan tanah longsor yang telah menimpa lebih dari 4.000 desa. Hujan tersebut saat itu diyakini merupakan yang terparah sepanjang 80 tahun terakhir.

Kepala Menteri Uttarakhand saat itu, Vijay Bahuguna, mengatakan pemerintah Uttarakhand ketika itu akan mengeluarkan sertifikat untuk keluarga yang hilang sehingga masyarakat bisa segera mendapatkan kompensasi dan masing-masing keluarga akan mendapatkan 500 ribu rupee dengan nilai saat itu. Di sisi lain, pemerintah Uttarakhand juga telah berjuang untuk memberikan bantuan kepada masyarakat di daerah terpencil di mana sebagian besar korban telah kehilangan tempat tinggal dan berada di tempat pengungsian.

Baca Juga: Gletser Hilang, Islandia Selenggarakan Upacara Pemakaman 

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya