Habiskan Uang 16 Juta Pound Sterling, Wanita Ini Ditangkap di Inggris

Ada apa ya?

London, IDN Times - Memiliki uang banyak sah-sah saja ketika ingin menghabiskan uang yang dimilikinya untuk berbelanja. Namun apa jadinya jika menghabiskan uang sebanyak mungkin yang berujung pada penangkapan polisi? Ternyata kasus ini sendiri menimpa seorang wanita asal Azerbaijan di Inggris yang ditangkap di London setelah menghabiskan uang sebanyak 15 juta pound sterling atau setara dengan Rp 308,4 miliar. Bagaimana awal ceritanya?

1. Ternyata ia adalah seorang buronan yang dicari di negara asalnya

Habiskan Uang 16 Juta Pound Sterling, Wanita Ini Ditangkap di Inggristwitter.com/Stelladmarco

Dilansir dari BBC, seorang wanita yang diketahui bernama Zamira Hajiyeva ini diketahui merupakan warga negara Azerbaijan. Tak hanya itu, ia merupakan salah satu orang yang dicari di negara asalnya, Azerbaijan. Wanita yang diketahui berusia 55 tahun ini beberapa hari lalu telah menghabiskan uang sebanyak 16 juta pound sterling atau setara dengan Rp 308,4 miliar hanya untuk berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan terkenal di London, Harrods. 

Hal inilah yang menimbulkan kecurigaan dari pihak kepolisian Inggris dengan mengusut asal usul kekayaan yang dimiliki Hajiyeva. Ternyata setelah diselidiki, Hajiyeva memiliki kasus penggelapan uang di Azerbaijan dengan 2 tuduhan.

2. Suami dari Hajiyeva sebelumnya ditangkap atas kasus serupa

Habiskan Uang 16 Juta Pound Sterling, Wanita Ini Ditangkap di Inggristwitter.com/WatchdogAze

Ternyata, suami dari Zamira Hajiyeva, Jahangir Hajiyev, juga ditangkap sebelumnya pada tahun 2016 lalu dengan kasus serupa. Sebelum ditangkap, Hajiyev merupakan pimpinan dari Bank Internasional Azerbaijan. 

Hajiyeva sendiri sebelum ditangkap di London sempat mengajukan banding atas tuntutan hukum yang dihadapinya, namun hasilnya gagal dan Hajiyeva harus menjelaskan asal usul kekayaan yang dimiliki ke Badan Kriminal Nasional (NCA). Seperti yang diketahui, Hajiyeva memiliki sebuah rumah di London dengan nilai yang ditaksir mencapai 15 juta pound sterling atau setara dengan Rp 289,2 miliar.

Baca Juga: Viral, Penangkapan Preman Memalak Warga Hingga Puluhan Juta

3. Pihak kuasa hukum Hajiyeva membantah kasus yang dihadapi kliennya ini

Habiskan Uang 16 Juta Pound Sterling, Wanita Ini Ditangkap di Inggristwitter.com/euocs

Pihak kuasa hukum dari Zamira Hajiyeva sendiri membantah kasus yang dihadapi kliennya ini. Mereka menilai Hajiyeva bukanlah seorang penipu atau cenderung memilih melarikan diri dari berbagai masalah. "Keputusan pengadilan tinggi yang menegakkan pemberian perintah kekayaan yang tidak dapat dijelaskan terhadap Zamira Hajiyeva tidak boleh dianggap menyiratkan kesalahan apa pun, baik di pihaknya atau bahwa suaminya.

Kasus NCA adalah bahwa UWO [tatanan kekayaan yang tidak dapat dijelaskan] adalah bagian dari proses investigasi, bukan prosedur kriminal, dan itu tidak melibatkan temuan pelanggaran pidana," ungkap pihak kuasa hukum dari Zamira Hajiyeva seperti yang dikutip dari The Guardian. Sampai saat ini, Hajiyeva masih dalam berada pemeriksaan NCA. Pekan lalu, pihak agensi menyita berbagai perhiasan milik keluarga yang ditaksir mencapai 400 ribu pound sterling atau setara dengan Rp 7,7 miliar dan akan dilelang di rumah lelang yang ada di London.

Baca Juga: Ditembak Saat Penangkapan, Begal Sadis Menangis Karena Kesakitan!

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya