Hakim Texas Menilai Program Obamacare adalah Sebuah Inkonstitusional

Trump menyebut ini adalah kabar baik bagi Amerika Serikat

Texas, IDN Times - Seorang hakim federal di Texas, Reed O’Connor, memutuskan bahwa layanan Obamacare adalah inkonstitusional. Seperti yang diketahui, inkonstitusional adalah segala sesuatu yang tidak berdasarkan konstitusi atau undang-undang dasar. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyebut kabar tersebut merupakan kabar baik bagi Amerika Serikat.

Bagaimana awal ceritanya?

1. Ini adalah salah satu bentuk kampanye Trump pada tahun 2016 lalu

Hakim Texas Menilai Program Obamacare adalah Sebuah Inkonstitusionaltwitter.com/thehill

Dilansir dari CNN, hakim federal Texas pada hari Jumat, 14 Desember 2018, memutuskan layanan Obamacare merupakan layanan inkonstitusional. Pakar hukum menilai keputusan tersebut tidak segera mempengaruhi cakupan kesehatan di Amerika Serikat, dan sekelompok negara bagian yang dipimpin California akan mengajukan banding atas putusan ini. Pembatalan undang-undang Obamacare ini telah menimbulkan keraguan akan masa depan mengenai cakupan kesehatan bagi jutaan warga Amerika Serikat.

Donald Trump sebelumnya sempat menjanjikan pembatalan Obamacare sebagai salah satu kampanye dari Trump sendiri pada tahun 2016 lalu, tepatnya menjelang Pemilu Presiden Amerika Serikat. Trump menyebut kabar ini merupakan kabar baik bagi rakyat Amerika Serikat.

"Seperti yang sudah diprediksi selama ini, Obamacare telah dipukul sebagai bencana INKONSTITUSIONAL! Sekarang Kongres harus melewati hukum KUAT yang menyediakan perawatan kesehatan BESAR dan melindungi kondisi yang sudah ada sebelumnya. Mitch dan Nancy, selesaikan!" ungkap isi cuitan Trump mengenai keputusan ini seperti yang dikutip dari akun Twitter miliknya @realDonaldTrump.

2. Ketua DPR Amerika Serikat justru mengecam keputusan ini

Hakim Texas Menilai Program Obamacare adalah Sebuah Inkonstitusionaltwitter.com/Newsweek

Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi, mengecam keputusan dari hakim federal Texas ini dan menyarankan DPR akan ikut campur atas kasus ini. "Partai Republik sepenuhnya bertanggung jawab atas keputusan yang kejam ini dan atas ketakutan mereka telah menyerang jutaan keluarga di seluruh Amerika yang kini terancam kehilangan perlindungan kesehatan mereka.

"Ketika DPR mengetuk palu, Dewan Perwakilan akan bergerak cepat untuk secara resmi campur tangan dalam proses banding untuk menegakkan perlindungan yang menyelamatkan jiwa bagi orang-orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya dan menolak upaya Partai Republik untuk menghancurkan Undang-Undang Perawatan Terjangkau," ungkap pernyataan Nancy Pelosi seperti yang dikutip dari CNN.

Putusan tersebut mengancam untuk menghapus perlindungan Undang-Undang Perlindungan yang Terjangkau bagi mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya, yang menjadi titik pusat pemilihan paruh waktu dan membantu Demokrat merebut mayoritas kursi DPR.

Lebih dari 4 juta orang telah mendaftar untuk cakupan 2019 di bursa Obamacare, dan jutaan lebih warga diharapkan untuk memilih rencana sebelum pendaftaran terbuka berakhir hari Sabtu, 15 Desember 2018.

3. Koalisi Partai Republik menilai perubahan tersebut membuat mandat tidak konstitusional secara sendiri

Hakim Texas Menilai Program Obamacare adalah Sebuah Inkonstitusionaldallasobserver.com

Koalisi Partai Republik yang dipimpin oleh Jaksa Agung Texas, Ken Paxton, berpendapat bahwa perubahan ini membuat mandat itu sendiri tidak konstitusional. Negara-negara mengatakan bahwa pengingkaran hukuman, yang mulai berlaku tahun depan, menghapus legal berdasarkan Mahkamah Agung Amerika Serikat yang merupakan landasan hukum dalam menjunjung tinggi pada tahun 2012 di bawah kekuasaan pajak Kongres.

Lain lagi dengan Jaksa Agung California, Xavier Becerra, menyebut ini adalah sebuah serangan dari penguasa dan seorang juru bicara memastikan bandiing akan datang menentang keputusan ini. "Keputusan hari ini adalah serangan terhadap 133 juta warga Amerika Serikat dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya, pada 20 juta orang Amerika yang bergantung pada perlindungan konsumen ACA untuk perawatan kesehatan, pada kemajuan setia Amerika menuju perawatan kesehatan yang terjangkau bagi semua orang Amerika.

"ACA telah bertahan lebih dari 70 upaya pencabutan yang gagal dan bertahan dalam pemeriksaan di Mahkamah Agung," ungkap Xavier Becerra seperti yang dikutip dari CNN

Seperti yang diketahui, perlindungan konsumen yang ditargetkan oleh pemerintah Amerika Serikat adalah pusat layanan Obamacare dan mengubah lanskap asuransi kesehatan. Popularitas mereka adalah salah satu alasan utama anggota parlemen GOP mengalami kesulitan seperti membatalkan Obamacare tahun lalu.

Baca Juga: Mantan Pengacara Dipenjara, Trump Nilai Cohen Bisa Saja Tidak Bersalah

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya