Ini Nasib Remaja Tiongkok yang Dulu Jual Ginjal Demi Beli iPhone

Kisahnya bermula sekitar 8 tahun yang lalu

Beijing, IDN Times - Masih ingat dengan kisah seorang remaja asal Tiongkok yang viral karena menjual ginjal demi sebuah Iphone? Ternyata, ia dikabarkan telah terbaring di tempat tidur seumur hidupnya setelah 8 tahun lalu menjual ginjal. Bagaimana awal ceritanya?

1. Ternyata, ia telah menjalani operasi secara ilegal

Ini Nasib Remaja Tiongkok yang Dulu Jual Ginjal Demi Beli iPhonetwitter.com/firstpressNg

Dilansir dari News.com.au, kisah seorang remaja pria saat itu yang berusia 17 tahun menggegerkan dunia maya setelah nekat menjual ginjal demi Iphone 4 ketika itu. Ternyata, ia justru menjalani operasi ilegal untuk bisa menjual salah satu ginjal miliknya. Seorang remaja yang diketahui bernama Wang Shangkun ini justru mengalami penurunan kesehatan setelah operasi yang dilakukan tahun 2011 lalu.

Kini, pria yang saat ini berusia 25 tahun terbaring di tempat tidur seumur hidupnya setelah organ ginjal yang tersisa gagal berfungsi. Ia menjual sebuah ginjal miliknya di pasar gelap pada bulan April 2011 lalu yang dijual sebesar 4.800 dolar Amerika Serikat pada saat itu. 

2. Pembedahan ilegal tersebut menyebabkan infeksi karena alat-alat yang digunakan tidak bersih

Ini Nasib Remaja Tiongkok yang Dulu Jual Ginjal Demi Beli iPhonenews.com.au

Pembedahan secara ilegal menyebabkan mengalami defisiensi ginjal yang diyakini telah menyebabkan infeksi karena alat-alat yang digunakan saat itu tidak bersih serta kurangnya perawatan pasca operasi. Operasi dilakukan di provinsi Hunan, Tiongkok, tanpa persetujuan dari kedua orang tuanya. Hal ini diungkapkan oleh dua orang dokter yang juga bekerja di rumah sakit setempat.

Keinginan untuk membali Iphone diawali dari Wang bertemu dengan seorang perantara yang memiliki koneksi di pasar gelap penjualan organ tubuh manusia. Ia memberi tahu Wang bahwa janji pertemuannya dilakukan di Chenzou, Tiongkok, sedangkan perantara tersebut menyewa salah seorang dokter bedah yang bekerja di rumah sakit terdekat. Setelah adanya persetujuan, barulah Wang mengikuti tahap demi tahap untuk menjalani proses pembedahan dan dijual sesuai dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya.

3. Keluarganya mendapat kompensasi sebesar 320 ribu dolar Amerika Serikat

Ini Nasib Remaja Tiongkok yang Dulu Jual Ginjal Demi Beli iPhonetwitter.com/NewstalkZB

Uang yang diterima oleh Wang sendiri sisanya dibagikan di antara anggota geng yang terlibat. Tahun 2012, sebanyak 9 orang yang terlibat dalam proses pembedahan organ ilegal ditangkap kepolisian setempat, termasuk dari dokter bedah. Keluarga dari Wang mendapatkan kompensasi sebesar 320 ribu dolar AS saat itu.

Wang membeli Iphone baru dengan tujuan ingin memamerkan kepada teman-temannya. Apa yang dilakukan oleh Wang saat itu justru menjadi sebuah kesalahan besar, maka dari itu jagalah organ tubuh yang dimiliki ketimbang dijual untuk membeli sebuah barang yang diinginkan. Akibatnya, sebuah penyesalan justru didapatkan seperti yang dialami oleh Wang ini.

Baca Juga: Ini 5 Komplikasi Penderita Gagal Ginjal Kronis Yang Wajib Kamu Tahu!

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya