Jepang Mulai Uji Coba Shinkansen Tercepat di Dunia

Kecepatan shinkansen ini diperkirakan mencapai 400 km/jam

Tokyo, IDN Times - Jepang akhirnya melakukan uji coba pertama terhadap kereta shinkansen tercepat di dunia, Alfa-X. Kecepatan kereta shinkansen ini diperkirakan bisa mencapai 400 km/jam. Seperti apa tampilan dari kereta shinkansen tersebut?

1. Kereta shinkansen yang satu ini dinamai Alfa-X

Jepang Mulai Uji Coba Shinkansen Tercepat di Duniatwitter.com/DerJRPass

Dilansir dari Telegraph, Jepang telah melakukan pengujian terhadap kereta shinkansen yang dinamai Alfa-X pada hari Jumat, 10 Mei 2019, waktu setempat dan diperkirakan akan memulai operasi pada tahun 2030 ini. Perusahaan kereta shinkansen, JR East, berencana untuk mengoperasikannya dengan kecepatan 360 km/jam. Itu akan membuat 10 km/jam lebih cepat ketimbang kereta dari Tiongkok, Fuxing Hao, yang menghubungkan antara Beijing dengan Shanghai.

Untuk mengatasi hambatan angin yang sangat besar ketika memasuki terowongan, gerbong pertama Alfa-X sebagian besar akan menjadi hidung yang ramping, berukuran 22 meter. Dengan hanya tiga jendela, tampaknya hampir tidak ada ruang, jika sama sekali untuk penumpang di depan. Dilukis dengan warna perak metalik dengan garis-garis hijau, kereta peluru 10 gerbong ini mulai tes berjalan Jumat antara kota-kota Aomori dan Sendai pada malam hari, yang akan dilakukan selama 3 tahun.

""Pengembangan kereta shinkansen generasi berikutnya didasarkan pada konsep-konsep kunci kinerja yang unggul, tingkat kenyamanan yang tinggi, lingkungan operasi yang unggul dan pemeliharaan yang inovatif," ungkap pernyataan dari perusahaan yang mengelola kereta shinkansen, JR East, seperti yang dikutip dari Bloomberg.com.

2. Saat ini, kereta tercepat di dunia yang masih beroperasi yakni kereta Maglev

Jepang Mulai Uji Coba Shinkansen Tercepat di Duniatwitter.com/jobadvisorlink

Seperti yang diketahui, Jepang pertama kali meluncurkan armada kereta shinkansen yang terkenal di dunia ini pada saat menjelang Olimpiade Tokyo 1964 lalu, dengan lokomotif cepat muncul sebagai simbol pemulihan ekonomi negara setelah perang. 

Meskipun Jepang dan negara-negara lain terus berinvestasi banyak dalam teknologi kereta shinkansen saat ini, kereta tercepat di dunia yang saat ini masih beroperasi adalah Maglev, yang dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi sambil melayang di atas rel magnetik.

Shanghai adalah rumah bagi kereta Maglev yang beroperasi secara komersial tercepat di dunia, yang memiliki kecepatan tertinggi yakni 431 km/jam, memungkinkannya menempuh jarak 19 mil hanya dalam tujuh menit dan 20 detik.

3. Fakta-fakta yang perlu diketahui tentang Alfa-X

Jepang Mulai Uji Coba Shinkansen Tercepat di Duniatwitter.com/DerJRPass

Ada beberapa fakta yang diketahui mengenai kereta shinkansen Alfa-X.

  • Kereta shinkansen ini akan memiliki rem udara di atap dan juga menggunakan pelat magnetik di dekat rel untuk memperlambat, selain adanya rem konvensional.
  • Kereta shinkasen ini akan memiliki peredam dan suspensi udara agar tetap stabil saat melintasi kurva, menjaga keseimbangan, dan kenyamanan bagi penumpang.
  • Alfa-X adalah singkatan dari "Advanced Labs for Frontline Activity in rail eXperimentation".
  • Kereta shinkansen ini didasarkan pada platform JR E5, yang sudah beroperasi pada rute utama di Jepang.
  • JR East akan menghubungkan data antara kereta, pusat kendali, fasilitas pemeliharaan, dan staf untuk memantau kinerja dan menjaga kereta beroperasi pada tingkat optimal.

Baca Juga: Kereta Super Cepat "Maglev" Buatan Tiongkok yang Bikin Shinkansen Cuma Remah-remah

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya