Justin Trudeau Dilempari Kerikil oleh Para Demonstran Antivaksin

Ini bukan pertama kalinya kampanye Trudeau berakhir kacau 

Jakarta, IDN Times - Kampanye yang dilakukan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, berujung ricuh setelah Trudeau dilempari batu oleh para demonstran di Ontario, Kanada, pada hari Senin, 6 September 2021, waktu setempat. Ini bukanlah pertama kalinya kampanye Trudeau berujung kekacauan.

1. Kondisi Trudeau setelah dilempari tidak mengalami luka sama sekali 

Dilansir BBC, Trudeau mengalami peristiwa yang tak mengenakkan setelah dilempari batu kerikil oleh para demonstran selama penghentian kampanye. Dia kembali ke busnya setelah mengunjungi tempat pembuatan bir dan untungnya kondisi Trudeau tidak mengalami luka sedikit pun.

Berbicara setelah peristiwa tersebut, Trudeau mengatakan dia kemungkinan telah dipukul di bagian bahu dan membandingkan peristiwa itu ketika seorang wanita melemparkan biji labu ke arahnya pada tahun 2016 lalu.

Sekitar 2 orang yang bepergian dengan bus media juga terkena batu kerikil meskipun tidak terluka juga. Pemimpin oposisi Partai Konservatif, Erin O'Toole, menggambarkan peristiwa itu sebagai peristiwa menjijikkan.

Menurutnya, kekerasan politik tidak pernah dibenarkan dan media harus bebas dari intimidasi, pelecehan, dan kekerasan. Itu merupakan peristiwa kampanye terburuk dalam kampanye pemilihan federal 36 hari terakhir yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Para demonstran telah merusak rambu-rambu halaman calon Perdana Menteri Kanada
dengan grafiti anti-semit. Calon dari semua lapisan politik telah melaporkan peristiwa ini menjadi sasaran cercaan seksis dan rasis.

2. Sejak awal kampanye, Trudeau berusaha memposisikan mandat vaksin sebagai isu yang mengganjal  

Sejak hari-hari awal kampanye, Trudeau telah berusaha memposisikan mandat vaksin sebagai isu yang mengganjal.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa orang Kanada sangat mendukung tindakan tersebut. Beberapa hari sebelum Pemilu, pemerintah Trudeau mengumumkan bahwa mereka akan mengamanatkan vaksinasi untuk PNS federal dan penumpang yang bepergian di dalam negeri dengan pesawat dan kereta api.

Menurut Erin O'Toole, dia tidak akan mengamanatkan vaksin untuk pekerja federal, sebaliknya mengharuskan pekerja pemerintah yang tidak divaksinasi untuk diuji setiap hari. Kanada merupakan salah satu tingkat vaksinasi tertinggi di negara-negara kelompok G-20, di mana hampir 74 persen orang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19 dan hampir 68 persen sudah divaksinasi penuh.

Kerumunan warga yang marah menentang vaksinasi COVID-19 dalam beberapa pekan
terakhir berkumpul di luar rumah sakit di beberapa wilayah Kanada dan di rumah
Menteri Pendidikan Ontario.

Para demonstran telah mengorganisir di media sosial dan aplikasi pertukaran pesan seperti Telegram, di mana mereka telah berbagi informasi tentang rencana perjalanan Trudeau. Dalam beberapa pekan terakhir, Partai Liberal telah menghapus alamat pasti pemberhentian kampanyenya dari rencana perjalanan yang tersedia untuk umum.

3. Akhir Agustus 2021 lalu, Trudeau terpaksa membatalkan kampanye setelah kerumunan demonstran menyergap acara tersebut 

Pada akhir Agustus 2021 lalu, Trudeau terpaksa membatalkan kampanye setelah kerumunan demonstran yang marah menyergap acara tersebut. Perdana Menteri Kanada telah ditetapkan untuk berbicara di depan para pendukung di Bolton, Ontario, Kanada, tetapi dibatalkan karena masalah keamanan. Puluhan demonstran berkumpul di acara kampanye itu dan meneriakkan kata-kata kotor sebelum Trudeau akhirnya bisa berbicara di depan publik.

Trudeau berharap untuk bisa mengamankan suara mayoritas dalam Pemilu Kanada yang digelar lebih cepat, tetapi dalam beberapa hari terakhir upaya penyelidikannya telah dirundung oleh protes terhadap vaksin COVID-19 dan pembatasan pemerintah.

Saat kampanye, bus untuk kampanye Trudeau harus dikawal pergi oleh polisi setempat setelah acara tersebut dibatalkan menyusul penundaan selama 2 jam pada saat itu. Sebelumnya pada hari Jumat, 27 Agustus 2021, lalu kerumunan demonstran telah menggangu kunjungan Trudeau ke sebuah toko roti di kota Nobleton, dengan beberapa mencemooh dan memegang papan bertuliskan "Pengkhianatan Trudeau".

Pada hari Rabu, 25 Agustus 2021, lalu dalam kunjungan ke British Columbia, Trudeau disambut oleh demonstran antivaksin, dengan beberapa teriakan mereka akan menolak vaksin COVID-19.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya