Kanada Unggul dalam Pemberian Vaksin Dosis Kedua

Jika berlanjut, Kanada akan buka perbatasan untuk turis AS

Ottawa, IDN Times - Kanada akhirnya melampaui Amerika Serikat dalam hal pemberian vaksin COVID-19 yang kedua pada hari Sabtu, 17 Juli 2021, waktu setempat. Jika ini terus berlanjut, maka Kanada akan membuka perbatasan bagi para turis dari Amerika Serikat. Bagaimana awal ceritanya?

1. Tingkat persentase vaksinasi penuh di Kanada mencapai 48,64 persen 

Kanada Unggul dalam Pemberian Vaksin Dosis KeduaSuasana di sekitar wilayah Ottawa, Kanada. (Pixabay.com/DEZALB)

Dilansir dari BBC, Kanada telah melampaui dalam tingkat vaksinasi dosis kedua, setelah berbulan-bulan lamanya tertinggal dari negara tetangganya. Pada hari Sabtu, 17 Juli 2021, waktu setempat, sebanyam 48,64 persen orang Kanada telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19 dibandingkan dengan orang Amerika Serikat yang mencapai 48,4 persen. Jika kemajuan vaksin Kanada terus berlanjut, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan membuka perbatasannya untuk para turis dari Amerika Serikat setelah ditutup selama 16 bulan terakhir.

Pada hari Kamis, pengawas distribusi vaksin COVID-19 di Kanada, Brigjen. Krista Brodie, mengatakan Kanada bergerak ke pendekatan yang lebih bernuansa, dengan lebih dari 2 juta dosis vaksin telah ditahan karena provinsi mengatakan mereka tidak dapat menggunakannya. Sementara itu, Amerika Serikat juga memiliki banyak vaksin karena tingkat vaksinasinya melambat. Para ahli percaya itu kemungkinan karena keragu-raguan vaksin lebih tinggi di selatan perbatasan dibandingkan di Kanada.

2. Meski demikian, tingkat vaksinasi dalam beberapa pekan terakhir di Kanada mulai melambat  

Kanada Unggul dalam Pemberian Vaksin Dosis KeduaIlustrasi vaksin COVID-19. (Pixabay.com/torstensimon)

Di Kanada, tingkat vaksinasi mulai melambat dalam beberapa pekan terakhir, setelah mengalami kenaikan tajam sejak akhir Maret 2021 lalu. Dua wilayah di Kanada bagian utara, Yukon dan Northwest Territories, memimpin negara dengan masing-masing sekitar 75 persen dan 72 persen warga yang divaksinasi. Peningkatan vaksin telah bertemu dengan penurunan kasus COVID-19. Setelah gelombang ketiga yang curam musim semi ini, Kanada sudah melaporkan sekitar 3.000 kasus pada pekan ini, terendah sejak musim panas lalu.

Dengan sekitar 80 persen warga Kanada yang memenuhi syarat dilindungi oleh setidaknya satu dosis, Trudeau mengatakan pada hari Kamis, 15 Juli 2021, lalu bahwa negara tersebut mengharapkan untuk mulai mengizinkan warga negara Amerika Serikat yang divaksinasi penuh dan penduduk tetap ke Kanada pada pertengahan Agustus 2021 ini untuk perjalanan yang tidak penting serta turis internasional di September 2021 ini. Kanada telah membatasi hampir semua perjalanan tidak penting oleh turis asing sejak Maret 2020 lalu. Namun demikian, Trudeau menghadapi tekanan yang semakin besar untuk menunjukkan rencananya membuka kembali perbatasan Amerika Serikat-Kanada.

Baca Juga: Gelombang Panas di AS dan Kanada, Ratusan Meninggal

3. Presiden AS gagal memenuhi target yang ditetapkan pada liburan akhir pekan awal Juli 2021 lalu

Kanada Unggul dalam Pemberian Vaksin Dosis KeduaPresiden Amerika Serikat, Joe Biden. (Instagram.com/potus)

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, gagal memenuhi target yang ditetapkan sendiri yaitu 70 persen orang dewasa yang divaksinasi pada liburan akhir pekan 4 Juli 2021 lalu. Sekitar 68 persen orang Amerika Serikat berusia 18 tahun ke atas telah menerima setidaknya satu dosis. Gedung Putih dan pemerintah daerah telah beralih ke solusi kreatif serta bintang tamu selebriti dalam upaya melawan keraguan terhadap vaksin.

Negara-negara bagian seperti Michigan, Ohio, dan California adalah beberapa negara bagian yang menawarkan lotere tunai untuk warga yang mendapatkan suntikan. Penyanyi ternama, Olivia Rodrigo, tampil di Gedung Putih pada pekan ini untuk mempromosikan vaksinasi di kalangan anak muda serta balapan Nascar akan menjadi tuan rumah program vaksin akhir pekan ini. Dorongan untuk vaksin saat ini semakin mendesak, karena kasus meningkat di setiap negara bagian yang didorong oleh lonjakan varian.

Namun, jumlah kasus tetap jauh lebih rendah dibandingkan di musim dingin ketika mereka berada di puncak.

Baca Juga: Kanada: Jatuhnya Pesawat Ukraina Terbukti Tak Direncanakan

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya