Kantor Perbankan Malaysia Berikan Cuti Pada Ibu Hamil Selama 6 Bulan

Kebijakan ini dimulai pada awal tahun 2019

Kuala Lumpur, IDN Times - Salah satu bank di Malaysia, CIMB, akhirnya membuat kebijakan baru dengan memberikan cuti hamil selama 6 bulan. Kebijakan ini sendiri berlaku sejak awal tahun 2019 ini.

Dilansir dari Mashable.com, tampaknya bagi ibu-ibu hamil yang bekerja di bank CIMB di Malaysia mendapatkan kabar bahagia. Mereka akan mendapatkan cuti selama 6 bulan dan ini adalah kebijakan pertama kalinya yang dikeluarkan dan berlaku sejak awal tahun 2019 ini. Namun, mereka harus memenuhi syarat untuk bisa mengambil cuti selama itu. 

Bagaimana awal ceritanya?

1. Tak hanya itu saja, pihak bank juga memberikan cuti tanpa dibayar

Kantor Perbankan Malaysia Berikan Cuti Pada Ibu Hamil Selama 6 Bulanworldofbuzz.com

Tak hanya itu saja, jika cuti ibu hami biasanya tetap mendapatkan bayaran, bank CIMB juga akan memberlakukan cuti tanpa dibayar. Cuti tersebut ditujukan dalam bentuk program peremajaan pada karyawan yang memungkinkan mereka untuk mengambil cuti tanpa dibayar selama 6 bulan karena alasan pribadi, seperti merawat anggota keluarga atau cuti pekerjaan tanpa takut membahayakan posisi dan senioritas mereka.

Menggunakan dua inisiatif bersama secara efektif akan memungkinkan ibu pertama kali mengambil satu tahun dengan upah setengah.

2. Karyawan dengan memiliki anak berkebutuhan khusus juga menerima bantuan tambahan

Kantor Perbankan Malaysia Berikan Cuti Pada Ibu Hamil Selama 6 Bulanpixabay.com/nattanan23

Manfaat ramah keluarga lainnya yang ditawarkan oleh bank CIMB termasuk kebijakan kerja dalam waktu fleksibel yang memungkinkan karyawan dengan anak-anaknya berusia 5 tahun ke bawah atau dengan kebutuhan khusus untuk bekerja di rumah selama 1 hari setiap minggunya. Karyawan dengan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus juga mendapatkan bayaran tambahan hingga 1.000 ringgit atau setara dengan Rp 3,436 juta per bulan per anak.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2017, CIMB mengumumkan bahwa mereka meningkatkan cuti hamil dari 3 hari berturut-turut menjadi 1 bulan cuti berbayar untuk ayah yang baru memiliki anak pertama.

"Peningkatan tunjangan kehamilan ini dan cuti paternitas satu bulan kami saat ini adalah bagian dari pendekatan holistik baru kami untuk mengelola modal manusia dengan mengakui bahwa karyawan memiliki kebutuhan yang berbeda pada fase berbeda dari kehidupan mereka, dan dengan mempromosikan budaya pengasuhan bersama untuk keluarga muda di angkatan kerja kami," ungkap pernyataan dari Chief People Officer kantor CIMB, Dato' Hamidah Naziadin, seperti yang dikutip dari Employeebenefits.co.uk.

3. Perusahaan ini dinilai layak mendapatkan tempat 100 perusahaan terbaik

Kantor Perbankan Malaysia Berikan Cuti Pada Ibu Hamil Selama 6 Bulantwitter.com/litedotmy

Atas kebijakan positif inilah, perusahaan bank CIMB dinilai layak masuk ke dalam 100 perusahaan terbaik berdasarkan Indeks Keanekaragaman dan Penyertaan Thomson Reuters pada tahun 2018 lalu. Sampai saat ini, Undang-Undang Ketenagakerjaan Malaysia masih memberlakukan aturan bagi karyawan perempuan yang sedang hamil dengan memperoleh cuti minimal 60 hari.

Malaysia masih memperdebatkan tinjauan hukum dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa kelompok memanggil pemerintah untuk meningkatkan periode minimum wajib hingga 90 hari.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini 5 Hadiah yang Lebih Dibutuhkan Ibu Melahirkan

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya