Kebakaran Hutan Besar di California, 9 Orang Dilaporkan Tewas

Bahkan kawasan Malibu juga menjadi dampak peristiwa ini

California, IDN Times - Kebakaran besar kembali melanda di California, yang tepatnya berada di wilayah North California. Sebanyak 9 orang tewas akibat bencana kebakaran besar ini dan sebanyak 150 ribu warga lainnya telah mengungsi ke tempat yang lebih aman. Bahkan, kawasan Malibu yang dikenal sebagai tempat para selebritis dunia saat ini membuat mereka harus mengungsi ke tempat lain. Bagaimana awal ceritanya?

1. Kejadian ini sendiri terjadi pada hari Jumat siang waktu setempat

Kebakaran Hutan Besar di California, 9 Orang Dilaporkan Tewastwitter.com/CAL_FIRE

Dilansir dari CNN, kebakaran besar kembali melanda California yang terjadi pada Jumat siang waktu setempat. Kebakaran ini terjadi di dekat Thousand Oaks, sebuah daerah yang jaraknya 40 mil barat laut Los Angeles dimana sebelumnya terjadi bencana serupa pada hari Rabu lalu yang menewaskan 12 orang dan memaksa ratusan ribu warga mengungsi ke tempat lain. 

Beberapa selebritis dunia seperti Kanye West bersama pasangannya Kim Kardashian, Lady Gaga, Cher, serta sutradara pemenang Piala Oscar, Guillermo del Toro, terpaksa mengungsi ke tempat lain dan meninggalkan kawasan tempat tinggalnya sendiri untuk sementara. Api yang membesar dikabarkan telah menghanguskan salah satu set untuk keperluan syuting serial TV "Westworld".

2. Pihak pemerintah kota melaporkan sebagian besar kawasan bisnis menjadi lenyap karena kebakaran besar ini

Kebakaran Hutan Besar di California, 9 Orang Dilaporkan Tewastwitter.com/MickeyM593

Baca Juga: Kebakaran Hutan California Tewaskan Dua Petugas Pemadam

Pemerintah kota setempat melalui walikota Paradise, Jody Jones, menilai akibat peristiwa ini sebagian besar kawasan bisnis lenyap dan sangat sedikit sekali rumah-rumah yang masih bertahan. "Benar-benar tidak banyak yang tersisa. Ada sangat sedikit rumah yang masih berdiri dan kami sudah berada di berbagai lingkungan yang berbeda sore ini," ungkap walikota Paradise, Jody Jones, seperti yang dikutip dari CNN

Sekitar jalan utama di kota dipenuhi dengan pohon-pohon dan saluran listrik yang berserakan serta beberapa pohon yang masih terbakar sampai saat ini. Sebanyak 3.200 petugas pemadam kebakaran turun tangan untuk meredam kebakaran besar tersebut.

3. Riwayat panjang kebakaran besar melanda California

Kebakaran Hutan Besar di California, 9 Orang Dilaporkan Tewastwitter.com/JulE4422

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kebakaran besar yang melanda California dan sekitarnya menjadi pusat perhatian di seluruh Amerika Serikat bahkan dunia. Setidaknya pada tahun lalu saja sudah terjadi hingga puluhan kali dan yang paling menyita perhatian publik saat itu terjadi pada bulan Oktober 2017 dan Desember 2017. 

Ketika itu, pada bulan Oktober 2017 telah menewaskan sebanyak 44 orang dengan menghanguskan lahan seluas 99.148 hektar sedangkan bulan Desember 2017 lalu mencatatkan rekor dengan menghanguskan seluas 204.730 yang artinya kebakaran terbesar sejak terakhir pada tahun 1932 lalu. Sepanjang tahun 2018 setidaknya sudah menewaskan sebanyak 21 orang hingga saat ini dari 55 kasus kebakaran besar di California.

Baca Juga: Kebakaran Hutan California Tewaskan Dua Petugas Pemadam

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya