Comscore Tracker

Kebakaran Hutan di Sekitar Gunung Table, Ratusan Orang Dievakuasi 

Api di sekitar telah menyebar luas dengan begitu cepat

Cape Town, IDN Times - Kebakaran hutan di sekitar Taman Nasional Gunung Table di Cape Town, Afrika Selatan, pada hari Minggu, 18 April 2021, waktu setempat menyebabkan sebanyak ratusan mahasiswa telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Nyala api di sekitar lokasi kejadian telah menyebar luas begitu cepat. Apa penyebab peristiwa tersebut?

1. Sebuah restoran di sekitar lokasi kejadian juga terkena dampaknya

Kebakaran Hutan di Sekitar Gunung Table, Ratusan Orang Dievakuasi Kebakaran di sekitar Taman Nasional Gunung Table di Cape Town, Afrika Selatan, pada hari Minggu, 18 April 2021, waktu setempat. (Twitter.com/JoVLande)

Dilansir dari BBC, kebakaran hutan di sekitar Taman Nasional Gunung Table telah menyebar ke kampus University of Cape Town yang memaksa ratusan mahasiswa dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Sebuah restoran yang berada di dekat lokasi kejadian juga terkena dampak peristiwa kebakaran ini. Sebanyak 4 helikopter diturunkan dengan menurunkan bom air di lokasi peristiwa tersebut dan lebih dari 120 petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.

Seorang wanita yang berada di lokasi kejadian mengatakan dia telah mencoba lari dari lokasi itu serta memposting sebuah video di media sosial Twitter yang menunjukkan adanya gumpalan asap. Para warga sekitar telah diperingatkan mengenai asap kebakaran serta disarankan untuk menutup jendela dan pintu. Sementara itu, para pendaki di Taman Nasional Gunung Table telah didesak untuk menghindari lokasi kejadian serta para pengemudi yang telah memarkirkan kendaraannya di daerah tersebut untuk segera mengambil kendaraan mereka.

2. Sebanyak 2 petugas pemadam kebakaran dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami luka-luka

Kebakaran Hutan di Sekitar Gunung Table, Ratusan Orang Dievakuasi Kebakaran di sekitar Taman Nasional Gunung Table di Cape Town, Afrika Selatan, pada hari Minggu, 18 April 2021, waktu setempat. (Twitter.com/PetersenLab_UCT)

Sebanyak 2 petugas pemadam kebakaran mengalami luka-luka dan dibawa ke rumah sakit terdekat ketika mencoba memadamkan api yang terus berkobar. Juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Cape Town City, Jermaine Carelse, mengatakan bahwa mereka diberitahu mengenai kebakaran sekitar pukul 8:45 pagi waktu setempat. Penyebab kebakaran hutan sendiri dipicu oleh api dari kotak vagrant yang kosong serta angin sehingga begitu cepat menyebar ke beberapa tempat.

Untuk bisa memadamkan api tersebut diperkirakan memakan waktu selama 3 hari ke depan dan menurut pihak petugas pemadam kebakaran. Pihak Taman Nasional Gunung Table mengatakan bahwa berdasarkan Indeks Berbahaya Kebakaran pada saat kejadian tergolong ekstrim, yaitu dengan status "Red" dengan suhu tercatat 36 derajat Celcius dan kelembaban relatif yang sangat rendah dibawah 10 persen sehingga api bisa menyebar luas dengan cepat.

Baca Juga: Kebakaran di Tepoztlán Hanguskan Ratusan Hektar Hutan

3. Walikota Cape Town mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu memadamkan kebakaran itu

Kebakaran Hutan di Sekitar Gunung Table, Ratusan Orang Dievakuasi Kebakaran di sekitar Taman Nasional Gunung Table di Cape Town, Afrika Selatan, pada hari Minggu, 18 April 2021, waktu setempat. (Twitter.com/wesleyfestersa)

Walikota Cape Town, Dan Plato, berterima kasih kepada berbagai pihak yang membantu upaya pemadaman kebakaran tersebut serta menghargai upaya petugas pemadam kebakaran yang tak kenal lelah dalam mengendalikan kebakaran besar ini. Ia juga merasa sangat sedih setelah beberapa properti dan bangunan bersejarah rusak akibat kebakaran itu dan sungguh tragis bahwa harta karun sastra telah hilang setelah perpustakaan di University of Cape Town terkena dampaknya. Akan tetapi, ia diberi tahu bahwa beberapa karya paling berharga berhasil diselamatkan sebelumnya.

Juru bicara Pusat Manajemen Resiko Bencana (DRMC), Charlotte Powell, menyarankan agar sumbangan apapun diserahkan kepada stasiun pemadam kebakaran setempat, Roeland Street, berupa air, minuman energi, ataupun obat tetes mata. Seperti yang diketahui, Gunung Table adalah gunung beratap datar yang menghadapi ke Cape Town dan merupakan daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Cape Town, sedangkan Taman Nasional di sekitar Gunung Table memiliki luas sekitar 25 ribu hektar dan merupakan rumah bagi 8.200 spesies tumbuhan.

Baca Juga: Kebakaran Hutan Besar Terjadi di Meksiko Timur Laut

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya