Comscore Tracker

Kenya Blokir Penerbangan Dua Arah ke Somalia

Pemblokiran tersebut berlaku selama 3 bulan ke depan

Nairobi, IDN Times - Hubungan antara Kenya dan Somalia dikabarkan mulai pulih, pemerintah Kenya justru memblokir penerbangan dari dan ke Somalia pada hari Selasa, 11 Mei 2021, waktu setempat. Pemblokiran tersebut diberlakukan selama 3 bulan ke depan. Bagaimana awal ceritanya?

1. Pengumuman tersebut telah mengejutkan beberapa pejabat penerbangan dan agen perjalanan Somalia

Dilansir dari Aljazeera.com, Kenya telah menangguhkan penerbangan dari dan ke Somalia hanya beberapa hari setelah hubungan antara kedua negara ini telah dinormalisasi menyusul adanya ketegangan selama beberapa bulan terakhir. Pada hari Selasa, 11 Mei 2021, waktu setempat, pihak Otoritas Penerbangan Sipil Kenya (KCAA) mengatakan tanpa memberikan alasan bahwa penerbangan ke dan dari Somalia akan dihentikan selama 3 bulan ke depan. 

Direktur Jenderal KCAA, Gilbert Kibe, mengatakan bahwa pemblokiran tersebut merupakan murni dari keputusan pemerintah Kenya. Pengumuman tersebut tampaknya mengejutkan beberapa pejabat penerbangan dan agen perjalanan Somalia. Pemblokiran tersebut dilakukan sehari setelah Somalia mengatakan pengiriman khat (daun narkotika) dari Kenya tetap ditahan.

2. Kedua negara ini sempat memutuskan hubungan diplomatik pada bulan Desember 2020 lalu

Kenya Blokir Penerbangan Dua Arah ke SomaliaSuasana di sekitar salah satu wilayah yang berada di Kenya. (Pixabay.com/Peggy_Marco)

Pada bulan Desember 2020 lalu, kedua negara ini sempat memutuskan hubungan diplomatik dengan tuduhan pelanggaran terus-menerus yang dilakukan Kenya terhadap kedaulatan Somalia serta campur tangan dalam urusan internal. Akan tetapi, Kenya pada saat itu membantah tudingan tersebut.

Pihak Somalia telah lama tersinggung atas apa yang disebutnya campur tangan Kenya di wilayah perbatasannya, sementara Kenya menuduh Somalia menggunakannya sebagai kambing hitam untuk masalah politiknya sendiri. Kedua negara ini juga telah terlibat dalam sengketa teritorial berkepanjangan atas hamparan Samudera Hindia, yang diklaim oleh kedua negara, diyakini memiliki simpanan minyak dan gas yang berharga, serta telah mencari arbitrase internasional atas masalah tersebut.

Baca Juga: Somalia dan Kenya Pulihkan Hubungan Diplomatik

3. Uniknya, Somalia justru mengizinkan pengiriman khar dari Ethiopia sejak tahun 2020 lalu

Kenya Blokir Penerbangan Dua Arah ke SomaliaIlustrasi barang dagangan. (Pixabay.com/Tama66)

Mengenai pengiriman khat, Somalia justru mulai mengizinkan penerbangan dari Ethiopia untuk mengangkut khat sejak tahun 2020 lalu, namun akhir-akhir ini justru menahan pengiriman khat dari Kenya. Setidaknya 4 penerbangan yang membawa khat tiba di Somalia setiap hari dari kota Dire Dawa, Ethiopia. Bisnis khat telah menguntungkan banyak petani yang ada di Kenya.

Sebelum pemblokiran terjadi, sebanyak 15 penerbangan dari Kenya yang membawa obat perangsang narkotika biasa melakukan pengiriman di beberapa wilayah Somalia per hari. Penangguhan yang berlanjut menyangkal pendapatan sebesar jutaan dolar Amerika Serikat bagi petani Kenya dari bisnis dengan Somalia. 

Baca Juga: Somalia dan Kenya Pulihkan Hubungan Diplomatik

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya