Comscore Tracker

Kepala Keuangan Huawei Akui Terima Banyak Ancaman

Hal itu dialaminya saat berstatus sebagai tahanan rumah

Vancouver, IDN Times - Kepala Keuangan Huawei, Meng Wanzhou, mengakui bahwa ia telah menerima banyak ancaman pembunuhan selama ini melalui pos. Hal ini dialaminya saat menyandang status sebagai tahanan rumah di Vancouver, Kanada. Bagaimana awal ceritanya?

1. Seorang saksi mengungkapkan bahwa Meng telah menerima sekitar 5-6 surat ancaman

Kepala Keuangan Huawei Akui Terima Banyak AncamanKepala Keuangan Huawei, Meng Wanzhou. (Twitter.com/molkoreports)

Dilansir dari The Guardian, ancaman tersebut diungkapkan oleh Kepala Operasi Lions Gate Risk Management, Doug Maynard, sebuah perusahaan yang menyediakan detail keamanan, mengatakan bahwa Meng telah menerima sekitar 5-6 surat ancaman di kediamannya pada bulan Juni 2020 dan Juli 2020. Departemen Kepolisian Vancouver terlibat dalam memeriksa bukti-bukti ancaman tersebut, Maynard telah bersaksi di pengadilan tertinggi British Columbia. Surat-surat tersebut datang dan mudah dikenali dengan tanda pada bagian luarnya.

Lions Gate bekerja sama dengan Meng dan stafnya untuk memastikan bukti tidak terkontaminasi dan membuka surat untuk mengkonfirmasi bahwa mereka adalah ancaman serta menambahkan bahwa terkadang ada peluru di dalam amplop surat. Identitas pengirim dan motif dibalik ancaman tersebut tidak diungkapkan ke publik, begitu juga dengan peran pasti dari Kepolisian Vancouver serta hasil investigasi yang tidak jelas sampai saat ini.

2. Belum lama ini, pihak imigrasi memberikan izin kepada anggota keluarga dari Meng Wanzhou untuk berkunjung ke Kanada

Kepala Keuangan Huawei Akui Terima Banyak AncamanKepala Keuangan Huawei, Meng Wanzhou, bersama suaminya, Liu Xiaozong. (Twitter.com/molkoreports)

Belum lama ini, pejabat imigrasi telah memberikan izin kepada anggota keluarga Meng Wanzhou untuk berkunjung ke Kanada dan keputusan tersebut dibuat sesuai dengan hukum yang berlaku di Kanada dan dengan ketat mematuhi perjalanan. Pihak Global Affairs mengatakan bahwa anggota keluarga Meng diberikan izin untuk datang ke Kanada melalui proses yang memungkinkan anggota keluarga warga negara asing dengan mengunjungi Kanada sementara. 

Dalam pengadilan yang digelar pekan ini, Liu Xiaozong mengklaim kehadiran penjaga yang terus-menerus juga mencegah keluarganya menghabiskan waktu bersama tanpa menarik perhatian banyak orang yang ingin mengambil gambar Meng di tengah kasus tersebut. Proses ekstradisi sendiri diperkirakan akan mulai pada bulan Maret 2021 ini dan berlanjut dalam berbagai tahapan hingga akhir April 2021 ini. Bagian pembelaan dari persidangan akan melibatkan upaya pembelaan agar kasus tersebut dialihkan karena dugaan pelanggaran hak dari Meng sendiri.

Baca Juga: Inggris Blokir Teknologi 5G Huawei Mulai September 2021

3. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, sebelumnya menolak berkomentar terkait laporan kesepakatan pembelaan untuk Meng Wanzhou

Kepala Keuangan Huawei Akui Terima Banyak AncamanPerdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (Instagram.com/justinpjtrudeau)

Pada hari Jumat, 4 Desember 2020 lalu, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, sebelumnya menolak berkomentar mengenai laporan kesepakatan pembelaan Amerika Serikat untuk Meng Wanzhou, yang berstatus sebagai tahanan rumah. Menurutnya, selama hampir 2 tahun belakangan ini, pihaknya telah bekerja keras untuk membawa pulang kedua warga negara Kanada yang ditahan di Tiongkok. Menurutnya, ini merupakan sangat sulit bagi mereka dan orang yang mereka cintai serta pihaknya akan terus membela warga negara Kanada di manapun mereka berada.

Pihak Departemen Kehakiman Amerika Serikat saat itu sedang membahas kesepakatan yang akan memungkinkan Meng untuk pulang ke Tiongkok dengan imbalan mengakui kesalahan dalam kasus pidana. Pejabat Kehakiman serta pengacara Meng telah membahas prospek perjanjian penuntutan yang ditangguhkan untuk menangani tuduhan penipuan. Di bawah perjanjian tersebut, Meng harus mengakui beberapa dakwaan, tetapi pihak jaksa penuntut akan setuju untuk menunda dan kemudian mencabutnya jika bekerja sama.

Baca Juga: Huawei Tak Terima Peserta Lelang Spektrum 5G Dilarang Pakai Produknya

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya