Tuding Sebagai "Hakim Obama", Ketua Mahkamah Agung AS Tegur Trump

Trump menjelaskan kritiknya melalui cuitan twitternya

Washington D.C., IDN Times - Ketua Mahkamah Agung Amerika Serikat, John Roberts, secara mengejutkan menegur Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, terkait kritikan yang dilontarkannya kepada para hakim. Sebelumnya, Trump menilai para hakim tersebut dianggap sebagai "hakim Obama". Bagaimana awal ceritanya?

1. Isi teguran Roberts terhadap Trump

Tuding Sebagai Hakim Obama, Ketua Mahkamah Agung AS Tegur Trumptwitter.com/thehill

Dilansir dari CNN, John Roberts menanggapi kritikan orang nomor satu di Amerika Serikat ini. Roberts menilai tidak ada hakim-hakim yang berpihak pada salah satu Presiden di Amerika Serikat.

"Kami tidak memiliki hakim-hakim atau hakim-hakim Trump, hakim-hakim Bush atau hakim-hakim Clinton. Apa yang kita miliki adalah sekelompok hakim yang luar biasa yang melakukan yang terbaik untuk melakukan hak yang sama dengan yang muncul di hadapan mereka. Peradilan yang independen itu adalah sesuatu yang patut kita syukuri," ungkap Roberts dengan tegas seperti yang dikutip dari CNN

Ini adalah pertama kalinya Roberts memberikan teguran kepada Trump. Sebelumnya, Trump menilai para hakim saat ini dinilai tidak begitu efisien dalam masalah "9th Circuit".

Baca Juga: Trump Buat Cuitan di Twitter Menyindir Presiden Perancis, Macron

2. Trump kembali menanggapi komentar Roberts melalui cuitannya di Twitter

Tuding Sebagai Hakim Obama, Ketua Mahkamah Agung AS Tegur Trumptwitter.com/realDonaldTrump

Teguran John Roberts terhadap Trump ini membuat Trump membuat sebuah cuitan yang bertujuan maksud dari kritikannya kepada para hakim ini. Trump melalui akun Twitternya @realDonaldTrump menanggapi bahwa mereka dianggap sebagai "hakim Obama" karena para hakim ini memiliki sudut pandang jauh yang berbeda. 

"Maaf, Hakim Agung John Roberts, tetapi Anda memang memiliki 'hakim-hakim Obama,' dan mereka memiliki sudut pandang yang jauh berbeda dari orang-orang yang dituduh dengan keselamatan negara kita. Akan lebih bagus lagi jika "9th Circuit" memang merupakan 'Peradilan yang independen,' tetapi jika itu sebabnya begitu banyak pandangan yang bertentangan (pada Perbatasan dan Keselamatan) kasus diajukan di sana, dan mengapa sejumlah besar kasus-kasus terbalik. Silakan mempelajari angka-angka, mereka mengejutkan. Kita perlu perlindungan dan keamanan - keputusan ini membuat negara kita tidak aman! Sangat berbahaya dan tidak bijaksana!," ungkap isi cuitan Donald Trump melalui akun Twitter miliknya sendiri @realDonaldTrump.

3. Ternyata Trump pernah menyebut Roberts dengan sebutan "mimpi buruk bagi kalangan konservatif"

Tuding Sebagai Hakim Obama, Ketua Mahkamah Agung AS Tegur Trumptwitter.com/TheOpinionPoll

Jauh sebelum masalah ini, hubungan Trump dengan Roberts sebenarnya kurang baik dalam beberapa tahun yang lalu. Di tahun 2012, Trump pernah menyinggung Roberts yang telah mendukung Obamacare dengan membuat cuitan "Selamat kepada John Roberts karena membuat Amerika membenci Mahkamah Agung karena BS-nya". Tak hanya itu saja, Trump pernah menganggap Roberts sebagai "mimpi buruk bagi kalangan konservatif" dalam sebuah wawancara di salah satu stasiun televisi Amerika Serikat, ABC. 

Tak sampai di situ, semenjak menjadi Presiden, Trump sudah beberapa kali menyampaikan kritikan keras kepada para hakim yang dianggap menentang berbagai kebijakannya. Maka tak heran jika Roberts mulai menegur Trump seperti yang ditunjukkannya belum lama ini dan ini adalah pemandangan langka ketika seorang pejabat senior pengadilan berbenturan dengan orang nomor satu di Amerika Serikat ini.

Baca Juga: Gedung Putih Cabut Izin Reporter CNN Usai Berdebat dengan Trump

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya