Keturunan Israel, April Benayoum Jadi Korban Rasisme

Ujaran kebencian yang dilontarkan menuai kecaman keras

Paris, IDN Times - Salah satu peserta kontes kecantikan Miss Prancis 2021, April Benayoum, mendapatkan komentar rasisme oleh para netizen setelah diketahui ia memiliki darah Israel. Ujaran kebencian yang dilancarkan terhadap April Benayoum mendapatkan kecaman keras dari berbagai pihak. Bagaimana awal ceritanya?

1. Benayoum telah mengetahui komentar rasis yang diarahkan kepadanya

Keturunan Israel, April Benayoum Jadi Korban RasismeMiss Provence 2020, April Benayoum. (Instagram.com/aprilbenayoum)

Dilansir dari BBC, April Benayoum menjadi sasaran pelecehan anti-Semit di media sosial oleh para netizen setempat yang berujung pada penyelidikan oleh kepolisian setempat. Ia sendiri mengungkapkan asal-usul Israel dalam sebuah sesi wawancara di acara Miss Prancis 2021 sehingga para netizen beramai-ramai langsung melontarkan nada-nada rasisme ke dirinya. Kicauan itu sendiri mendapatkan kutukan keras dari para pejabat Prancis dan kelompok komunitas Yahudi.

Benayoum sendiri mengakui telah membaca komentar netizen yang dianggap menyinggung dirinya ini dan merasa sangat menyedihkan jika masih ada komentar seperti itu di tahun 2020 ini. Ia juga menambahkan sangat mengutuk komentar rasisme .yang dilontarkan kepadanya. Menteri Dalam Negeri Perancis, Gerald Darmanin, mengatakan sangat terkejut dengan adanya komentar hujat anti-Semit bahkan penyelenggara acara Miss Prancis juga mengecam keras komentar tersebut yang tidak sejalan dengan nilai-nilai acara, produksi acara, dan pertunjukan.

2. Meski mendapatkan komentar rasis, April Benayoum sukses meraih runner-up Miss Prancis 2021

Keturunan Israel, April Benayoum Jadi Korban RasismeMiss Provence 2020, April Benayoum. (Instagram.com/aprilbenayoum)

Kompetisi Miss Prancis 2021 merupakan kompetisi kontes kecantikan di Prancis yang telah diselenggarakan ke-100 pada tahun ini. Miss Prancis 2021 telah dimenangkan oleh Amandine Petit dengan mengalahkan 29 kontestan lainnya sedangkan April Benayoum berhasil mencapai posisi runner-up, meski mendapatkan komentar rasisme. Kontes kecantikan ini mendapatkan sorotan akhir-akhir ini akibat nada rasisme yang mengarah kepada April Benayoum.

Seperti yang diketahui, Prancis merupakan negara dengan populasi Yahudi terbesar di Eropa yang mencapai setengah juta dan mereka telah mengalami serangan rasisme anti-Semit dalam beberapa tahun terakhir ini. Pemerintah Prancis sendiri menghadapi tekanan untuk menanggapi kekerasan dan pelecehan terhadap orang Yahudi di negaranya. Sebuah survei yang dilakukan oleh Uni Eropa mengatakan bahwa 95 persen komunitas Yahudi di Perancis melihat anti-Semit sebagai masalah yang sangat besar.

Baca Juga: Media di Selandia Baru Minta Maaf Atas Kasus Rasisme pada Suku Maori

3. Perjalanan April Benayoum menuju kontes kecantikan Miss Prancis

Keturunan Israel, April Benayoum Jadi Korban RasismeMiss Provence 2020, April Benayoum. (Instagram.com/aprilbenayoum)

Wanita berusia 21 tahun ini sebelumnya meraih gelar Miss Provence 2020, yang membuatnya berhak mewakili Provence untuk bisa tampil di Miss Prancis 2021. Ternyata, wanita kelahiran Eugilles, Provence, Prancis ini memiliki seorang nenek, yang juga mantan peserta kontes kecantikan dengan tampil di Miss Marseille saat itu.

Inilah yang menginspirasi April Benayoum untuk bisa tampil di kontes kecantikan Miss Prancis hingga pada akhirnya meraih runner-up di kontes kecantikan tersebut. Sebuah pelajaran yang diperoleh dari April Benayoun, di mana meski dihujat oleh para netizen setempat, ia membuktikan kepada banyak orang bahwa dia mampu berprestasi di bidang kecantikan seperti yang diraihnya belum lama ini. 

Baca Juga: 5 Tokoh Dunia yang Berjuang Keras Lawan Rasisme, Siapa Saja?

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya