5 Korban yang Terjebak Dalam Gua Telah Diberikan Penghargaan

Bentuk penghargaan seperti apa kira-kira?

Bangkok, IDN Times - Beberapa waktu lalu terjadi sebuah kejadian yang menghebohkan dunia, setelah berhasil menyelamatkan satu tim dari klub sepak bola yang terjebak dalam gua. Setelah beberapa minggu berhasil diselamatkan, lima anggota di antaranya telah diberikan penghargaan. Bagaimana awal ceritanya?

1. Mereka diberikan penghargaan kewarganegaraan

5 Korban yang Terjebak Dalam Gua Telah Diberikan Penghargaantwitter.com/bangkokcharlie

Dilansir dari BBC, pemerintah Thailand telah memberikan penghargaan kepada 5 anggota dari tim sepakbola Wild Boars, yang diantaranya adalah seorang pelatih beserta 4 pemain. Mereka termasuk dari sekitar 480 ribu yang tinggal di Thailand tanpa kewarganegaraan.

Padahal ini merupakan isu lama yang seharusnya sudah bisa diatasi. Namun demikian, terungkapnya sebanyak 4 anggota dari tim ini membuat pemerintah setempat mempercepat status kewarganegaraan mereka.

"Hari ini Anda semua mendapatkan kewarganegaraan Thailand," ungkap kepala distrik Mae Sai, Somsak Khanakham, seperti yang dikutip dari Channelnewsasia.com.

2. Banyak sekali warga yang tinggal di Thailand tanpa kewarganegaraan karena hidup di wilayah perbatasan

5 Korban yang Terjebak Dalam Gua Telah Diberikan Penghargaantwitter.com/ENStatelessness

Banyak sekali para warga yang menetap di Thailand tanpa memiliki status kewarganegaraan, disebabkan karena berasal dari suku nomaden serta kelompok etnis lain yang selama berabad-abad tinggal di daerah perbatasan Thailand, Myanmar, Laos, dan Tiongkok.

Satu korban selamat yang diketahui bernama Adul Som-on berasal dari Myanmar Wa State, sebuah wilayah dengan pemerintahan sendiri. Kini, mereka memiliki status kewarganegaran Thailand yang terus melekatnya seumur hidup.

3. Kisah penyelamatan mereka yang dinilai 'misi mustahil'

5 Korban yang Terjebak Dalam Gua Telah Diberikan Penghargaantwitter.com/STcom

Penyelamatan para korban ini merupakan sebuah misi mustahil yang dilakukan oleh tim penyelamat dari berbagai negara. Uniknya, seluruh skuat bersama pelatih dan para staf dinyatakan selamat setelah terjebak selama beberapa minggu di dalam gua. Mereka menghabiskan hari demi hari dengan meminum air hujan.

Seluruh dunia tertuju pada peristiwa ini. Sehingga beberapa negara di antaranya mengirimkan regu penyelamat untuk membantu menyelamatkan mereka keluar dari gua. Setelah mereka ditemukan selamat, para korban menjalani operasi yang begitu rumit.

Rupanya aksi penyelamatan ini dilirik oleh sebuah rumah produksi Hollywood. Akan tetapi pihak berwenang justru meminta mereka untuk menjaga jarak hingga pemulihan serta menghindari trauma akibat peristiwa ini.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya