Lauren Underwood, Wanita Termuda Kulit Hitam Pertama di Kongres AS

Ia adalah anggota kongres wanita kulit hitam termuda

Washington D.C., IDN Times - Pelantikan Kongres Amerika Serikat yang digelar pada hari Kamis, 3 Januari 2019, lalu mendapatkan sorotan publik. Pasalnya, pada periode kali ini, beberapa anggota Kongres yang baru dilantik ini menciptakan sejarah. Salah satunya adalah Lauren Underwood, anggota Kongres wanita berkulit hitam termuda sepanjang sejarah Kongres Amerika Serikat.

Berikut profil lengkap mengenai Lauren Underwood.

1. Awalnya, Lauren adalah seorang perawat dengan gelar magister

Lauren Underwood, Wanita Termuda Kulit Hitam Pertama di Kongres AStwitter.com/blkgirlsrelate

Dilansir dari situs resmi milik Lauren Underwood, Underwoodforcongress.com, ia lahir di Mayfield Heighs, Ohio, Amerika Serikat, pada tanggal 4 Oktober 1986. Dengan demikian, ia saat ini berusia 32 tahun sehingga membuatnya menjadi wanita berkulit hitam termuda sepanjang sejarah Kongres Amerika Serikat. Lauren saat ini menjadi kader dari partai Demokrat.

Ia memiliki pendidikan lulusan perawat yang memiliki lisensi di 3 yurisdiksi yakni Maryland, Washington D.C., dan Illinois. Ia merupakan spesialis dalam keperawatan masyarakat dan memiliki dua gelar Master yakni bidang Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan. Sebelumnya, Lauren memperoleh gelar Sarjana Ilmu Keperawatan dari University of Michigan dan telah menyelesaikan ribuan jam praktek di berbagai pengaturan termasuk perawatan intensif anak, departemen kesehatan setempat, program parsial psikiatris, dan unit bedah medis.

Setelah luluis dari Magna cum Laude dari University of Michigan pada tahun 2008, Lauren mendaftar di program Magister di Johns Hopkins University, dimana ia bekerja sebagai perawat khusus penelitian.

2. Lauren memulai karir politik pada tahun 2014

Lauren Underwood, Wanita Termuda Kulit Hitam Pertama di Kongres AStwitter.com/ajplus

Lauren memulai karir politik sejak tahun 2014 dengan bergabung menjadi asisten Presiden Amerika Serikat saat itu, Barack Obama. Di tahun 2016, ia menjadi penasihat senior di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) Amerika Serikat, tempat ia bekerja untuk menerapkan Undang-Undang Perlindungan Pasien dan Perawatan Terjangkau.

Pada bulan Agustus 2017, Underwood mengumumkan pencalonannya dalam Pemilihan Kongres 2018 untuk Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat di Distrik Kongres ke-14 Illinois. Dalam pemilihan utama Demokrat pada bulan Maret 2018, ia berhasil menang dengan perolehan suara sebesar 57% atas 6 kandidat lainnya di wilayah Illinois. Pada November 2018, Underwood secara resmi lolos terpilih sebagai anggota Kongres Amerika Serikat setelah mengalahkan kandidat dari partai Republik, Randy Hultgren, dengan raihan suara sebesar 52,5%

Underwood tak sendiri mewakili Illinois yang dilantik pada hari Kamis, 3 Januari 2019, lalu. Ada 2 nama yang berasal dari partai yang sama, yakni Sean Casten dan Jesus "Chuy" Garcia. "Saya belajar menjadi wanita kulit hitam di komunitas ini. "Ini adalah rumahku, dan gagasan bahwa aku mungkin tidak cocok adalah gagasan yang tidak pernah aku pertimbangkan," ungkap pernyataan Underwood seperti yang dikutip dari Nbcnews.com.

3. Isu-isu yang dibawa oleh Underwood sebagai anggota Kongres Amerika Serikat

Lauren Underwood, Wanita Termuda Kulit Hitam Pertama di Kongres AStwitter.com/BETherTV

Isu-isu yang dibawa Lauren sebagai anggota Kongres Amerika Serikat diantaranya mengurangi kekerasan senjata, meningkatkan investasi di bidang pendidikan serta ketersediaan pinjaman siswa dengan subsidi yang terjangkau, mendukung investasi yang berperan dalam lingkungan hidup, memberikan kesempatan kepada semua migran, mendukung hak-hak perempuan, dan mementingkan keamanan nasional.

Lauren akan menjabat sebagai anggota Kongres pada tanggal 3 Januari 2019 hingga tahun 2021. Jika kinerja Lauren baik selama sebagai anggota Kongres, bukan tak mungkin ia bisa terpilih lagi dalam beberapa periode ke depan.

Baca Juga: Mengenal Alexandria Ocasio-Cortez, Anggota Kongres AS Termuda

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya