Comscore Tracker

Ledakan Kembang Api di South Carolina, 2 Orang Tewas

Pemadam kebakaran menilai mereka berada di rumah saat itu

South Carolina, IDN Times - Peristiwa ledakan besar yang disebabkan oleh kembang api di wilayah South Carolina, Amerika Serikat, menyebabkan 2 orang tewas pada hari Selasa, 16 Maret 2021, waktu setempat. Pihak pemadam kebakaran yang ikut terjun dalam memadamkan api tersebut mengatakan bahwa kedua korban tersebut berada di dalam rumah saat peristiwa terjadi. Bagaimana awal ceritanya?

1. Sekitar 50 petugas pemadam kebakaran ikut memadamkan api dalam waktu berjam-jam

Dilansir dari Independent.co.uk, sekitar 2 orang tewas ketika tempat penyimpanan kembang api besar meledak di wilayah South Carolina pada hari Selasa, 16 Maret 2021, waktu setempat yang memicu serangkaian ledakan yang mengguncang lingkungan perumahan dan menimbulkan asap besar. Pihak berwenang, termasuk FBI, sedang menyelidiki ledakan kembang api tingkat komersial di Ontario, sekitar 35 mil dari timur wilayah Los Angeles, Amerika Serikat.

Kembang api dianggap ilegal di Ontario, seperti halnya banyak di kota-kota yang ada di South Carolina. Kepala Kepolisian Ontario, Mike Lorenz, mengatakan para petugas telah dipanggil ke daerah itu sebelumnya untuk laporan kembang api yang dinyalakan. Para pejabat setempat mengatakan selama konferensi pers bahwa mereka tidak tahu dari mana asal kembang api dalam ledakan tersebut atau apa yang terjadi di rumah tempat ledakan dimulai.

2. Seorang tetangga di sekitar lokasi kejadian mengaku rumahnya bergetar saat peristiwa terjadi

Ledakan Kembang Api di South Carolina, 2 Orang TewasLokasi peristiwa ledakan kembang api yang terjadi di Ontario, South Carolina, pada hari Selasa, 16 Maret 2021, waktu setempat. (Twitter.com/parkercollinstv)

Baca Juga: Ledakan Dashyat di Guinea-Ekuatorial Tewaskan 20 Orang

Seorang tetangga sekitar di lokasi kejadian bernama Steve Bailey mengatakan bahwa seluruh rumahnya bergetar sejak ledakan pertama kali terjadi dan ia merasakan seperti ada sesuatu yang menabrak atap rumah atau sebuah mobil menabrak rumah. Begitu juga dengan tetangga lain bernama Arlene Fiero mengatakan pernah ada masalah dengan rumah tersebut sebelumnya begitu dia mendengar sesuatu saat dia mulai merekam peristwa itu. Rekamannya menunjukkan dia bertanya mengenai keselamatan orang lain di rumahnya sendiri dan kemudian serangkaian ledakan telah memecahkan kaca sehingga menciptakan pemandangan yang menakutkan.

Tetangga lainnya bernama Suzie Owens mengatakan telah terlempar lebih dari sekali karena kekuatan yang ditimbulkan dari beberapa ledakan. Setelahnya dia masuk kembali ke rumahnya dan ledakan lain terjadi dan melemparkannya ke arah dinding. Beberapa blok dari lokasi kejadian dengan sebuah rekaman yang direkam oleh saksi mata menunjukkan asap mengepul di atas api sementara suara khas kembang api terdengar sangat jelas. Sementara itu, beberapa alarm mobil yang dibunyikan juga bisa didengar.

Sebanyak 50 petugas pemadam kebakaran terlibat dalam memadamkan api selama beberapa jam. Para pejabat setempat merasa khawatir dengan kemungkinan lebih banyak kembang api yang belum meledak di rumah tersebut. Sekelompok penjinak bom juga menyisir tempat peristiwa sebelum petugas pemadam kebakaran berpindah ke rumah tersebut.

3. Aturan yang berlaku mengenai penggunaan kembang api di South Carolina

Ledakan Kembang Api di South Carolina, 2 Orang TewasIlustrasi palu pengadilan. (Pixabay.com/succo)

Penggunaan kembang api di South Carolina dianggap ilegal apabila tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Syarat-syarat bagi yang ingin membeli kembang api berdasarkan aturan yang berlaku yakni harus berusia minimal 16 tahun dan selain itu, kembang api yang dinyatakan ilegal adalah mengandung komposisi kembang api yang melebihi 2 butir, yang dirancang untuk menghasilkan efek suara yang begitu keras.

Kembang api yang diizinkan di South Carolina seperti mortir, pemintal, kembang api berbentuk kue, dan kembang api udara. Menurut Marsekal Pemadam Kebakaran setempat, Jonathan Jones, selama liburan tanggal 4 Juli (hari kemerdekaan Amerika Serikat), sebanyak ratusan pertunjukan kembang api profesional yang diizinkan telah tersedia bagi warga South Carolina untuk menikmati perayaan tersebut. Selain itu, para warga dapat berkonsultasi dengan petugas pemadam kebakaran setempat untuk pertunjukan kembang api di daerah mereka.

Menurut aturan yang berlaku, waktu yang tepat untuk menggunakan kembang api dapat dilakukan hingga maksimal jam 1 pagi waktu setempat serta tata cara kebisingan dari kembang api yang diperpanjang setiap tanggal 4 Juli dan 31 Desember setiap tahunnya.

Baca Juga: 12 Petugas Keamanan Somalia Tewas karena Ledakan Bom 

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya