Comscore Tracker

Makan Daging Monyet Langka, 6 Orang Ditangkap di Vietnam

Kegiatan ini juga disiarkan langsung di sosial media

Hanoi, IDN Times - Sebanyak 6 orang telah ditangkap oleh kepolisian Vietnam lantaran tertangkap makan daging monyet langka. Kegiatan ini sendiri diketahui saat salah seorang pelaku merekam secara langsung di sosial media. Bagaimana awal ceritanya?

1. Para pelaku diketahui telah berusia 35 hingga 59 tahun

Makan Daging Monyet Langka, 6 Orang Ditangkap di Vietnamtuoitrenews.vn

Dilansir dari BBC, sebanyak 6 orang telah ditangkap oleh kepolisian Vietnam atas kasus memakan daging monyet langka dan direkam secara langsung di sosial media sehingga bisa disaksikan langsung oleh para pengguna media sosial setempat. Para pelaku diketahui berusia 35 hingga 59 tahun dan kejadian tersebut terjadi pada bulan November 2018 lalu, meski belum diketahui tanggal pasti kejadian tersebut. Pihak kepolisian mengatakan para pelaku telah melanggar Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar.

"Butuh waktu bagi kami untuk mengetahui tersangka yang terlibat," ungkap pernyataan pihak kepolisian Vietnam seperti yang dikutip dari BBC. Kepolisian menambahkan bahwa salah seorang pelaku membeli monyet jenis lutung pemakan daun ini dengan harga 1,1 juta dong atau setara dengan Rp 687 ribu.

2. Praktik penjualan hewan-hewan langka untuk dikonsumsi mengalami peningkatan di Vietnam

Makan Daging Monyet Langka, 6 Orang Ditangkap di Vietnamtwitter.com/TimesNow

Seperti yang diketahui, Vietnam merupakan negara dengan banyak sekali spesies langka, termasuk hewan Christmas Island Frigatebird dan Buaya Siam. Sayangnya, dengan banyaknya spesies langka ini justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab dengan melakukan perdagangan dan konsumsi spesies-spesies langka karena bisnis ini sangat menguntungkan.

Tidak heran memang praktek seperti ini semakin meningkat di Vietnam. Sementara di Vietnam sudah diberlakukan hukum konservasi lokal dan internasional, para kritikus mengatakan bahwa hukum tersebut tidak selalu ditegakkan dengan benar sehingga para pelaku bebas melakukan praktek seperti ini. 

3. Tahun 2015 lalu, sebanyak 42 ekor trenggiling dijual di beberapa restoran lokal

Makan Daging Monyet Langka, 6 Orang Ditangkap di Vietnamtwitter.com/GatelyMark

Pada tahun 2015 lalu, di Vietnam juga terjadi penjualan sebanyak 42 ekor trenggiling, hewan pemakan semut, ke beberapa restoran lokal di sana. Hal ini menimbulkan berbagai kritikan keras dari berbagai pihak dan akhirnya hewan tersebut disita oleh pihak berwenang. Kepala Departemen Manajemen Hutan Bac Ninh di Vietnam Timur, Le Van Minh, mengatakan pada saat itu mereka telah diserahkan kepada pihak yang berwajib dan bertanggung jawab sesuai hukum yang berlaku.

Seperti yang diketahui, hewan monyet lutung pemakan daun atau yang biasa disebut dengan langur merupakan salah satu hewan paling terancam punah di dunia dan hanya ditemukan di Vietnam Utara.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Vietnam yang Menggoyang Lidah, Kamu Wajib Cobain!

Christ Bastian Waruwu Photo Community Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You