Mantan Pengacara Dipenjara, Trump Nilai Cohen Bisa Saja Tidak Bersalah

Ia justru tidak pernah memerintahkan Cohen melanggar hukum

Washington, IDN Times - Mantan pengacara Donald Trump, Michael Cohen, telah divonis 3 tahun penjara atas berbagai kasus pada hari Rabu, 12 Desember 2018, lalu. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menilai seharusnya Cohen bisa saja "tidak bersalah" dalam kasus ini. Ia justru tidak pernah memerintahkan Cohen untuk melanggar hukum, sebuah pernyataan Cohen yang sempat menuding Trump melakukan itu. Bagaimana awal ceritanya?

1. Trump menuding Cohen seharusnya tahu hukum

Mantan Pengacara Dipenjara, Trump Nilai Cohen Bisa Saja Tidak Bersalahtwitter.com/lawcrimenews

Dilansir dari CNN, Donald Trump memberikan respon mengenai vonis yang diterima mantan pengacaranya, Michael Cohen, pada hari Kamis, 13 Desember 2018, pagi waktu setempat. Trump mengakui tidak pernah mengarahkan Cohen untuk melanggar hukum.

"Saya tidak pernah mengarahkan Michael Cohen untuk melanggar hukum. Dia adalah seorang pengacara dan dia seharusnya tahu hukum," ungkap pengakuan Trump mengenai Cohen seperti yang dikutip dari The Guardian.

Trump juga mengklaim bahwa dia tidak melakukan kesalahan dalam hal hukum dana kampanye dan mengatakan pihak kejaksaan telah membuat sebuah tuduhan yang bertujuan mempermalukannya di depan publik. Ia juga menilai Cohen bisa saja "tidak bersalah" dari pelanggaran kampanye tersebut tetapi pada akhirnya Cohen justru mengaku bersalah di depan pengadilan.

"Dia seorang pengacara. Seorang pengacara yang mewakili klien seharusnya melakukan hal yang benar. Itulah mengapa Anda membayar mereka banyak uang" ungkap pernyataan tambahan Trump seperti yang dikutip dari CNN.

Pengakuan Cohen yang disarankan membayar 2 wanita yang menuduhnya berselingkuh, Trump justru tidak membantah kabar itu dengan tujuan membuat mereka diam sebelum Pemilu Presiden Amerika Serikat tahun 2016 lalu.

2. Ia menilai Cohen bersalah atas kasus yang tidak ada hubungan dengannya

Mantan Pengacara Dipenjara, Trump Nilai Cohen Bisa Saja Tidak Bersalahtwitter.com/Newsweek

Trump menjelaskan Cohen telah bersalah atas berbagai kasus yang tidak ada kaitannya dengannya, seperti penggelapan pajak dan penipuan bank, namun tidak bersalah atas pelanggaran kampanye.

"Cohen bersalah atas banyak tuduhan yang tidak ada hubungannya dengan saya, tetapi dia memohon kepada dua dakwaan kampanye yang bukan kriminal dan yang mungkin dia tidak bersalah bahkan atas dasar sipil. Tuduhan itu hanya disetujui oleh dia untuk mempermalukan presiden dan mendapatkan hukuman penjara yang jauh lebih sedikit, yang dia lakukan-termasuk fakta bahwa keluarganya sementara melepaskan kailnya," ungkap pernyataan Trump yang dikutip dari The Guardian.

Cohen telah bekerja sama dengan pihak berwenang, dan kantor penasihat khusus Robert Mueller mengatakan dia memberikan informasi berharga untuk penyelidikan mereka mengenai campur tangan Rusia dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2016 dan kemungkinan kolusi dengan anggota kampanye Trump.

3. Pihak Gedung Putih tidak berkomentar mengenai percakapan pribadi Trump beberapa waktu lalu

Mantan Pengacara Dipenjara, Trump Nilai Cohen Bisa Saja Tidak Bersalahtwitter.com/thehill

Presiden menuding Cohen adalah seorang pembohong seperti yang diungkapkan salah satu pejabat pemerintah. Sementara pihak Gedung Putih tidak mengomentari percakapan pribadi Trump, seorang pejabat menunjuk pada tweet Trump yang dikirim pekan lalu sebagai indikasi sentimennya.

Trump juga mengatakan tentang kasus Flynn, mengatakan "mereka memberi Jenderal Flynn kesempatan banyak karena mereka malu dengan cara dia diperlakukan". Cohen, Flynn dan mantan kepala kampanye Trump, Paul Manafort, termasuk di antara sejumlah pembantu presiden yang diselidiki oleh tim Mueller. Manafort yang telah dihukum karena penipuan - telah bekerja sama dengan permintaan pengacara khusus.

Tetapi Jumat, 7 Desember 2018, lalu tim Mueller merilis sebuah memo yang menyatakan bahwa dia telah melanggar perjanjian pembelaan dengan berbohong kepada para penyelidik.

Baca Juga: Mantan Pengacara Trump Akhirnya Mengaku Berbohong Kepada Kongres

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya