Menang Pemilu, Sadiq Khan Kembali Jadi Wali Kota London

Ia diketahui memenangkan perolehan suara 55,2 persen

London, IDN Times - Wali kota London, Sadiq Khan, kembali memenangkan Pemilu London 2021 ini sekaligus melanjutkan kiprahnya sebagai orang nomor satu di London pada periode berikutnya. Hasil perhitungan suara menunjukkan bahwa Khan berhasil meraih perolehan suara sebesar 55,2 persen pada hari Sabtu, 8 Mei 2021, waktu setempat. Bagaimana awal ceritanya?

1. Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu London kali ini hanya mencapai 42 persen

Menang Pemilu, Sadiq Khan Kembali Jadi Wali Kota LondonWali kota London, Sadiq Khan, kembali memenangkan Pemilu London 2021 ini. (Twitter.com/SadiqKhan)

Dilansir dari BBC, Khan kembali terpilih sebagai Wali kota London di periode berikutnya, dalam proses perhitungan suara yang begitu ketat, dengan memberikan dorongan kepada oposisi Partai Buruh. Khan telah memenangkan perolehan suara sebesar 55,2 persen suara berbanding 44,8 persen suara yang diperoleh Shaun Bailey, calon Wali kota London dari Partai Konservatif yang berkuasa. Sayangnya, tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu London kali ini hanya mencapai 42 persen, lebih rendah dari pada Pemilu London sebelumnya di tahun 2016 lalu.

Khan merasa sangat tersanjung dengan kepercayaan yang diberikan warga London kepadanya untuk terus memimpin kota terbesar di dunia ini dan saat kampanye berlangsung, Khan memfokuskan diri pada penciptaan lapangan kerja di London. Wali kota berusia 50 tahun ini mengatakan pada periode keduanya akan difokuskan pada membangun jembatan antara komunitas yang berbeda dan antara balaikota serta pemerintah. Dia juga mengatakan bahwa dia ingin memastikan London dapat memainkan perannya dalam pemulihan nasional serta untuk membangun masa depan yang lebih hijau dan lebih cerah untuk ibukota Inggris ini.

2. Lawannya, Shaun Bailey, telah memberikan ucapan selamat kepada Khan

Menang Pemilu, Sadiq Khan Kembali Jadi Wali Kota LondonCalon Wali kota London, Shaun Bailey. (Instagram.com/shaunbaileyam)

Rival dari Khan, Shaun Bailey, telah memberikan ucapan selamat kepada Khan atas kemenangannya dalam Pemilu London ini, tetapi mengatakan dia berharap Wali kota London yang terpilih kembali tidak akan menyalahkan segalanya pada pemerintah. Sebelumnya, dia mengatakan telah dihapus dari berbagai lembaga survei, jurnalis, dan politisi lainnya, serta menambahkan warga London justru tidak mencoret namanya. 

Bailey sendiri telah menghadapi kritikan keras dari partainya sendiri atas kampanyenya, serta saran bahwa dia harus diganti dalam pencalonannya. Namun, dengan ketatnya survei dalam beberapa pekan terakhir, orang dalam mengatakan bahwa masalah kejahatan telah merusak keunggulan yang diraih Khan pada saat itu. Bahkan, Bailey sendiri sempat merasakan debat yang begitu panas setelah Khan mengkritik larangan perjalanan kontroversial yang dibuat oleh mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, terhadap orang-orang yang berasal dari negara mayoritas Muslim.

Baca Juga: Polisi Temukan Pabrik Ganja di Pusat Kota London

3. Terpilihnya Khan di London terjadi di tengah serangkaian hasil yang memilukan di wilayah lain

Menang Pemilu, Sadiq Khan Kembali Jadi Wali Kota LondonWali kota London, Sadiq Khan, kembali memenangkan Pemilu London 2021 ini. (Twitter.com/SadiqKhan)

Terpilihnya kembali Khan terjadi di tengah serangkaian hasil yang memilukan untuk Partai Buruh dalam Pemilu Regional di Inggris bagian tengah dan utara, yang mengikuti kinerja buruk dalam Pemilu Inggris 2019 lalu. Sementara Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, menikmati kesuksesan besar di tempat lain di Inggris dan partai oposisi menjadi semakin dominan di London.

Para analis mengaitkan ini dengan populasi kota yang lebih muda, lebih beragam secara etnis, dan lebih pro terhadap Uni Eropa, yang tidak seperti kebanyakan Inggris di mana mereka sangat menentang Brexit. Dalam pidato kemenangannya, Khan merujuk pada asal-usulnya yang sederhana, tumbuh di perumahan umum di daerah pemukiman campuran etnis di London bagian selatan.

Baca Juga: Polisi London Buru Penyuntik Vaksin COVID-19 Palsu

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya