Orangtua Diduga Korupsi dan Buron, Dua Anaknya Dilarang Pergi ke AS

Hal ini terkait kasus yang dihadapi oleh ayah mereka

Beijing, IDN Times - Kedua anak pengusaha Tiongkok yang saat ini berada di Tiongkok, Victor Liu dan Cynthia Liu, dilarang kembali ke Amerika Serikat. Alasannya karena ayah mereka, Liu Changming, sampai saat ini masih buron oleh negaranya ini terkait kasus penipuan. Bagaimana awal ceritanya?

1. Ibu mereka telah ditahan pada bulan Juni 2018 lalu

Orangtua Diduga Korupsi dan Buron, Dua Anaknya Dilarang Pergi ke ASnytimes.com

Dilansir dari BBC, Victor Liu dan Cynthia Liu kini telah dilarang bepergian ke luar negeri setelah ayah mereka dicari oleh Tiongkok dalam kasus penipuan sebesar 1,4 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 20,2 triliun. Sebelumnya, ibu mereka, Sandra Han, sudah ditahan terlebih dahulu sejak bulan Juni 2018 lalu. Mereka bertiga dituduh dalam kasus "kejahatan ekonomi". Awalnya, mereka bertiga tiba di Tiongkok dari Amerika Serikat pada bulan Juni lalu dengan berkunjung ke kampung halamannya. 

Cara seperti ini dilakukan oleh pihak Tiongkok untuk memudahkan penangkapan salah satu orang yang paling dicari di Tiongkok sekaligus ayah mereka sendiri, Liu Changming. Diketahui, ibu mereka sedang berada di tahanan bersifat rahasia yang dikenal dengan "penjara hitam". Namun, pihak Kementerian Luar Negeri Tiongkok membenarkan keputusan tersebut. 

"Seperti yang kami pahami dari pihak berwenang yang relevan, orang-orang yang telah anda sebutkan semuanya memiliki dokumen identitas yang sah dan sah sebagai warga negara Tiongkok. Mereka dicurigai melakukan kejahatan ekonomi dan dilarang meninggalkan Tiongkok oleh polisi Tiongkok," ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri, Geng Shuang, seperti yang dikutip dari BBC.

2. Padahal mereka sudah tidak pernah berhubungan lagi dengan ayah mereka sejak 2012 lalu

Orangtua Diduga Korupsi dan Buron, Dua Anaknya Dilarang Pergi ke ASthetimes.co.uk

Baik Victor dan Cynthia mengaku sudah tidak pernah berhubungan lagi dengan ayahnya sejak 2012 lalu. Cynthia Liu sendiri telah menulis dalam sebuah surat kepada penasihat keamanan nasional Amerika Serikat, John Bolton. "Kami ditahan di sini sebagai bentuk mentah dari jaminan manusia untuk membujuk seseorang dengan siapa saya tidak memiliki kontak untuk kembali ke China untuk alasan yang saya sama sekali tidak diketahui," ungkap Cynthia Liu seperti yang dikutip dari Businessinsider.com

Saat ini, Cynthia Liu yang diketahui berusia 27 tahun sedang bekerja di perusahaan konsultan McKinsey & Company sedangkan Victor Liu sendiri yang masih berusia 19 tahun sedang berkuliah di Georgetown University. Ibu mereka, Sandra Han, adalah seorang pengusaha dengan kepemilikan real estate bernilai jutaan dolar AS. Seperti yang diketahui, Liu Changming, melarikan diri dari Tiongkok sejak tahun 2007 lalu karena kasus penipuan dimana pada saat itu bekerja sebagai mantan eksekutif bank milik negara, Bank of Communications.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Rendra Kresna, Kepala BKAD Malang Serahkan Ini ke KPK

3. Pihak Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah memberikan saran sebelumnya

Orangtua Diduga Korupsi dan Buron, Dua Anaknya Dilarang Pergi ke AStwitter.com/SecPompeo

Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, menyebut penderitaan keluarga Liu Changming dalam pertemuannya sudah disampaikan sebelumnya pada bulan lalu dengan para pejabat senior kebijakan luar negeri di Washington, D.C. Ia menambahkan keluarga serta rekan mereka berharap bahwa Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, akan mengingat masalah ini ketika ia bertemu dengan mitranya yang juga Presiden Tiongkok, Xi Jinping, pada KTT G20 yang digelar di Argentina pada akhir pekan ini. 

Sebelumnya pada Januari 2018 lalu, pihak Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat sudah mengeluarkan saran tentang larangan keluar di Tiongkok yang memperingatkan bahwa mereka telah diberlakukan untuk memaksa warga Amerika Serikat dengan menyelesaikan sengketa bisnis, memaksa penyelesaian perintah pengadilan, serta memfasilitasi penyelidikan pemerintah. Seperti yang diketahui, kewarganegaraan ganda memang tidak diizinkan menurut hukum Tiongkok, akan tetapi para pejabat Amerika Serikat memperingatkan warga Amerika Serikat-Tiongkok dapat ditahan dan tidak diberikan bantuan dari Amerika Serikat di sana.

Baca Juga: Terbukti Korupsi, Eks Ibu Negara Filipina Dilarang Jadi Pejabat Publik

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya