Comscore Tracker

Pangeran Akishino Resmi Diperkenalkan sebagai Putra Mahkota Jepang

Upacara telah berlangsung di Istana Kekaisaran Jepang

Tokyo, IDN Times - Pihak keluarga Kekaisaran Jepang akhirnya secara resmi menunjuk Pangeran Akishino sebagai Putera Mahkota Jepang pada hari Minggu, 8 November 2020, waktu setempat. Upacara penobatan tersebut telah berlangsung di Istana Kekaisaran Jepang. Bagaimana situasi acara tersebut saat berlangsung?

1. Awalnya acara tersebut diselenggarakan pada bulan April 2020 lalu

Pangeran Akishino Resmi Diperkenalkan sebagai Putra Mahkota JepangUpacara penobatan Pangeran Akishino sebagai Putera Mahkota Jepang. (Twitter.com/ImperialJPNfan)

Dilansir dari CNN, Pangeran Akishino secara resmi dideklarasikan sebagai Putera Mahkota Jepang setelah kakak laki-lakinya, Kaisar Naruhito, ditunjuk menjadi Kaisar Jepang pada tahun 2019 lalu menggantikan ayahnya yang turun tahta, Kaisar Emiritus Akihito. Acara tersebut awalnya digelar pada bulan April 2020 lalu, namun karena situasi pandemik COVID-19 yang memaksa acara tersebut ditunda hingga beberapa bulan kemudian. Pada bulan April 2020 lalu, Kaisar Emiritus Akihito secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya dan digantikan oleh Kaisar Naruhito.

Sebelum dinobatkan sebagai Putera Mahkota Jepang, Pangeran Akishino telah menjabat di sejumlah organisasi, termasuk Presiden Japanese Association of Zoos and Aquariums serta Presiden Kehormatan World Wide Fund for Nature Japan. Tak hanya itu, Pangeran Akishino memiliki jabatan di dunia olahraga dengan menjabat sebagai Kepala Kehormatan Piala Dunia Rugby 2019 di Jepang.

2. Aturan jabatan kekaisaran di Jepang yang bertahan hingga saat ini

Pangeran Akishino Resmi Diperkenalkan sebagai Putra Mahkota JepangUpacara penobatan Pangeran Akishino sebagai Putera Mahkota Jepang. (Twitter.com/ImperialJPNfan)

Di bawah hukum Jepang, hanya laki-laki yang bisa mewarisi tahta kekaisaran Jepang. Kaisar Naruhito sendiri memiliki anak satu-satunya yang merupakan perempuan, yakni Putri Aiko yang masih berusia 18 tahun. Sayangnya, hal tersebut justru membuat Putri Aiko tidak memenuhi syarat untuk meneruskan tahta kekaisaran Jepang sehingga dialihkan ke adiknya, Pangeran Akishino.

Sebelumnya, perempuan pernah memimpin Kekaisaran Jepang sebelum dimodernisasi, namun sejak tahun 1889 lalu menetapkan aturan baru yang melarang wanita untuk dinobatkan sebagai Kaisar Jepang hingga saat ini. Dalam beberapa dekade terakhir, telah terjadi perdebatan mengenai kemungkinan perempuan yang akan naik tahta, namun pada akhirnya kelahiran Hisahito, yang tak lain pewaris laki-laki pertama dan putra dari Pangeran Akishino, lahir pada tahun 2006 lalu.

Baca Juga: Seperti Dalam Film, Ini 10 Istana Kerajaan Paling Megah di Dunia

3. Profil singkat mengenai Pangeran Akishino

Pangeran Akishino Resmi Diperkenalkan sebagai Putra Mahkota JepangUpacara penobatan Pangeran Akishino sebagai Putera Mahkota Jepang. (Twitter.com/ImperialJPNfan)

Pangeran Akishino lahir pada tanggal 30 November 1965, yang merupakan anak bungsu dari Kaisar Emiritus Akihito dan Permaisuri Michiko dan saat masih kecil dipanggil Pangeran Aya. Pangeran Akishino memiliki saudara perempuan yang bernama Sayako Kuroda, yang memilih melepas status keluarga kekaisaran setelah menikah dengan orang biasa pada tahun 2005 lalu. Semasa sekolah, Akishino bersekolah di Sekolah Dasar Gakushuin, lalu melanjutkan ke jenjang SMP dan SMA sebelum akhirnya mengambil pendidikan tinggi di Gakushuin University dengan mengambil jurusan Studi Politik.

Setelah lulus sarjana pada tahun 1988, Pangeran Akishino melanjutkan studi di Inggris, tepatnya di University of Oxford di St. John's College dengan mengambil pascasarjana zoologi dan lulus pada tahun 1990. Pada tahun 1996, Pangeran Akishino meraih gelar doktor filsafat dan telah meneima berbagai gelar doktor kehormatan dari 10 universitas yang ada di Thailand karena memiliki kontribusi besar terhadap penelitian ikan lele raksasa dan pemeliharaan ayam serta juga pernah menjadi profesor tamu di Tokyo University of Agriculture.

Pada bulan Juni 1990, Pangeran Akishino menikah dengan seorang wanita bernama Kiko Kawashima, teman kuliah saat masih di Gakushuin University. Dari pernikahannya ini memiliki 3 orang anak bernama Putri Mako (lahir pada tahun 1991), Putri Kako (lahir pada tahun 1994), dan Pangeran Hisahito (lahir pada tahun 2006).

Baca Juga: 10 Istana Kerajaan Paling Menakjubkan di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya