Pengacara HAM Tiongkok Hadapi Pengadilan karena Pemberontakan

Ia telah ditahan sejak tahun 2015 lalu

Tianjin, IDN Times - Pengacara HAM Tiongkok, Wang Quanzhing, menghadapi pengadilan dengan tuduhan pemberontakan terhadap pemerintahan Tiongkok pada hari Rabu, 26 Desember 2018. Ia telah ditahan sejak tahun 2015 lalu. Bagaimana awal ceritanya?

1. Keluarga pengacara serta jurnalis dan diplomat asing dilarang melihat secara langsung proses pengadilan

Pengacara HAM Tiongkok Hadapi Pengadilan karena Pemberontakanrfa.org

Dilansir dari Scmp.com, pengacara HAM Tiongkok terkemuka, Wang Quanzhing, menghadapi pengadilan yang digelar di Tianjin karena dituding melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Tiongkok setelah ditahan sejak tahun 2015 lalu. Pengadilan Rakyat Menengah Tianjin telah dikunci sejak hari Rabu, 26 Desember 2018, dini hari waktu setempat. Belum diketahui apakah akan dilakukan sidang vonis hari Rabu ini atau tidak.

Keluarga terdakwa beserta para jurnalis dan diplomat asing dilarang masuk dan menyaksikan proses pengadilan secara langsung. Beberapa wartawan asing yang sudah menunggu mengeluh karena ditangani secara kasar oleh para pasukan polisi berpakaian preman di luar pengadilan. Wang adalah pengacara terakhir yang diadili dari seluruh pengacara yang ditangkap atas kasus "709 crackdown".

Di hari yang sama, ia mengatakan telah menyimpan semua dokumen yang terkait dengan pekerjaan Wang dengan organisasinya dan akan melepaskan apa pun yang diperlukan untuk menghilangkan bahwa itu merupakan kekuatan merongrong negara. Menurut peneliti dari Amnesty International, Doriane Lau, mengatakan bahwa penjadwalan persidangan yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2018 merupakan keputusan yang disengaja oleh otoritas Tiongkok.

"Jelas sebagian besar dunia akan berlibur dan tidak akan bisa merespons," ungkap pernyataan Doriane Lau seperti yang dikutip dari BBC.

2. Pengacara dari Wang Quanzhang mengkritik pemerintah Tiongkok atas kasus ini

Pengacara HAM Tiongkok Hadapi Pengadilan karena Pemberontakancharlotteobserver.com

Istri Wang, Li Wenzu, bersama temannya, Wang Qiaoling, berusaha untuk meninggalkan mobil Li di Beijing sebelum matahari terbit, tetapi dicegah oleh para petugas polisi keamanan setempat dan penjaga keamanan di pengadilan. Pada satu titik, seorang petugas polisi mengatakan Li dapat pergi ke persidangan dengan kendaraan yang diatur oleh pihak berwenang, tetapi Li menolak.

Cheng Hai, yang telah menjadi pengacara pilihan Li untuk menemani Wang sejak 2016, mengkritik penanganan pemerintah Tiongkok atas kasus Wang. Dia dipecat pada Agustus 2018, tetapi berhak mewakili Wang sebagai pembela sipil.

"Bahkan jika itu adalah sidang tertutup, anggota keluarga harus diizinkan di ruang sidang. Sebagai gantinya, mereka mengerahkan personel keamanan untuk secara ilegal menghalangi istrinya menghadiri persidangan," ungkap pernyataan dari Cheng Hai seperti yang dikutip dari Scmp.com.

Cheng menambahkan bahwa otoritas kehakiman Tianjin, yang mendakwa Wang pada Februari 2018 lalu, seharusnya mengadakan sidang pada bulan Maret 2018, kecuali dokumen disediakan dari Mahkamah Agung yang mendukung penahanan lebih lanjut. Setidaknya beberapa orang diambil dari gedung pengadilan, termasuk saudara perempuan Wang, Wang Quanxiu, istri pengacara yang ditahan Yu Wensheng, Xu Yan, dan para pendukung lainnya.

Baca Juga: Pemimpin Pemberontak Kolombia Ditemukan Tewas Dibunuh

3. Para pendukung membawa tulisan menyerukan pembebasan Wang Quanzhang

Pengacara HAM Tiongkok Hadapi Pengadilan karena Pemberontakansbs.com.au

Beredar video dan foto yang diposting di media sosial menunjukkan seorang aktivis hak dari Jiamusi di provinsi Heilongjiang, Yang Chunlin, diambil dari tempat kejadian oleh personil keamanan negara setelah berteriak "Saya mendukung Wang Quanzhang! Bebaskan Quanzhang! Wang Quanzhang adalah pria yang baik.".

Pendukung lain, Zhang Zhecheng, dari Jiangxi juga dibawa pergi karena memajang tanda yang menyerukan pembebasan Wang Quanzhang. Wang sendiri diwakili dalam sidang oleh Liu Weiguo, seorang pengacara yang ditunjuk oleh otoritas Tiongkok. Tak satu pun dari pengacara yang ditunjuk oleh Li telah diberikan akses untuk melihat Wang secara langsung dalam 3 tahun terakhir sejak ia ditahan.

Menurut salinan dokumen dakwaan Wang yang dikeluarkan oleh Kejaksaan Rakyat Kota Tianjin tahun 2017, Wang dikatakan telah lama disusupi oleh kekuatan musuh asing dan telah menerima pelatihan dan pendanaan luar negeri pada berbagai kesempatan. Sebagai bagian dari dakwaannya, Wang juga dituduh mewakili pembela hak asasi manusia pada tahun 2014 dan praktisi, Falun Gong, pada tahun 2013.

Baca Juga: Buru Pemberontak, Tentara Filipina Tak Sengaja Tewaskan 6 Polisi

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya