Pengadilan India Putuskan Beri Jaminan ke Aktivis Disha Ravi

Alasannya karena sedikit bukti yang telah ditemukan

New Delhi, IDN Times - Pengadilan di New Delhi, India memutuskan untuk memberi jaminan kepada aktivis iklim India, Disha Ravi, yang sebelumnya ditangkap pada tanggal 15 Februari 2021 lalu. Alasannya, karena hanya ditemukan sedikit bukti yang mengarah Ravi ke kasus penghasutan terhadap pemerintah India. Bagaimana awal ceritanya?

1. Hakim setempat juga mengkritik pihak berwenang karena menahan siapapun yang dianggap berseberangan dengan pemerintah

Pengadilan India Putuskan Beri Jaminan ke Aktivis Disha RaviAktivis iklim asal India, Disha Ravi. (Twitter.com/SattarFarooqui)

Dilansir dari Aljazeera.com, pengadilan di New Delhi, India telah memberikan jaminan kepada aktivis iklim India, Disha Ravi, dengan mengatakan sedikit bukti yang ditemukan atas hasutan dalam upayanya membantu para petani melakukan protes besar-besaran atas UU Pertanian yang baru. Pada hari Selasa, 23 Februari 2021, waktu setempat, seorang hakim bernama Dharmender Rana mengatakan tidak bisa menahan Ravi dalam waktu yang lama sekaligus mengkritik pihak berwenang karena menahan siapapun yang dianggap berbeda dengan kebijakan pemerintah.

Penangkapan terhadap Ravi memicu kritikan keras atas penindasan perbedaan pendapat oleh pemerintahan Perdana Menteri India, Narendra Modi, yang telah berusaha selama berbulan-bulan untuk mengakhiri protes besar-besaran yang dilakukan para petani di India. Pengacara dari Ravi mengatakan tidak ada bukti yang mengarah pada tuduhan penghasutan yang membuatnya terancam hukuman seumur hidup.

2. Selama ditahan, ibunya percaya bahwa putrinya tidak bersalah dalam kasus ini

Pengadilan India Putuskan Beri Jaminan ke Aktivis Disha RaviAktivis iklim asal India, Disha Ravi. (Twitter.com/HryTweet_)

Selama ditahan, ibu dari Ravi, Manjula Nanjaiah, mengatakan ia percaya dengan putrinya bahwa ia tidak bersalah dalam kasus ini serta kebenaran akan selalu menang sehingga buat apa ia merasa takut jika putrinya tidak melakukan kesalahan seperti yang dituduhkan. Menurut Manjula, teman-teman Ravi menjadi pilar pendukung selama 9 hari terakhir ini dan menganggap teman-teman Ravi merupakan anugerah Tuhan untuk Disha dan keluarganya. 

Merujuk pada dukungan yang begitu banyak dari negara-negara di dunia, Manjula mengucapkan terima kasih kepada mereka semua serta tidak lupa berterima kasih kepada tetangga dan semua keluarga besar yang ada di desa atas dukungan yang mereka berikan. Ia juga menambahkan mereka tahu siapa Ravi dan apa yang dia lakukan untuk lingkungan masyarakat secara luas. Mendengar keputusan hakim untuk memberi jaminan kepada Ravi, Manjula menunggu untuk memeluknya kembali begitu sampai di rumah.

Baca Juga: Dituding Anti Pemerintah, Kepolisian Tangkap Aktivis India

3. Proses untuk mendapatkan jaminan dilalui dengan proses yang begitu rumit

Pengadilan India Putuskan Beri Jaminan ke Aktivis Disha RaviAktivis iklim asal India, Disha Ravi. (Twitter.com/Article14live)

Pada tanggal 20 Februari 2021 lalu, pengadilan New Delhi telah mengabulkan permintaan polisi untuk memperpanjang penahanan Ravi yang dituduh menghasut atas dugaan perannya dalam pembuatan perangkat online yang dimaksudkan untuk membantu para petani dalam melancarkan protes besar-besaran terhadap pemerintah India. Kepolisian setempat juga menuduh Ravi terlibat dalam membuat dan membagikan dokumen online yang berisi beberapa panduan untuk para demonstran. Inilah yang dianggap polisi dapat memicu kekerasan pada bulan Januari 2021 lalu ketika para petani menyerbu gedung Red Fort saat itu.

Ravi tidak berbicara selama proses persidangan tetapi membantah tuduhan yang diarahkan kepadanya melalui pengacaranya, Siddharth Agarwal, dengan alasan di pengadilan bahwa polisi tidak memiliki bukti untuk mendukung tuduhan tersebut. Pada hari yang sama, pengadilan setempat dijadwalkan untuk mendengar permohonan jaminan Ravi dan beberapa pengacara senior serta anggota parlemen India terus mengkritik kasus yang dijatuhkan kepada Ravi yang membuat pihaknya membantah tuduhan polisi bahwa dokumen tersebut berisi sebuah hasutan. Pada akhirnya, hari Selasa, 23 Februari 2021, waktu setempat, Ravi telah diberikan jaminan oleh pengadilan India karena sedikitnya bukti.

Baca Juga: PBB Kecam Pembunuhan Aktivis dan Jurnalis di Afghanistan

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya