Pertama Kali! Kini Wanita Iran Bisa Tonton Bola Langsung di Stadion

Ini adalah momen bersejarah bagi sepakbola Iran

Sepakbola Iran baru saja mencetak sejarah baru. Untuk pertama kalinya sejak tahun 1981 lalu, wanita di Iran diizinkan untuk menyaksikan langsung pertandingan sepakbola di lapangan. Hal ini sendiri sempat terlihat saat pertandingan final Liga Champions Asia yang digelar di negaranya dengan mempertemukan klub Iran, Persepolis, yang menjamu klub Jepang, Kashima Antlers. Seperti apa pemandangannya?

1. FIFA menyebut momen tersebut dijadikan sebagai hari bersejarah dan meriah

Pertama Kali! Kini Wanita Iran Bisa Tonton Bola Langsung di Stadiontwitter.com/thefield_in

Dilansir dari Aljazeera.com, badan sepakbola dunia, FIFA, menyebut momen mengizinkan seluruh wanita Iran untuk nonton sepakbola langsung di stadion merupakan momen hari yang bersejarah serta pantas dirayakan secara meriah. Apalagi pertandingan ini sendiri bertepatan dengan wakil Iran yang tampil di babak final Liga Champions Asia sehingga membutuhkan banyak dukungan penonton. Begitu juga dengan beberapa surat kabar setempat yang memuji langkah pemerintah Iran sebagai langkah kemenangan. Terlihat sekali beberapa wanita tampak bersemangat mendukung klub kesebelasannya saat bertanding.

2. Sebelumnya ada beberapa kasus penangkapan suporter wanita yang nekat nonton langsung

Pertama Kali! Kini Wanita Iran Bisa Tonton Bola Langsung di Stadiontwitter.com/NEWSFLASH911

Baca Juga: Terkena Masalah Pajak, 5 Atlet Sepak Bola Ini Hampir Saja Dipenjara

Tak mudah memang bagi wanita Iran untuk menyaksikan sepakbola secara langsung. Beberapa kali terjadi kasus penangkapan suporter wanita hanya karena nonton bola di stadion. Padahal, Iran sendiri juga memiliki timnas sepakbola wanita seperti negara-negara timnas lainnya. 

Salah satunya pada bulan Maret 2018 lalu, sebanyak 35 wanita ditangkap karena nekat menonton langsung pertandingan kompetisi lokal yang mempertemukan Persepolis dengan Esteghlal. Seperti yang diketahui, Iran memiliki aturan ketat soal suporter wanita untuk menyaksikan langsung olahraga yang dimainkan oleh atlet-atlet pria sejak 39 tahun yang lalu, tepatnya pada era Revolusi Islam.

3. Para wanita Iran sempat menyaksikan langsung timnas Iran di Piala Dunia 2018

Pertama Kali! Kini Wanita Iran Bisa Tonton Bola Langsung di Stadiontwitter.com/ItsFootball247

Turnamen tertinggi sepakbola dunia, Piala Dunia 2018, sempat digegerkan dengan beberapa wanita Iran yang menyaksikan langsung timnas Iran di Rusia. Padahal, pada saat itu masih belum diperbolehkan untuk menyaksikan langsung ke stadion meski berada di negara lain. Bulan Oktober lalu, sebanyak 100 orang wanita diizinkan menyaksikan timnas Iran saat menghadapi Bolivia dalam pertandingan uji coba, dan sejak saat itu juga perlahan-lahan mengizinkan para wanita untuk bisa menyaksikan langsung di stadion.

Semua aturan tersebut akhirnya berubah setelah sebanyak 500 orang bisa memberikan dukungan secara langsung terhadap tim kesayangannya, yakni Persepolis. Semoga kebijakan ini bisa bertahan untuk ke depannya sehingga tak ada lagi larangan-larangan seperti ini.

Baca Juga: 5 Insiden Sepak Bola Era 2000-an yang Mustahil Dilupakan

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya