Pria Tertua di Amerika Serikat Meninggal di Usia 112 Tahun

Ia adalah salah satu veteran pada Perang Dunia II

Texas, IDN Times - Seorang pria tertua di Amerika Serikat bernama Richard Overton meninggal dunia di usia ke-112 tahun. Semasa hidupnya, ia merupakan salah satu veteran perang pada saat Perang Dunia II. Bagaimana kiprah Richard Overton semasa hidupnya?

1. Ia meninggal karena penyakit pneumonia

Pria Tertua di Amerika Serikat Meninggal di Usia 112 Tahuntwitter.com/cvpayne

Dilansir dari CNN, Richard Overton, yang merupakan salah satu veteran Perang Dunia II, meninggal pada hari Kamis, 27 Desember 2018, waktu setempat di usia 112 tahun. Meninggalnya pria tertua di Amerika Serikat ini dikonfirmasi oleh salah seorang kerabat bernama Shirley Overton. Ia meninggal karena penyakit pneumonia menurut pihak keluarga.

Overton menjadi sukarelawan bagi Angkatan Darat Amerika Serikat pada sejak tahun 1942 dan bertugas bersama Batalyon Teknisi Penerbangan ke-188, unit serba hitam yang bertugas di berbagai Kepulauan Pasifik. Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, pada tahun 2013 lalu menobatkan Richard Overton sebagai veteran paling dihormati dalam perayaan Hari Veteran tahun 2013 lalu.

"Dia ada di sana di Pearl Harbor ketika kapal perang masih membara. Dia ada di sana di Okinawa. Dia ada di sana di Iwo Jima, di mana dia berkata. 'Saya hanya keluar dari sana dengan karunia Tuhan," ungkap pernyataan Presiden Barack Obama ketika itu mengenai Richard Overton seperti yang dikutip dari CNN.

2. Overton mengaku selalu bersyukur kepada Tuhan karena bisa hidup di usia seperti ini

Pria Tertua di Amerika Serikat Meninggal di Usia 112 Tahuntwitter.com/ABC7

Semasa hidupnya, Overton mengakui tidak suka berpikir atau berbicara mengenai perang dan mengatakan bahwa dia lupa semua hal tersebut. Tak hanya itu, sebagai bentuk penghargaan namanya diabadikan sebagai nama jalan, Richard Overton Avenue, karena Overton merupakan penduduk paling lama di Austin, Texas. Pada tahun 2013 lalu, Overton mengaku bahwa dia selalu bersyukur atas pemberian umur yang begitu panjang, meski di sisi lain ia selalu melakukan hal-hal kurang baik dan tidak meminum obat apapun.

"Aku minum wiski di kopiku. Kadang-kadang aku meminumnya langsung. Aku merokok cerutu, mengeluarkan asapnya, aku tidak menelannya," ungkap pengakuan Richard Overton dalam kegiatan sehari-harinya seperti yang dikutip dari CNN

Hal yang menjadi sorotan semasa hidupnya ketika saat ulang tahun ke-112 dimana perayaan ulang tahunnya menarik perhatian nasional. Seperti yang diketahui, Overton lahir pada tanggal 11 Mei 1906. Pasalnya, banyak sekali orang-orang yang menurutnya asing atau tidak dikenal justru berdatangan untuk menemui Overton di rumahnya.

Saat memasuki usia 100an, Overton mengantar para janda di lingkungan sekitarnya untuk ke gereja.

Baca Juga: YouTuber Tertua di Dunia Asal India Meninggal Dunia di Usia 107 Tahun

3. Gubernur Texas menyebut Overton sebagai ikon Amerika Serikat dan Texas

Pria Tertua di Amerika Serikat Meninggal di Usia 112 Tahuntwitter.com/CNN

Pada hari Kamis, 27 Desember 2018, Gubernur Texas, Greg Abbott, menyebut Overton merupakan ikon Amerika Serikat dan Texas. "Dengan kecerdasan dan semangatnya yang baik, dia menyentuh kehidupan banyak orang, dan saya merasa sangat tersanjung telah mengenalnya. Richard Overton membuat kita bangga menjadi orang Texas dan bangga menjadi orang Amerika.

"Kita tidak pernah bisa membalas Richard Overton atas jasanya kepada bangsa kita dan atas dampaknya yang abadi pada Negara Bagian Lone Star," ungkap pernyataan Greg Abbott seperti yang dikutip dari CNN. Pada tahun 2015 lalu, Overton menjadi subjek sebuah film dokumenter pendek yang berjudul "Mr. Overton" oleh pembuat film asal Austin, Rocky Conly dan Matt Cooper. Dalam film tersebut, dia mengatakan bahwa dia suka makan sup, jagung dan ikan, serta minum susu.

"Dan es krim. Aku makan es krim setiap malam. Itu membuatku senang. Aku masih berjalan, aku masih bicara, dan aku masih mengemudi," ungkap pengakuan Overton seperti yang dikutip dari CNN

Baca Juga: 7 Fakta Unik Methuselah, Ikan Tertua di Bumi yang Hidup dalam Akuarium

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya