Comscore Tracker

Sebanyak 6 Marinir AS Masih Hilang Setelah Kecelakaan Pesawat

Kejadian ini sendiri terjadi di Jepang

Iwakuni, IDN Times - Sebuah kecelakaan pesawat militer Amerika Serikat terjadi di Jepang. Kabarnya, sebanyak 6 marinir dilaporkan masih hilang sampai sekarang sedangkan 1 marinir berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Bagaimana awal ceritanya?

1. Kejadian tersebut terjadi pada 6 Desember 2018 dinihari waktu setempat

Sebanyak 6 Marinir AS Masih Hilang Setelah Kecelakaan Pesawattwitter.com/CBSNews

Dilansir dari CNN, dua pesawat marinir Amerika Serikat terjatuh di lepas pantai Jepang, tepatnya di Iwakuni dekat Hiroshima. Pesawat yang mengalami kecelakaan diantaranya KC-130 dan F / A-18 yang diketahui total membawa 7 personel marinir. Kejadian tersebut terjadi pada hari Kamis, 6 Desember 2018, dinihari waktu setempat. Sampai saat ini, masih ada 6 marinir yang dinyatakan hilang dan 1 marinir lainnya berhasil diselamatkan. "Operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut untuk pesawat Korps Marinir AS yang terlibat dalam kecelakaan di lepas pantai Jepang sekitar 2:00 pagi 6 Desember," ungkap pernyataan dari pihak Korps Marinir Amerika Serikat seperti yang dikutip dari CNN.

2. Insiden tersebut terjadi saat pengisian bahan bakar udara

Sebanyak 6 Marinir AS Masih Hilang Setelah Kecelakaan Pesawattwitter.com/NewsflashN

Kabar yang beredar menyebut kecelakaan kedua pesawat militer Amerika Serikat terjadi saat pengisian bahan bakar udara, namun sampai saat ini belum dikonfirmasi secara pasti. Pesawat-pesawat Amerika Serikat telah lepas landas dari Marine Corps Air Station Iwakuni dan sedang melakukan latihan terjadwal secara teratur. "Kami berterima kasih atas upaya dari Japan Maritime Self-Defence Force karena mereka segera menanggapi dalam operasi pencarian dan penyelamatan," ungkap pihak marinir Amerika Serikat seperti yang dikutip dari BBC.

Korban yang berhasil diselamatkan telah dirawat di rumah sakit MCAS Iwakuni. Pengisian bahan bakar udara merupakan operasi penerbangan tersulit dan tentunya berpotensi sangat berbahaya, apalagi ini jika dilakukan di waktu dinihari. Belum diketahui bagaimana kondisi cuaca saat itu ketika kecelakaan tersebut terjadi.

3. Kecelakaan seperti ini ternyata sering terjadi di sana

Sebanyak 6 Marinir AS Masih Hilang Setelah Kecelakaan Pesawattwitter.com/hindustanAbi

Ternyata kecelakaan seperti ini tidak jarang terjadi di Jepang. Bulan November 2018 lalu, sebuah jet tempur angkatan laut Amerika Serikat dari kapal induk USS Ronald Reagan menabrak laut lepas dari pulau Okinawa di Jepang bagian selatan. Sebanyak 2 orang awak berhasil diselamatkan. Pada bulan Oktober 2018 lalu, pesawat militer Amerika Serikat, Seahawk MH-60, jatuh di dek penerbangan Ronald Reagan tak lama setelah tinggal landas di Laut Filipina yang menyebabkan 12 orang mengalami luka-luka. 

Baca Juga: Kenapa Kecelakaan Pesawat Banyak Terjadi di Bulan Oktober-Desember? 

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya