Comscore Tracker

Setahun Dinyatakan Hilang, Kapal Selam Argentina Ditemukan

Kapal ini menghilang sejauh 430 km dari pantai Argentina

Mar del Plata, Argentina, IDN Times - Tahun lalu, sebuah kapal selam Argentina, ARA San Juan, telah menghilang pada tanggal 15 November 2017 lalu dengan mengangkut 44 awak. Ketika itu, kapal tersebut hilang sejauh 430 km dari pantai Argentina. Belum lama ini, tepat setahun kemudian kapal tersebut akhirnya ditemukan. Bagaimana awal ceritanya?

1. Kapal tersebut ditemukan 800 meter di Samudera Atlantik

Setahun Dinyatakan Hilang, Kapal Selam Argentina Ditemukantwitter.com/Armada_Arg

Dilansir dari BBC, reruntuhan kapal selam yang diduga adalah kapal ARA San Juan telah ditemukan seperti yang dikonfirmasi oleh pihak Angkatan Laut Argentina. Kapal tersebut membawa sebanyak 44 awak dan menghilang sejauh 430 km dari pantai Argentina pada tanggal 15 November 2017 lalu. Sebelumnya, pihak Angkatan Laut telah menghentikan misi pencarian sekitar 2 minggu setelah kejadian. 

Para pejabat menyimpulkan kapal ini telah ditemukan di jarak 800 meter dari Samudera Atlantik. Menurut cuitan dari Angkatan Laut Argentina, kapal selam ini ditemukan dan diidentifikasi positif oleh pihak perusahaan Amerika Serikat. Sebelumnya, pihak Angkatan Laut telah berbagi foto dari dasar laut menunjukkan objek panjang kapal sekitar 60 m yang dinyatakan hilang saat itu.

2. Sekitar 2 hari yang lalu sebelum ditemukan, kerabat dari para korban telah berkumpul memperingati tragedi ini

Setahun Dinyatakan Hilang, Kapal Selam Argentina Ditemukantwitter.com/MDSuarez

Sekitar 2 hari sebelum ditemukan, sejumlah kerabat dari korban berkumpul memperingati tragedi tenggelamnya kapal ARA San Juan pada pekan ini. Di kesempatan yang sama, Presiden Argentina, Mauricio Macri telah berjanji akan terus berusaha mencari kapal selam tersebut. 

Ia juga menambahkan bahwa keluarga para awak kapal selam tidak boleh merasa sendirian dan menyampaikan komitmen mutlak dan tak dapat dinegosiasikan untuk menemukan kebenaran. Pihak polisi federal menggerebek pangkalan Angkatan Laut dan bangunan lain pada Januari 2018 lalu sebagai bagian dari penyelidikan serta setelahnya pihak Pemerintah Argentina telah memecat Kepala Angkatan Laut.

3. Sebelumnya, pencarian para korban telah dibantu oleh 18 negara lainnya

Setahun Dinyatakan Hilang, Kapal Selam Argentina Ditemukantwitter.com/OnionSearch

Pencarian para korban kapal selam ARA San Juan sebelumnya sempat dibantu oleh 18 negara lainnya. Meski Argentina sendiri menyatakan menyerah dengan pencarian seluruh korban, pihak Angkatan Laut Argentina justru terus mencari hingga bisa menemukan mereka. Kapal selam ini merupakan kelas TR-1700 dengan diesel listrik buatan Jerman ditugaskan pada pertengahan tahun 1980an serta direparasi kembali antara tahun 2008 hingga 2014. 

Biaya reparasi kapal itu sendiri mencapai 12 juta dolar AS saat itu. Para ahli menilai reparasi kapal ini dinilai sulit karena melibat integrasi sistem yang dihasilkan dari produsen berbeda serta adanya kesalahan terkecil pada fase pemotongan dapat menempatkan keselamatan kapal dan awak kapal yang beresiko. 

Kapal ini sendiri diduga telah meledak serta terdeteksi adanya sebuah ledakan dimana kapal ARA San Juan terakhir berada. Pihak Angkatan Laut Argentina mengatakan penyebab ledakan ini terjadi karena konsentrasi hidrogen yang dipicu oleh masalah baterai seperti yang diungkapkan oleh kapten mereka.

Baca Juga: Wow, Hiu Kecil Ini Bisa Mengalahkan Kapal Selam Milik Amerika Serikat Lho!

Christ Bastian Waruwu Photo Community Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You