Swiss Setuju Perkuat Aturan Kepemilikan Senjata Api

Sebanyak 63,7 persen warga Swiss mendukung langkah ini

Jenewa, IDN Times - Negara Swiss akhirnya menyatakan setuju dengan memperkuat aturan kepemilikan senjata api dengan menyesuaikan yang ada dengan Undang-Undang Uni Eropa. Hal ini berdasarkan dari sebanyak 63,7 persen warga Swiss mendukung langkah ini. Bagaimana awal ceritanya?

1. Sebelumnya, langkah ini sempat memicu perdebatan secara nasional

Swiss Setuju Perkuat Aturan Kepemilikan Senjata Apitwitter.com/HolidayinSwiss1

Dilansir dari Channelnewsasia.com, Swiss telah mengadakan voting pada hari Minggu, 19 Mei 2019, waktu setempat untuk memperkuat Undang-Undang Senjata dan menyesuaikannya dengan Undang-Undang di Uni Eropa. Hasil akhir menunjukkan bahwa para pemilih sangat mendukung reformasi Undang-Undang Senjata di Swiss dengan sebanyak 63,7 persen para pemilih menyatakan setuju.

Tuntutan dari Uni Eropa bahwa Swiss memperketat Undang-Undang Senjata justru memicu perdebatan nasional yang tidak pernah terjadi sebelumnya mengenai kepemilikan senjata api di negara Alpen ini, yang memiliki budaya yang mengakar kuat. Sementara pemerintah Swiss memperingatkan bahwa undang-undang baru ini penting bagi negara-negara non Uni Eropa yang mempertahankan perjanjian dengan blok itu.

2. Para penggemar senjata api menilai peringatan pemerintah Swiss terlalu dibesar-besarkan

Swiss Setuju Perkuat Aturan Kepemilikan Senjata Apitwitter.com/Hafizul_Islam_M

Para penggemar senjata api dibalik referendum yang digelar hari Minggu, 19 Mei 2019, lalu bersikeras bahwa peringatan pemerintah terlalu dibesar-besarkan. Kampanye itu menuduh bahwa perubahan hukum di Uni Eropa mengendalikan kedaulatan Swiss dan akan menghapus hak memiliki senjata di Swiss. Kelompok lobi senjata, ProTell, menyuarakan keprihatinan pada konsekuensi referendum tersebut, di mana hanya sekitar 43 persen pemilih yang memenuhi syarat berpartisipasi.

Ketua ProTell, Jean-Luc Addor, mengatakan bahwa kebebasan mereka telah terkikis dan menegaskan bahwa reformasi tersebut tidak akan menghindari serangan teroris tunggal. Partai Rakyat Swiss (SVP), yang dikenal populis dan sayap kanan, merupakan partai satu-satunya yang menentang reformasi undang-undang, sementara itu memperingatkan bahwa tunduk pada perintah Uni Eropa akan memiliki konsekuensi.

"Kami mengakui bahwa ada kebutuhan tertentu untuk tetap di dalam Schengen dan Dublin, tetapi kami tidak dapat menerima apa pun untuk melakukannya," ungkap pernyataan dari Wakil Presiden Partai SVP, Celine Amaudru, seperti yang dikutip dari Channelnewsasia.com. Sulit untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak senjata api yang beredar di Swiss, karena senjata terdaftar secara regional dan tidak ada registrasi nasional.

3. Hampir setiap 3 dari 10 penduduk Swiss memiliki senjata api

Swiss Setuju Perkuat Aturan Kepemilikan Senjata Apitwitter.com/a8jrhunter

Menurut Survei Small Arms yang dirilis tahun 2017, hampir setiap 3 dari 10 penduduk Swiss memiliki senjata api, di mana total sebanyak 2,3 juta senjata api berada di tangan penduduk sipil dan itu juga menyebabkan tingkat kepemilikan senjata tertinggi ke-16 di dunia.

Budaya senjata api yang kuat di Swiss sebagian terkait dengan tradisi dinas pertahanan nasionalnya, karena sebagian besar pria Swiss menjalani wajib militer antara usia 18 dan 30 tahun. Mereka diizinkan untuk menyimpan senjata yang ditugaskan ketika mereka selesai. Di bawah Undang-Undang Senjata yang baru, yang telah disetujui oleh parlemen, senjata semi otomatis dengan majalah berkapasitas tinggi akan terdaftar sebagai "dilarang".

Para kolektor dan penembak olahraga masih bisa membeli senjata semacam itu, tetapi perlu melewati lebih banyak rintangan untuk mendapatkan otorisasi luar biasa. Masalah lain yang diajukan ke referendum nasional pada hari Minggu, 19 Mei 2019, yakni proposal pemerintah untuk merombak sistem pajak perusahaan negara itu dan memompa lebih banyak uang tunai ke dalam sistem pensiunnya - juga memenangkan banyak dukungan.

Baca Juga: 11 Potret Keindahan Grindelwald, Desa di Swiss yang Bak Negeri Dongeng

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya