Texas Loloskan UU Larangan Pemungutan Suara Selama 24 Jam

UU tersebut disahkan dengan perolehan suara sebesar 79-37

Jakarta, IDN Times - Negara Bagian Texas akhirnya meloloskan undang-undang mengenai kebijakan Pemilu pada hari Kamis, 26 Agustus 2021, waktu setempat. Undang-undang tersebut telah disahkan setelah mendapatkan perolehan suara sebesar 79-37. 

Bagaimana awal ceritanya?

1. Munculnya UU tersebut di tengah upaya nasional oleh Partai Republik 

Dilansir dari The Guardian, DPR Texas telah meloloskan undang-undang mengenai Pemilu yang akan melarang proses pemungutan suara selama 24 jam dan drive-through, melarang pejabat Pemilu mengirimkan aplikasi surat suara yang tidak hadir, memberlakukan persyaratan identifikasi baru pada surat suara yang masuk, serta memberikan lebih banyak kelonggaran untuk jajak pendapat partisan pengamat di tempat pemungutan suara.

Setelah disahkan dengan perolehan suara 79-37, UU tersebut pindah ke Senat Texas, yang telah meloloskan versi serupa.

Pihak Senat dapat setuju dengan undang-undang rumah atau menghasilkan versi akhir menggunakan komite konferensi. Setelah itu, akan diserahkan ke meja Gubernur Texas, Greg Abbott, yang kemungkinan besar akan segera menyetujuinya.

Undang-undang itu muncul di tengah upaya nasional oleh Partai Republik, yang mengendalikan pemerintah negara bagian di Texas untuk memberlakukan undang-undang yang memberlakukan pembatasan baru pada akses suara.

RUU Texas meledak menjadi sorotan nasional setelah Partai Demokrat di legislatif negara bagian berulang kali memblokirnya dengan keluar dari legislatif negara bagian, menyangkal kemampuan Partai Republiik untuk bergerak maju dengan bisnis legislatif.

Kebuntuan, yang berlangsung sedikit lebih dari sebulan, telah berakhir pada pekan lalu ketika cukup banyak Partai Demokrat kembali ke ibu kota negara bagian untuk memungkinkan proses bergerak maju.

Banyak kebuntuan dalam RUU Texas ditujukan untuk wilayah Harris, wilayah terpadat di Negara Bagian Texas serta rumah dari Houston, yang merupakan kubu Partai Demokrat.

Pejabat Pemilu Harris County mengambil beberapa langkah untuk membuat pemungutan suara di tengah pandemi lebih mudah.

Langkah-langkah itu termasuk mengadopsi drive-through dan pemungutan suara selama 24 jam. Mayoritas pemilih yang menggunakan kedua proses pada tahun 2020 lalu adalah orang kulit hitam, Hispanik, dan Asia.

Pada saat itu, sekitar 127 ribu orang menggunakan proses tersebut.

2. Seorang sponsor UU tersebut mengatakan tindakan itu akan mencegah adanya penipuan suara

Baca Juga: Gubernur Texas AS yang Anti Masker Positif COVID-19

Seorang sponsor UU tersebut, Andrew Murr, mengatakan tindakan itu akan mencegah adanya penipuan, meningkatkan akses pemungutan suara, dan membantu mencegah kerahasiaan surat suara.

Tetapi dia tidak dapat mengatakan berapa banyak kasus penipuan yang terjadi dalam Pemilu 2020 lalu dan tidak dapat menyebutkan pemilih yang mengeluh tentang kerahasiaan surat suara mereka selama pemungutan suara drive-through.

Seorang anggota DPR Texas dari Partai Demokrat, Rafael Anchia, mengatakan sedikit bukti penipuan aktual yang disajikan adalah bukti jelas bahwa pembenaran negara bagian untuk UU tersebut adalah "dalih". Menurutnya, ini semua mengenai kelanjutan dari kebohongan besar.

Perdebatan panjang pada UU dan amandemen yang diusulkan sebagian besar ramah pada hari Kamis sore waktu setempat, tetapi jelas bahwa ketegangan tetap ada di kamar, di mana Partai Republik baru-baru ini mengizinkan penangkapan anggota DPR yang menolak untuk masuk datang ke Gedung DPR, tetapi tidak ada yang akhirnya ditangkap.

Ketua DPR Texas, Dade Phelan, yang merupakan anggota Partai Republik, mengatakan Ketua DPR akan menghargai anggota yang tidak menggunakan kata rasisme.

Mur dan beberapa anggota Partai Republik lainnya membela undang-undang tersebut dengan menyatakan bahwa undang-undang itu meningkatkan jam minimum pemungutan suara yang harus dibuka selama pemungutan suara awal.

Tetapi wakil dari Partai Demokrat, John Bucy III, mencatat bahwa undang-undang itu untuk pertama kalinya akan menetapkan batas maksimum pada jumlah jam pemungutan suara awal yang dapat ditawarkan oleh suatu wilayah.

3. Pada akhirnya, UU tersebut mirip dengan UU yang sama yang dikeluarkan oleh Partai Demokrat lebih dari sebulan yang lalu 

Texas Loloskan UU Larangan Pemungutan Suara Selama 24 JamIlustrasi Pemilihan Umum. (Pixabay.com/mohamed_hassan)

Pada akhirnya, UU tersebut sangat mirip dengan UU yang sama yang dikeluarkan oleh Partai Demokrat Texas lebih dari sebulan yang lalu.

Hal ini mencakup sejumlah penyesuaian dan perubahan pada kode pemilihan negara bagian, yang jika diambil secara keseluruhan akan mempersulit proses pemungutan suara di Texas.

Selain itu, ini juga menyatakan bahwa pemantau Pemilu, yang ditunjuk oleh kampanye dan partai politik, tidak dapat disangkal bergerak bebas dan membuat hakim Pemilu menghalangi mereka sebagai kejahatan.

Kekhawatiran yang diangkat oleh Partai Demokrat mengenai intimidasi dan gangguan para pemilih bertemu dengan Partai Republik yang menunjuk pada sumpah serta pelatihan yang harus diambil oleh pengamat jajak pendapat.

Selama berbulan-bulan, Partai Republik Texas menuduh Partai Demokrat Texas membesar-besarkan dampak UU itu dan mempertahankannya agar tidak didorong oleh kekalahan Trump, bahkan ketika beberapa orang telah menghindari pertanyaan mengenai apakah mereka yakin Pemilu tersebut dicuri.

Partai Republik menunjukkan bahwa versi terbaru akan membutuhkan 1 jam tambahan setiap harinya untuk pemungutan suara awal dan menghasilan lebih banyak negara yang menawarkan setidaknya 12 jam pemungutan suara awal pada hari kerja.

Baca Juga: Joe Biden Geram Texas-Mississippi Hapus Aturan Protokol Kesehatan

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya