Tiongkok Kini Punyai Toilet dengan Fitur Pengenalan Wajah

Ini merupakan salah satu program dari "Revolusi Toilet"

Beijing, IDN Times - Perkembangan teknologi memang tak bisa terelakkan. Namun, di Tiongkok tampak ada sesuatu yang berbeda seperti biasanya, yakni toilet dengan fitur pengenalan wajah. Ini merupakan salah satu bentuk dari program "Revolusi Toilet" yang digagasi oleh Presiden Tiongkok, Xi Jinping.

Bagaimana awal ceritanya?

1. Hampir seluruh toilet umum di Tiongkok sedang dalam perubahan

Tiongkok Kini Punyai Toilet dengan Fitur Pengenalan Wajahtechinasia.com

Dilansir dari Techinasia.com, toilet dengan fitur pengenalan wajah pertama kali diperoleh di Temple of Heaven Park Beijing pada tahun 2017 dan sejak saat itu juga, hampir seluruh toilet umum di Tiongkok sedang diubah. Media pemerintah Tiongkok beberapa waktu lalu memuji dua upaya pemindaian toilet fitur pengenalan wajah karena bersih dan nyaman serta mengurangi limbah kertas toilet.

Sebelumnya, pada tahun 2015 lalu, Presiden Tiongkok, Xi Jinping, membuat gagasan "Revolusi Toilet". Gagasan ini sendiri bertujuan untuk memperbaiki toilet umum yang bau serta tidak lengkap. Tapi bukan hanya penduduk setempat saja yang antusias tentang hal tersebut.

2. Beberapa toilet juga dikabarkan memiliki fitur wifi gratis dan pengisi daya telepon seluler

Tiongkok Kini Punyai Toilet dengan Fitur Pengenalan Wajahmashable.com

Seorang peneliti dari MacroPolo, lembaga yang ada di Paulson Institute di University of Chicago, Neil Thomas, mengatakan bahwa revolusi ini mendapatkan dukungan positif dari Presiden Tiongkok.

"Revolusi Toilet memiliki dukungan tingkat atas dari Xi Jinping, jadi itu adalah sesuatu yang diakui kader tingkat bawah sebagai cara untuk membedakan diri mereka dan untuk diperhatikan oleh para petinggi dalam sistem pemerintahan," ungkap pernyataan dari Neil Thomas seperti yang dikutip dari Techinasia.com.

Dalam beberapa kasus, kebutuhan untuk membedakan diri sendiri dari orang lain dapat menjadi sedikit ekstrim. Meskipun banyak penerapan teknologi di toilet umum sangat berguna, termasuk indikator yang menunjukkan apakah toilet ditempati, beberapa toilet seperti ini ternyata memiliki fitur wifi gratis dan pengisi daya telepon seluler.

3. Sayangnya, sebagian warga di sana menilai ini merupakan pengeluaran dana secara sia-sia

Tiongkok Kini Punyai Toilet dengan Fitur Pengenalan Wajahatimes.com

Sayangnya, tak semua warga di Tiongkok menerima keberadaan toilet dengan fitur yang terbilang sangat baru ini. Pasalnya, beberapa toilet seperti ini telah menciptakan reaksi buruk di masyarakat, yang menganggap pengeluaran dana untuk toilet-toilet tersebut sia-sia. Namun demikian, perhatian media pada desain toilet eksentrik dan aplikasi teknologi tinggi, sebagian besar upaya ini hanya membuat toilet menjadi jauh lebih baik serta mudah diakses.

Dengan adanya toilet seperti ini, diharapkan sebagian besar warga dapat terbantu serta memudahkan mereka menggunakan toilet ini demi menjaga kebersihan toilet umum.

Baca Juga: Ini Nasib Remaja Tiongkok yang Dulu Jual Ginjal Demi Beli iPhone

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya