Tragis, Tanah Longsor di Brazil Telan 10 Korban Jiwa

Meski demikian, ada 11 orang yang berhasil diselamatkan

Rio de Janeiro, Brasil, IDN Times - Bencana tanah longsor melanda wilayah Rio de Janeiro, Brasil. Akibat peristiwa ini, sebanyak 11 orang dilaporkan tewas sedangkan 10 orang lainnya berhasil diselamatkan. Beberapa tempat tinggal serta tempat-tempat umum lainnya menjadi terkena dampak bencana alam ini. Bagaimana awal ceritanya?

1. Insiden ini bermula saat terjadi hujan lebat 2 hari beruntun

Tragis, Tanah Longsor di Brazil Telan 10 Korban Jiwatwitter.com/katiadavis

Dilansir dari BBC, tim penyelamat sedang mencari para korban tanah longsor yang masih hilang dan sebanyak 10 warga telah kehilangan nyawa, termasuk 1 anak diantaranya. Insiden ini bermula saat terjadinya hujan lebat selama 2 hari berturut-turut dan pada Sabtu dinihari waktu setempat terjadi bencana tanah longsor. 

Kepala Departemen Pertahanan Sipil Rio de Janeiro, Roberto Robadey, mengatakan para korban tewas terkena sebuah batu berukuran besar yang berguling di atas 6 rumah warga yang ada di lingkungan Boa Esperanza. Kebanyakan korban yang berhasil ditemukan berkat bantuan oleh beberapa ekor anjing pelacak.

2. Para relawan telah membantu membersihkan beberapa tempat yang terkena dampak tanah longsor

Tragis, Tanah Longsor di Brazil Telan 10 Korban Jiwaglobo.com

Para relawan yang bergabung dengan petugas pemadam kebakaran serta penegak hukum bergerak untuk membantu pencarian para korban serta menciptakan rantai ember dengan membersihkan puing dan lumpur yang ada di beberapa tempat tinggal serta tempat lainnya. Kelompok tersebut bekerja dalam suasana keheningan sehingga bisa mendengar para korban yang mungkin ada di bawah bumi. 

Pemuka agama setempat, Pastor Paulo dos Santos, yang ikut membantu proses pencarian korban mengaku menangis dan pertama kali melihat situasi seperti ini. "Saya menemukan sebuah adegan keputusasaan, menangis. Dalam kasus saya, ini adalah pertama kalinya saya mengalami hal seperti ini. Saya melihat banyak orang yang mencoba mengambil seseorang yang hidup di reruntuhan," ungkap Pastor Paulo dos Santos seperti yang dikutip dari Voanews.com.

3. Tanah longsor memang kerap kali sering terjadi di Brazil

Tragis, Tanah Longsor di Brazil Telan 10 Korban Jiwatwitter.com/sotiridi

Brazil merupakan salah satu negara yang sering terkena bencana alam tanah longsor sehingga beberapa kali terjadi di beberapa wilayah negara tersebut. Pada tahun 2010, di tempat yang sama juga terjadi tanah longsor dimana telah menewaskan sebanyak 250 orang yang terjadi selama 300 kasus bencana ini di Rio de Janeiro hingga tahun 2011 saja sudah menewaskan sebanyak 1.000 orang lebih. 

Tanah longsor sering terjadi di Brazil diakibatkan beberapa gubuk yang dibangun oleh warga sekitar dibangun di lereng bukit yang curam serta dalam kondisi tidak stabil dan tak heran seringkali menimbulkan korban jiwa akibat ini.

Baca Juga: Pro-Israel, Presiden Brasil Akan Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya