UEA Klarifikasi ke PBB Bahwa Putri Latifa Masih Hidup

Sebelumnya, PBB mempertanyakan keadaannya secara langsung

Dubai, IDN Times - Uni Emirat Arab beri klarifikasi ke PBB bahwa Putri Latifa, yang tak lain adalah putri dari Wakil Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed binti Rashid Al Maktoum, Putri Latifa, kondisinya masih hidup dan sehat sampai saat ini. Sebelumnya, PBB mempertanyakan kondisi dari Putri Latifa secara langsung setelah tersebar sebuah rekaman video rahasia ketika disekap oleh ayahnya sendiri. Bagaimana awal ceritanya?

1. Pihak Kedutaan Besar Uni Emirat Arab tidak memberikan gambar atau video mengenai kondisinya secara langsung

UEA Klarifikasi ke PBB Bahwa Putri Latifa Masih HidupSituasi di sekitar wilayah yang ada di Uni Emirat Arab. (pixabay.com/smarko)

Dilansir dari Dw.com, pada hari Jumat, 19 Februari 2021, waktu setempat, Uni Emirat Arab memberikan klarifikasi bahwa Putri Latifa saat ini sedang dirawat di rumah. Pihak Kedutaan Besar Uni Emirat Arab di London, Inggris, mengatakan bahwa keluarganya telah mengkonfirmasi bahwa Putri Latifa telah didukung oleh keluarganya dan tenaga profesional medis.

Mereka juga menambahkan kondisi dia terus meningkat dan pihaknya berharap dia akan kembali ke kehidupan publik pada waktu yang tepat. Akan tetapi, pihak Kedutaan Besar Uni Emirat Arab di Inggris tidak memberikan bukti berupa gambar atau video apapun yang mengonfirmasi kondisi kesehatannya. Mereka juga menyebut liputan beberapa media tentang situasi tersebut tidak mencerminkan keadaan sebenarnya dari Putri Latifa.

2. Tuduhan yang dilancarkan PBB dinilai semakin mempermalukan Sheikh Mohammed

UEA Klarifikasi ke PBB Bahwa Putri Latifa Masih HidupWakil Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. (Twitter.com/KenRoth)

Badan HAM PBB mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan dugaan atas penahanan Putri Latifa setelah beredarnya video rahasia yang telah dikirim langsung oleh Putri Latifa melalui salah satu media di dunia, BBC. Perlakuan yang dilakukan oleh Sheikh Mohammed telah menarik perhatian baru di mana dalam video tersebut menunjukkan bahwa dia sedang diisolasi di sebuah vila yang berada di Dubai. Tuduhan tersebut dinilai semakin mempermalukan Sheikh Mohammed serta detail yang merusak tentang kehidupan pribadinya menjadi sorotan pada tahun 2020 lalu setelah dia dan istrinya, Putri Haya, terjebak dalam sengketa hukum di Pengadilan Tinggi London terkait dengan kesejahteraan kedua anak mereka yang masih kecil.

Pihak pengadilan juga memutuskan bahwa dia sebelumnya telah memerintahkan dan mengatur penculikan dua putrinya dari pernikahan sebelumnya, termasuk Putri Latifa, sedangkan kakaknya, Putri Shamsa, dibawa dari Inggris pada tahun 2000 lalu. Sebelumnya, pengadilan juga mendengar Putri Latifa meninggalkan Dubai dengan menuju Oman pada tahun 2018 dengan bantuan pelatih kebugarannya asal Finlandia, Tiina Jauhiainen. Pada akhirnya, dia berhasil berangkat melalui kapal pesiar yang dioperasikan oleh orang Prancis yang membantu mengatur pelarian dengan biaya sekitar 350 ribu euro atau setara dengan Rp5,97 miliar, meski pada akhirnya digagalkan oleh pasukan komando India dan dibawa kembali ke Uni Emirat Arab.

Baca Juga: Mengaku Diculik Ayahnya, Putri Latifa Muncul di Video Rahasia

3. Putri Latifa tidak terlihat di depan publik sejak Maret 2018 lalu

UEA Klarifikasi ke PBB Bahwa Putri Latifa Masih HidupPutri dari Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Putri Latifa. (Twitter.com/KenRoth)

Putri Latifa tidak terlihat di depan publik sejak Maret 2018 lalu dan dalam sebuah video yang direkamnya sendiri, dia mengakui telah ditahan di penjara pusat Al-Awir di Dubai hingga Mei 2018 lalu, sebelum akhirnya dipindahkan ke sebuah vila yang mendapatkan penjagaan ketat. Kepala Pengadilan Kerajaan Uni Emirat Arab telah menunjukkan foto Putri Latifa dengan mantan Presiden Irlandia sekaligus mantan Kepala HAM PBB, Mary Robinson, pada Desember 2018 lalu sebagai tanggapan atas permintaan PBB untuk mengetahui keberadaan Latifa.

Setelah beredarnya video tersebut, Robinson merasa ditipu ketika menjamin kesejahteraan Putri Latifa di depan publik. Tuduhan yang dilancarkan kepada Sheikh Mohammed begitu sensitif bagi pendirian Inggris karena Wakil Presiden Uni Emirat Arab ini memiliki kepentingan bisnis yang signifikan di Inggris serta merupakan salah satu tokoh paling menonjol dalam olahraga pacuan kuda. Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, menilai video tersebut sangat meresahkan dan pihaknya merasa prihatin dengan kondisi yang dialami Putri Latifa dalam video tersebut.

Baca Juga: Mengaku Diculik Ayahnya, Putri Latifa Muncul di Video Rahasia

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya