Ukraina Tuding Rusia Menabrak Salah Satu Kapalnya di Laut Hitam

Bahkan Rusia menilai Ukraina sengaja lakukan provokasi

Krimea, IDN Times - Konflik antara Rusia dengan Ukraina kembali terjadi. Kali ini peristiwa penabrakan kapal Ukraina yang dilakukan oleh kapal Rusia di Laut Hitam kembali menegangkan situasi kedua negara ini. Tak mau kalah, Rusia juga menuduh Ukraina sengaja melakukan tindakan provokatif. Bagaimana awal ceritanya?

1. Pihak Angkatan Laut Ukraina mengatakan kejadiannya pada saat tindakan agresif terbuka

Ukraina Tuding Rusia Menabrak Salah Satu Kapalnya di Laut Hitamtwitter.com/JackLaurenson

Dilansir dari The Guardian, kejadian ini sendiri terjadi dimana pada saat tindakan agresif terbuka yang pada saat itu kapal Rusia dengan sengaja menabrak kapal Ukraina. Kejadian itu sendiri terjadi dimana tiga kapal Ukraina sedang dalam perjalanan menuju pelabuhan Mariupol di Laut Azov. 

Akibatnya, kapal Ukraina yang dinamai Yana Kapu diduga mengalami masalah pada bagian mesin, rel penjaga, serta lapisan di bagian luar. Akan tetapi, Rusia justru menuding Ukraina sengaja bertindak provokatif serta kapal-kapal miliknya berada di perairan tersebut.

2. Pihak Ukraina sendiri mengaku sebelumnya telah memberi tahu Rusia mengenai rute-rute yang dilalui kapalnya

Ukraina Tuding Rusia Menabrak Salah Satu Kapalnya di Laut Hitamtwitter.com/MauriceSchleepe

Sebelumnya, pihak Ukraina sendiri sudah memberi tahu kepada Rusia sebelumnya mengenai rute-rute yang dilalui oleh kapalnya ini. Kapal-kapal milik Ukraina mau tak mau melewati rute ini untuk mencapai Laut Azov. Pihak Rusia kemudian menghentikan tiga kapal milik Ukraina yang telah memasuki Laut Azov melalui Selat Kerch dengan menempatkan kapal kargo besar di bawah jembatan yang dikendalikan Rusia. Dengan demikian, pernyataan tersebut membuat Rusia telah melanggar Konvensi PBB mengenai Hukum Laut. 

Dalam beberapa bulan terakhir ini, ketegangan semakin meningkat di laut lepas Krimea. Sementara kedua negara menjanjikan akses gratis ke Laut Azov, Rusia telah meningkatkan kehadiran militer dan para inspeksi dengan beberapa diantaranya menyebut tindakannya sebagai "blokade ekonomi" dari pelabuhan Azov.

3. Wilayah Krimea sudah dicaplok Rusia sejak 2014

Ukraina Tuding Rusia Menabrak Salah Satu Kapalnya di Laut Hitamtwitter.com/PDShinkman

Wilayah Krimea yang merupakan wilayah yang disengketakan antara Rusia dan Ukraina ini telah dicaplok Rusia sejak 2014 lalu. Padahal sebelumnya wilayah ini masih berada di negara Ukraina dan sejak saat itu juga, lebih dari 10.000 orang tewas di bagian timur Donetsk dan Luhansk sejak separatis bergerak melawan Ukraina di tahun yang sama.

Akibatnya, Ukraina dan pihak Barat menuduh Rusia mengirim pasukannya ke wilayah itu serta memberikan para separatis berupa senjata. Pihak Rusia justru menyangkal tuduah ini meski mereka mengaku membantu para pemberontak.

Baca Juga: Ukraina Uji Coba Sistem Rudal Amerika Serikat Untuk Kali Pertama

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya