Yunani Jadi Negara Pertama UE Luncurkan Paspor COVID-19

Ini menjadi sangat penting bagi sektor pariwisata setempat

Athena, IDN Times - Yunani menjadi negara Uni Eropa pertama yang meluncurkan paspor COVID-19 pada hari Jumat, 28 Mei 2021, waktu setempat. Hal ini menjadi sangat penting karena dapat meningkatkan sektor pariwisata setempat. Bagaimana awal ceritanya?

1. PM Yunani menyebut dengan paspor tersebut, para wisatawan tidak perlu menunjukkan hasil tes COVID-19

Yunani Jadi Negara Pertama UE Luncurkan Paspor COVID-19Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis di Yerusalem, pada 16 Juni 2020. ANTARA FOTO/Debbie Hill/Pool via REUTERS

Dilansir dari The Guardian, pemerintah Yunani telah meluncurkan paspor vaksin COVID-19 Uni Eropa pertama, yang dijelaskan oleh Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, sebagai jalur cepat untuk memfasilitasi perjalanan, setelah melewati uji coba teknologi yang berhasil. Pada peluncuran di Athena, Yunani, Mitsotakis mengatakan bahwa sistem akan aktif dan berjalan di Yunani sebelum tenggat waktu yang ditetapkan oleh Uni Eropa pada tanggal 1 Juli 2021 ini. 

Menurutnya, ini sangat penting bagi Yunani sebagai negara pariwisata, tetapi ia berpikir panjang untuk setiap negara karena yang ingin dilakukan adalah mengembalikan kebebasan seperti sedia kala. Ia juga menambahkan pada dasarnya, ini mencakup semua informasi yang diperlukan negara anggota untuk menyambut para wisatawan tanpa perlu menunjukkan bukti tambahan, seperti bukti vaksinasi, bukti PCR hasil tes negatif, bukti antigen, serta bukti penyakit yang diderita masa lalu. Teknologi tersebut dihadirkan setelah uji coba interoperabilitas paspor Yunani yang berhasil dengan sistem di Jerman dan Islandia.

2. Sistem di Uni Eropa akan bersifat mengikat dengan sistem negara lain

Yunani Jadi Negara Pertama UE Luncurkan Paspor COVID-19Ilustrasi paspor. (Pixabay.com/cytis)

Baca Juga: Kebakaran di Yunani Hanguskan Ribuan Hektare Hutan

Sistem yang ada di Uni Eropa akan bersifat mengikat dengan sistem negara lain, seperti Amerika Serikat dan Inggris, meskipun pemerintah Inggris belum memberikan rincian modelnya. Jika pemerintah Inggris tidak meluncurkan paspor seperti itu, warga Inggris yang divaksinasi penuh yang ingin berpergian akan diberikan sertifikasi digital atau kertas Uni Eropa di negara tujuan mereka untuk memberikan dokumen yang sesuai dari tempat asal mereka. Setiap warga negara Uni Eropa atau warga negara dari negara ketiga yang secara hukum tinggal atau tinggal di blok yang memegang apa yang disebut sertifikat hijau digital harus dibebaskan dari pembatasan COVID-19.

Jika negara Uni Eropa terus mewajibkan mereka yang memiliki sertifikat untuk menjalani karantina atau tes, ia harus memberi tahu Komisi Eropa dan 26 negara anggota untuk membenarkan keputusan ini. Pada pekan lalu, Dewan Eropa dan parlemen Uni Eropa telah mencapai kesepakatan mengenai sertifikat hijau digital menyusul pengambilan vaksinasi yang memungkinkan pencabutan pembatasan COVID-19 secara luas. 

3. Jumlah kasus COVID-19 di Yunani sampai saat ini

Yunani Jadi Negara Pertama UE Luncurkan Paspor COVID-19Suasana di salah satu tempat wisata yang berada di Yunani. (Pixabay.com/Nick115)

Jumlah kasus COVID-19 di Yunani sampai hari Jumat, 28 Mei 2021, waktu setempat mencapai angka 398.898 kasus dengan rincian 11.995 kasus berakhir meninggal dunia serta 365.135 kasus berakhir sembuh. Di hari yang sama, Yunani mengalami penambahan kasus sebanyak 1.928 kasus baru dengan rincian 40 kasus berakhir meninggal dunia. Dengan jumlah tersebut, Yunani telah menempati urutan ke-47 jumlah kasus COVID-19 terbanyak di dunia.

Selama ini, Yunani mengandalkan sektor pariwisata di seperlima ekonomi secara keseluruhan dengan mencatatkan angka sebanyak 7 juta wisatawan dan pendapatan sebesar 4 miliar euro atau setara dengan Rp69,8 triliun pada tahun 2020 lalu. Angka tersebut turun dari rekor sebelumnya, yakni 33 juta wisatawan dan pendapatan sebesar 18 miliar euro atau setara dengan Rp314 triliun pada tahun 2019 lalu. Dengan adanya paspor COVID-19, mereka mengharapkan kedatangan para wisatawan di tahun 2021 ini dengan mencapai setidaknya setengah dari jumlah kedatangan di tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Cabut Lockdown, Yunani Kini Terbuka untuk Turis Luar

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya