Menteri Agama Malaysia Beri Bantuan kepada TKI yang Terdampak COVID-19

Ada uang tunai dan makanan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Malaysia melalui Menteri Agama Zulkifli Mohamed Al Bakri memberikan bantuan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Malaysia. Saat ini, ribuan Warga Negara Indonesia (WNI) tidak bisa kembali ke Indonesia, akibat kebijakan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) yang diberlakukan Negeri Jiran.

Kebijakan PKP diberlakukan sejak 18 Maret hingga 14 April mendatang. Upaya ini dilakukan pemerintah Malaysia untuk mencegah meluasnya COVID-19.

Tak hanya pemerintah Malaysia, pemerintah Indonesia juga telah mengirimkan bantuan kepada WNI yang terdampak PKP di Malaysia.

1. Menteri Agama Malaysia memberikan bantuan bahan makanan

Menteri Agama Malaysia Beri Bantuan kepada TKI yang Terdampak COVID-19www.facebook.com/drzulkiflialbakri

Menteri Agama Malaysia Zulkifli Mohamed Al Bakri memberikan bantuan berupa bahan makanan dan uang senilai RM8.000 kepada TKI yang berada di Cyberjaya, Selangor, Malaysia.

"Hati kecil saya tergugah sejak menginjakkan kaki di sini. Ada 142 keluarga berasal dari Indonesia. Kebanyakan bekerja sebagai buruh kasar. Mereka terputus pendapatannya sejak awal PKP", ujar Zulkifli.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Malaysia Deportasi 537 TKI Ilegal ke Sumut

2. Ada ribuan WNI yang masih tertahan di Malaysia akibat kebijakan PKP

Menteri Agama Malaysia Beri Bantuan kepada TKI yang Terdampak COVID-19www.facebook.com/drzulkiflialbakri

Ribuan WNI terancam tidak bisa pulang ke Indonesia. Mereka tertahan di Negeri Jiran akibat pemberlakuan kebijakan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) dari Pemerintah Malaysia. 

Zulkifli meminta agar semua dapat mematuhi PKP, meskipun mata pencaharian terkendala. Ia juga meminta agar mereka tetap tabah dan berharap agar wabah COVID-19 cepat selesai.

3. Pemerintah Indonesia juga telah mengirimkan bantuan untuk WNI di Malaysia

Menteri Agama Malaysia Beri Bantuan kepada TKI yang Terdampak COVID-19Bantuan sembako di tengah wabah covid-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kepada WNI yang ada di Malaysia, terutama yang terdampak kebijakan PKP.

"Jenis bantuan yang dikirimkan antara lain sembako dan kebutuhan bahan pokok lain," ujarnya.

 

Untuk pengiriman bantuan menggunakan fasilitas transportasi TNI yang bekerja sama dengan pihak Malaysia.

Baca Juga: Ratusan TKI dari Malaysia dan Arab Saudi Tiba di Bandara Soetta

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya