Comscore Tracker

Penyebaran Virus Corona, Amerika Tarik Pulang Warganya di Tiongkok

Sebanyak 1.000 warga Amerika akan dipulangkan dari Tiongkok

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Amerika Serikat sedang mengatur penerbangan pesawat sewaan untuk mengevakuasi para diplomat dan warganya yang saat ini sedang berada di Tiongkok, di mana ditetapkan sebagai pusat persebaran virus mematikan jenis baru, Virus Corona.

"Kantor Konsulat sudah ditutup dan semua diplomat Amerika Serikat sedang berada di bawah perintah untuk melakukan keberangkatan," ujar seorang petinggi AS, seperti dilansir dari CNN, Minggu (26/1).

Amerika Serikat memiliki perjanjian dengan sebuah jasa pengangkut untuk mengevakuasi sekitar lebih dari 30 diplomat beserta keluarganya dari Konsulat AS di Wuhan, Tiongkok.

1. Sebanyak 1.000 warga Amerika Serikat akan dipulangkan dari Tiongkok

Penyebaran Virus Corona, Amerika Tarik Pulang Warganya di TiongkokVirus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong. (IDN Times/Yogi Pasha)

Sekitar 1.000 warga Amerika rencananya akan dievakuasi dari Wuhan. Bagi mereka yang ingin melakukan penerbangan bersama para diplomat, akan dikenakan biaya penerbangan.

Apabila terdapat kursi kosong yang tersedia pada pesawat, akan ditawarkan kepada warga dari negara lainnya. Namun memiliki sebuah syarat dimana warga asing tersebut telah menikah atau memiliki kerabat yang berasal dari Amerika.

Konsulat AS yang berada di Wuhan berupaya untuk menjangkau warganya untuk menawarkan tempat duduk dalam penerbangan. Dan di tiap penerbangan akan diikutsertakan seorang dokter untuk memeriksa siapapun yang terjangkit virus tersebut.

Baca Juga: Pasien Virus Corona di Malaysia Bertambah Jadi 4 Orang

2. Melarang kegiatan bepergian dengan destinasi Hubei

Penyebaran Virus Corona, Amerika Tarik Pulang Warganya di Tiongkok(Virus Corona, Karnaval Tahun Baru China di Hong Kong dibatalkan) IDN Times/Yogi Pasha

Departemen AS juga mengeluarkan anjuran perjalanan untuk Provinsi Hubei menjadi "siaga 4 : Jangan Bepergian". Sekaligus memperingatkan Pemerintah AS yang memiliki kemampuan terbatas untuk menyediakan layanan darurat kepada warganya yang berada di Hubei, Tiongkok.

Pihak berwajib di Tiongkok telah memberlakukan larangan dengan tempo yang belum dapat ditentukan untuk transportasi publik dan perjalanan yang menuju ke Hubei, sebagai bentuk usaha yang belum pernah dilakukan sebelumnya dalam penyebaran Virus Corona tersebut.

3. Rencana penerbangan masih belum difinalisasi

Penyebaran Virus Corona, Amerika Tarik Pulang Warganya di Tiongkok(Virus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong) IDN Times/Yogi Pasha

Rincian untuk rencana penerbangan tersebut masih belum mencapai tahapan akhirnya, seperti misalnya, para pihak berwenang masih memutuskan pesawat jenis apa yang akan digunakan, di antaranya adalah Boeing 737 yang memiliki ukuran kecil, atau Boeing 767 yang memiliki ukuran lebih besar.

Hal ini tergantung dengan izin yang diberikan Tiongkok, pesawat jenis apa yang diizinkan oleh pihak pemerintah setempat. Namun sejauh ini, pihak Tiongkok sendiri dinilai sudah sangat kooperatif.

Baca Juga: Wabah Virus Corona, Hong Kong Batalkan Karnaval Tahun Baru China

Penyebaran Virus Corona, Amerika Tarik Pulang Warganya di Tiongkok(IDN Times/Arief Rahmat)

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya