Comscore Tracker

70 Tahun Jalin Kerja Sama, Indonesia-Rusia Tingkatkan Kemitraan 

Berpeluang tingkatkan kerja sama di berbagai bidang lain

Moskow, IDN Times - Hubungan diplomatik Indonesia dan Rusia yag sudah terjalin selama 70 tahun ini dijadikan momentum untuk meningkatkan kemitraan yang strategis. Perdana Menteri Rusia 2004-2007, Mikhail Fradkov mengatakan hubungan kedua negara ini dalam masa peningkatan pembaruan di tengah perkembangan situasi yang kompleks dan dinamis.

"Situasi dunia internasional yang semakin kompleks dan dinamis membuat hubungan antara Rusia dan Indonesia harus ditingkatkan. Terdapat peluang besar mengembangkkan kerja sama di bidang kesehatan, penerbangan sipil, energi, keamanan siber, pendidikan dan pelatihan," ucapnya dalam siaran pers, Selasa (18/2).

1. Berpeluang kerja sama dalam ekonomi digital

70 Tahun Jalin Kerja Sama, Indonesia-Rusia Tingkatkan Kemitraan (Dok. Istimewa)

CEO Bukalapak, Fajri Rasyid menilai besarnya peluang kerja sama ekonomi digital karena perkembangan ekonomi digital yang sangat cepat di era revolusi industri 4.0 sehingga berpeluang untuk meningkatkan kerja sama di antara pelaku ekonomi Indonesia dengan Rusia.

"Karena perkembangan ekonomi digital semakin meningkat, kita melihat peluang untuk kerja sama ekonomi digital untuk para pelaku ekonomi Indonesia dan Rusia, kami Bukalapak siap menjalin kerja sama dengan perusahaan startup Rusia," ucapnya.

Baca Juga: Kemenpar Tampil Memukau pada Forum Bisnis Indonesia-Rusia KBRI Moskow

2. Selama 70 tahun hubungan diplomatik banyak kerja sama yang dilakukan kedua negara

70 Tahun Jalin Kerja Sama, Indonesia-Rusia Tingkatkan Kemitraan (Dok. Istimewa)

Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia merangkap Belarus, M Wahid Supriyadi menilai hubungan diplomatik antara Indonesia dan Rusia yang terjalin selama 70 tahun dapat dilihat dari kerja sama kedua negara di berbagai bidang pada tingkat yang lebih tinggi. Kedekatan personal dan sikap saling pengertian dari pemimpin kedua negara menjadi kunci kesuksesan hubungan yang telah terjalin selama ini.

“Indonesia memiliki dialog yang intensif dengan Rusia, seperti di bidang politik, ekonomi, pertahanan, keamanan, dan budaya yang menunjukkan luas dan dalamnya hubungan kedua negara kita,” kata Dubes Wahid.

3. Rangkaian seminar diikuti pameran foto Indonesia

70 Tahun Jalin Kerja Sama, Indonesia-Rusia Tingkatkan Kemitraan (Dok. Istimewa)

Selain seminar memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia yang diselenggarakan oleh KBRI Moskow di MGIMO University (Moscow State of International Relations) pada Selasa (18/2), diikuti juga rangkaian pameran foto Indonesia "Faces of Indonesia" karya fotografer Rusia, Sergey Kovalchuk.

Sebanyak 23 foto berukuran besar menampilkan beragam wajah dan aktivitas warga Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia, menghiasi Atrium Hall MGIMO University. Pameran tersebut berlangsung dari tanggal 15-21 Februari 2020.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Masih Ada 1.890 WNI di Tiongkok, KBRI Imbau Jauhi Keramaian

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya