Comscore Tracker

Punya Standar Medis Tinggi, Begini Cara Taiwan Tangani Virus Corona

Taiwan letaknya terdekat dengan Tiongkok tapi minim dampak

Taiwan, IDN Times - Taiwan mengatakan dampak virus corona baru COVID-19 di negara mereka terbilang minim karena sistem perawatan kesehatan yang mereka klaim unggul dan mencapai standar kelas dunia.

"Di bawah sistem medis dan sistem kesehatan Taiwan yang sangat baik membuat kami memiliki jumlah kasus virus corona yang relatif rendah," tulis pernyataan resmi dari Taipei Economic and Trade Office (TETO).

Hingga hari ini, Sabtu (7/3), jumlah pasien yang positif tertular virus corona di Taiwan ada 45 kasus. Berdasarkan jumlah kasus, Taiwan ada di posisi ke-27. Padahal, Taiwan merupakan salah satu negara yang paling dekat secara geografis dengan Tiongkok sebagai asal mula wabah ini, sehingga paling berisiko terdampak virus tersebut. 

Berdasarkan jumlah kematian akibat virus corona, Taiwan pun ada di posisi yang jauh di bawah negara-negara lain dengan lokasi geografis yang lebih jauh terhadap Tiongkok. Hingga kini, jumlah kasus pasien yang meninggal akibat virus corona ada satu kasus. Kasus kematian itu terjadi di bulan awal merebaknya wabah ini, dan tidak bertambah hingga kini.

1. Sistem pencegahan wabah virus corona milik Taiwan

Punya Standar Medis Tinggi, Begini Cara Taiwan Tangani Virus CoronaIlustrasi penanganan virus corona di Taiwan (Twitter/@iingwen)

Dalam menangani penyebaran virus corona, langkah-langkah yang dilakukan Taiwan ialah dengan membentuk sistem pencegahan wabah virus seperti pemantauan wabah virus elekronik dan karantina perbatasan yang ketat. Taiwan juga memiliki sistem pencegahan wabah virus yang lengkap dengan peralatan medis canggih.

Tak hanya itu, menurut TETO, mereka pun telah mempersiapkan bahan-bahan antipenyebaran virus yang memadai. Mereka mengedukasi warga lewat kampanye dan latihan tentang pencegahan virus.

"Selain itu, kerja sama yang baik antara masyarakat, pemerintah pusat hingga daerah dapat bekerja sama untuk bisa mencegah penyebaran wabah virus corona ini."

Baca Juga: Desak WHO, Taiwan Ingin Ikut Partisipasi Cegah Virus Corona

2. Masyarakat tidak perlu khawatir soal masker

Punya Standar Medis Tinggi, Begini Cara Taiwan Tangani Virus CoronaIlustrasi penanganan virus corona di Taiwan (Twitter/@iingwen)

Masker menjadi salah satu alat yang membantu untuk mencegah virus corona. Sejak mewabahnya virus corona permintaan masker dan harga masker sangat melonjak di berbagai negara.

Namun tidak di Taiwan. Pemerintah menyediakan masker bagi warganya dan secara serentak menggelar penjualan masker nasional. Taiwan meluncurkan cara pembelian dengan "sistem nama asli" pada 6 Februari lalu.

Seluruh masyarakat Taiwan dapat membeli masker ke apotek atau pusat kesehatan dengan "kartu asuransi kesehatan" sesuai jatah pembagian yang telah ditentukan. Dengan begitu, masyarakat Taiwan tidak perlu khawatir tidak mendapatkan masker juga tidak perlu mendapatkan harga yang naik sewenang-wenang.

3. Taiwan tempati urutan pertama standar medis internasional

Punya Standar Medis Tinggi, Begini Cara Taiwan Tangani Virus CoronaPresiden Taiwan Tsai Ing-wen dan penanganan virus corona di Taiwan (Twitter/@iingwen)

Menurut informasi dari situs web basis data global Numbeo, Indeks Perawatan Kesehatan 2020 menemampatkan Taiwan berada pada posisi pertama dengan 86,71 poin. Sistem medis Taiwan yang juga diakui secara internasional ini berhasil unggul dari Korea Selatan dan Jepang yang menempati urutan kedua dan ketiga.

Tahun lalu, Taiwan juga menduduki peringkat nomor satu di dunia dengan standar medisnya yang tinggi. Sistem medis Taiwan yang lengkap dan maju telah dikenal masyarakat internasional sejak lama dan kini kembali terbuktu dalam menangani pencegahan kasus virus corona.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Ada Virus Corona, Warga Taiwan Sulit Bepergian Akibat Klaim Tiongkok

Topic:

  • Denny Adhietya Febrian
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya